Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Mitigasi Covid-19, Startup Jogja Widya Analytic Manfaatkan Big Data

Pendekatan analisis big data bertujuan untuk memberikan informasi yang kredibel, edukatif, dan berbasis fakta data kepada masyarakat

0 1.346

Wabah virus corona menyebar di berbagai penjuru dunia. Situasi di Indonesia tak kalah gentingnya dengan negara lain. Jumlah pasien positif Covid-19 di Indonesia terus bertambah setiap harinya. Menyikapi hal tersebut, Widya Analytic turut berkontribusi mendukung pencegahan penyebaran Covid-19 yang masif dan meluas di Indonesia melalui big data.

Startup asal Yogyakarta ini mengembangkan rumah informasi Covid-19 melalui portal monitoring berbasis big data analisis yang diolah dari berbagai sumber secara lengkap, valid, edukatif, dan terukur. Widya Analytic sendiri adalah salah satu startup di dalam portofolio UMG Idealab, perusahaan Venture Capital (VC) sekaligus Venture Builder (VB) untuk startup.

Kiwi Aliwarga, founder UMG Idealab, mengatakan di tengah keprihatinan penyebaran Covid-19 saat ini, pengembangan portal Widya Analytic masih terus dilakukan. Ia juga mengajak berbagai pihak termasuk masyarakat umum untuk bergabung menjadi volunteer yang membantu proses pengumpulan dan pengolahan data.

“Data ini dipersiapkan untuk menjadi aplikasi mobile yang nantinya mudah digunakan masyarakat luas di mana saja untuk memantau perkembangan terkait Covid-19,” ujar Kiwi, dalam siaran pers yang diterima Gizmologi (23/3).

Kiwi menambahkan, dengan menyajikan informasi yang lengkap, valid, edukatif, dan terukur, ia berharap masyarakat dan stakeholder mendapatkan informasi yang proporsional, sehingga dapat mengambil langkah-langkah penting untuk pencegahan dan kewaspadaan ke depannya dan mencegah hoaks.
Baca juga: Tekan Penyebaran Covid-19, Ini yang Dilakukan Qlue dan Startup MDI Ventures

Respon Covid-19 Widya Analytic

Respon Covid-19 Big Data Widya Analytic
Tampilan laman respon Covid-19 yang dikembangkan Widya Analytic

Bertajuk Monitoring and Analysis for Indonesia Covid-19 Mitigation dengan visualisasi yang mudah dipahami. Inisiasi dan inovasi ini juga didukung saat ini oleh FMIPA Universitas Gadjah Mada (UGM), Lab Riset Sistem Komputer dan Jaringan, dan Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika. Masyarakat dapat mengaksesnya di covid19.gamabox.id dan covid-19.widya-analytic.com.

Di portal ini, Widya Analytic menyediakan berbagai data terkait penyebaran Covid-19 di Indonesia. Di antaranya analisis klasifikasi pengidap Covid-19 berdasar jenis kelamin, kewarganegaraan, jenis kasus, penyebaran provinsi, penyebaran kota, dan kluster sumber. Selain itu, portal ini juga menyajikan analisis pertumbuhan/pergerakan, analisis proyeksi kasus, dan Cluster Cases Map.

Nantinya, Widya Analytic juga akan membekali masyarakat dengan dengan analisis kejadian global, analisis kejadian per provinsi sampai dengan kota, dan analisis lain terkait pola penyebaran berbasis transportasi umum dan faktor resiko kerentanan terkait Covid-19 melalui portal tersebut.