Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Mengenal Peduli Lindungi, Aplikasi untuk Lacak Suspect Covid-19 di Indonesia

2 30.188

Kementerian Kominfo, Kementerian Kesehatan, Kementerian BUMN dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPNB) berkolaborasi mengembangkan aplikasi Peduli Lindungi untuk menanggulangi dan mencegah pandemi Covid-19. Aplikasi yang awalnya bernama TraceTogether tersebut, dirancang membantu masyarakat untuk saling menjaga dan melindungi agar penularan Covid-19 bisa dihentikan.

Menkominfo Johnny G. Plate mengatakan aplikasi ini dibuat oleh anak negeri dan didedikasikan untuk negara dalam menghadapi darurat dan keadaan luar biasa nasional dan global. “Aplikasi saat ini terus di-develop dimaksudkan untuk melindungi baik pasien positif, ODP (Orang Dalam Pengawasan), PDP (Pasien Dalam Pengawasan), suspect maupun masyarakat luas,” ujar Johny di Jakarta (27/3).

Ia tak menampik bahwa aplikasi ini sejenis dengan TraceTogether dari Singapura, meski dirancang oleh putra-putri Indonesia. “Meskipun ada kesamaan fungsi tapi aplikasi yang dikembangkan oleh Kementerian Kominfo dan KemenBUMN ini memiliki konfigurasi yang berbeda. Mengingat infrastruktur dan ekosistem telekomunikasi kita yang berbeda dengan subscriber  hampir 300 jutaan MSISDN.  Di samping itu fiturnya juga lebih kaya misalnya akan dikembangkan fitur fencing dan warning,” imbuhnya.

Dijelaskan lebih lanjut, nama aplikasi ini masih dalam uji coba dan stressing test dikenal dengan  nama sementara PeduliLindungi masih akan dimintakan persetujuannya kepada Presiden Joko Widodo. Saat ini dashboard surveillance berbasis web dan aplikasi tracing tracking-nya yang digunakan oleh pemerintah sudah siap digunakan.Memasuki versi beta, aplikasi PeduliLindungi sudah bisa diunduh melalui Google PlayStore.

Cara Kerja Peduli Lindungi

cara kerja pedulil indugiAplikasi Peduli Lindungi menggunakan data yang diproduksi oleh ponsel pintar pengguna dengan Bluetooth aktif untuk merekam informasi yang dibutuhkan. Ketika ada smartphone lain dalam radius bluetooth yang juga terdaftar di PeduliLindungi, maka akan terjadi pertukaran id anonim yang akan direkam oleh perangkat masing-masing.

Selanjutnya, Peduli Lindungi akan mengidentifikasi pengguna yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang dinyatakan positif COVID-19, PDP dan ODP. Hal ini akan membantu ketika orang tersebut tidak dapat mengingat riwayat perjalanan dan dengan siapa saja dia melakukan kontak.

Pengguna akan dihubungi oleh petugas kesehatan jika pernah berada dalam jarak tertentu dengan penderita COVID-19 positif, PDP, dan ODP. Sehingga petugas kesehatan bisa melakukan tindakan preventif terhadap orang-orang yang pernah berada di tempat dan waktu yang sama dengan penderita.

Bagaimana dengan kerahasiaan data pribadi?

Berdasarkan informasi yang tertera di website resmi maupun aplikasi, PeduliLIndungi yang dikembangkan oleh Telkom ini sangat memperhatikan kerahasiaan pribadi. Data disimpan aman dalam format terenkripsi dan tidak akan dibagikan kepada orang lain.

Aplikasi hanya akan merekam data proximity (kedekatan) satu ponsel dengan ponsel lainnya dalam format terenkripsi. Aplikasi juga tidak merekam data geolokasi pengguna. Sedangkan nomor ponsel yang didaftarkan akan direlasikan dengan ID random di dalam server yang aman. Data tidak akan diakses, kecuali jika pengguna dalam risiko tertular COVID-19 dan perlu segera dihubungi oleh petugas kesehatan.

Cara Menggunakan Aplikasi Peduli Lindungi

aplikasi pedulilindungiSaat ini aplikasi Peduli Lindungi baru tersedia untuk platform Android di mana statusnya masih beta (earyly acces). Bagi yang sudah terbiasa dengan smartphone Android, cara menggunakannya sangat mudah. Ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  • Jalankan Google Play Store, kemudian pada kotak pencarian, ketik “Peduli Lindungi”. Pada hasil pencarian paling, pilih aplikasi Peduli Lindungi yang penerbitnya adalah PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Kemudian download.
  • Jalankan aplikasi Peduli Lindungi, ikuti petunjuk selanjutnya dengan menekan tombol “Jadi Partisipan”.
  • Masukkan nama lengkap dan nomor handphone yang aktif. Kemudian klik tombol ‘Kirim OTP’. Tunggu sampai mendapat SMS untuk verifikasi data.
  • Pastikan aplikasi Peduli Lindungi selalui dalam keadaan terbuka (open) agar dapat terus berfungsi.
  • Aplikasi ini membutuhkan Bluetooth yang selalu aktif. Agar menghemat baterai, bisa dengan mengaktifkan fitur “Low Power Mode/Battery Saver” pada Android 5.0 ke atas. Caranya bisa melalui “Setting > Device/Perangkat” atau “Battery”. Kemudian geser tombol sampai menyala untuk mengaktifkan “Low Power Mode”. Bisa juga melalui “status bar” dengan menggulir layar dari atas ke bawah, kemudian mengaktifkan “Low Power Mode” atau “Battery Saver”