Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Rayakan Halloween, Instagram dan Smartfren Rilis Galeri AR Filter Bernuansa Horor

0 2.082

Halloween adalah salah satu momen populer yang diperingati oleh banyak orang dari berbagai belahan dunia tiap akhir Oktober. Tidak ketinggalan, di Indonesia momen ini diisi dengan keseruan merias wajah dan membuat kostum bertema horor.

Tradisi Halloween diyakini bermula dari festival panen Celtic kuno yang mungkin memiliki akar-akar pagan, khususnya festival Samhain etnis Gael. Festival tersebut dikristenkan sebagai Halloween. Meski sejumlah pihak lain meyakini bahwa Halloween bermula secara independen sebagai suatu perayaan Kristen semata, terpisah dari festival Samhain.

Namun di tengah pandemi COVID-19, perayaan Halloween tahun ini sedikit berbeda. Banyak orang di seluruh dunia dan juga Indonesia menghadirkan cara lain yang seru dan kreatif untuk merayakan Halloween secara virtual.

Galeri AR Filter Halloween di Instagram

Sticker AR Halloween Smartfren-InstagramDalam rangka menyambut perayaan Halloween pada tanggal 31 Oktober ini, Instagram menghadirkan galeri AR Filter spesial bertema Halloween. Mulai tanggal 28 Oktober 2020 (20:00 WIB) – 3 November 2020 (11:59 WIB), pengguna Instagram di Indonesia dapat mengakses galeri AR filter spesial Halloween yang ada di Galeri Efek untuk menemukan beragam AR Filter bertema Halloween.

Berikut ini adalah beberapa langkah untuk menemukan Galeri Efek di Instagram:
1. Buka Instagram Stories
2. Gulirkan jari Anda ke kanan hingga Anda menemukan ‘Telusuri Efek’
3. Tekan ‘Telusuri Efek’ dan Anda akan menemukan Galeri AR filter spesial Halloween di Galeri Efek

Baca juga: Menjadi Pesaing TikTok, Inilah Fitur & Cara Pakai Instagram Reels

Kolaborasi Instagram dan Smartfren pada AR Filter Halloween

Smartfren menyambut baik peluncuran galeri AR Filter bertema Halloween di Instagram. Operator seluler anak perusahaan Sinar Mas ini berkolaborasi dengan Instagram menghadirkan penawaran spesial bagi para pengguna. Terutama untuk membantu masyarakat Indonesia tetap dapat merayakan keseruan momen Halloween bersama orang-orang tercinta walau dilakukan secara virtual.

Roberto Saputra, Chief Brand Officer Smartfren, mengatakan dalam masa social distancing ini, pihaknya bekerjasama dengan Instagram untuk terus menghadirkan semangat positif dan keseruan melalui AR filters baru ini. “Kami berharap inisiatif ini dapat menjaga semua orang aman di rumah, tetap bisa terhubung, dan dapat mengekspresikan diri mereka kepada orang-orang terdekat,” ujarnya.

Sementara itu jelas Pieter Lydian, Country Director Facebook di Indonesia, mengatakan meski Halloween tahun ini harus dirayakan dengan cara yang berbeda, Facebook ingin pengguna tetap bisa mengekspresikan diri, terhubung dengan orang-orang terdekat serta merayakan keseruan Halloween dengan cara yang kreatif, mudah dan menyenangkan.

“Kehadiran galeri AR filter spesial Halloween di Instagram diharapkan bisa menjadi alternatif perayaan Halloween yang seru meskipun harus berada di rumah saja,” pungkasnya.