Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Hidupkan Foto Jadul, Aplikasi MyHeritage Pakai Teknologi Deep Nostalgia

0 1.199

Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi fotografi telah berkembang pesat dengan banyak penerapan Artificial Intelligence (AI). Ini memungkinkan pengguna untuk memodernisasi foto seperti aslinya, bahkan membuatnya “hidup” seperti yang terlihat pada aplikasi MyHeritage.

Hasil dari aplikasi baru tersebut sebulan terakhir ini cukup ramai menghiasai linimasa media sosial. Tak sedikit netizen yang menghidupkan nostalgia masa kecilnya dengan membuat foto zaman dulu (jadul) memakai aplikasi MyHeritage.

Baca juga: Kurangi Limbah Makanan, Perusahaan Jepang Pakai Teknologi Artificial Intelligence

Saat ini, peningkatan kemampuan teknologi tidak hanya terjadi pada smartphone untuk mengambil foto, tetapi banyak aplikasi menjadi sama bagusnya dalam memanipulasi foto. Teknologi ini sering disebut sebagai deepfakes. Melalui kecanggihan ini, dapat memanipulasi gambar menjadi tampak lebih bergairah dan hidup.

Beberapa perusahaan seperti Facebook dan Microsoft, sebelumnya telah memperkenalkan solusi dan alat untuk membantu melawan deepfake yang bisa jadi terlalu menyesatkan. Pada tren TikTok, penggunaan deepfake membantu kita untuk menghidupkan kembali kenangan dan wajah orang yang telah tiada.

Penggunaan Teknologi AI Deep Nostalgia di Aplikasi MyHeritage

Teknologi Deep Face
Teknologi deep face memungkinkan foto jaman dahulu menjadi tampak hidup

Deep Fake menawarkan kemampuan untuk menganimasikan sebuah wajah dalam foto dengan mengubahnya menjadi video pendek. Dengan melakukan itu, nostalgia akan foto jaman dahulu menjadi kembali lagi.

Sejak diluncurkan, aplikasi ini terbukti sangat sukses, sehingga MyHeritage merilis postingan blog yang menjelaskan lebih lanjut tentang cara kerjanya dan popularitasnya. Mereka yang tertarik untuk mencoba Deep Nostalgia dapat melihat beberapa video di #myheritage untuk melihat apa yang dapat mereka harapkan.

Sebelum memulai, pengguna harus mengunduh aplikasi MyHeritage di Android atau iOS. Jika Anda tidak sempat membuka smartphone, gambar juga dapat dianimasikan melalui situs web MyHeritage. Terlepas dari pengguna yang harus mendaftar untuk mendapatkan akun gratis.

Cara Menggunakan MyHeritage

Deep Fake
Teknologi deep fake telah diterapkan dalam aplikasi MyHeritage (The Guardian)

Jika menggunakan aplikasi, pengguna dapat mengetuk ikon menu di pojok kiri atas dan memilih ” Photos ” dari daftar. Jika menggunakan situs web, klik tab ” Family Tree” dan kemudian pada ” Animate Photos.” Setelah itu, pengguna tinggal mengupload gambar untuk dianimasikan. Melalui situs web, sistem akan secara otomatis menganimasikan foto setelah diunggah. Untuk penggunaan aplikasi di smartphone, foto perlu disimpan terlebih dahulu.

Pengguna aplikasi kemudian perlu mengetuk gambar untuk membukanya dan kemudian pada tombol animasi (ikon pertama di baris atas) untuk memulai proses. Setelah foto dianimasikan, pengguna kemudian dapat menyimpannya, mengunduhnya, dan mengunggahnya ke TikTok.

Fitur Deep Nostalgia baru dari MyHeritage adalah pilihan tepat bagi siapa saja yang ingin menghidupkan kembali foto, baik itu orang-orang tersayang yang telah tiada atau orang-orang terkenal di masa lalu. Namun, perlu diingat bahwa ini adalah aplikasi pihak ketiga dan ada beberapa kekhawatiran atas data yang dikumpulkan oleh perusahaan sejarah keluarga.

Untuk sekarang ini, MyHeritage hanya menawarkan akun gratis terbatas. Pengguna dapat juga meningkatkan ke akun berbayar jika ingin terus menghidupkan foto di masa mendatang.

Tinggalkan komen