Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Alodokter & Kemenkes Rilis Layanan Cek Mandiri Risiko Terkena COVID-19

0 820

Jumlah masyarakat yang positif COVID-19 kian bertambah setiap hari. Tercatat per tanggal 20 Maret 2020, sudah ada 369 kasus di mana yang meninggal sebanyak 32 dan sembuh 17 orang. Perlu langkah nyata yang dapat mengedukasi masyarakat mengenai virus tersebut untuk mengurangi kekhawatiran dan kepanikan, seperti inisiatif cek risiko Covid-19 Alodokter.

Sesuai arahan Menteri Kesehatan RI, Letjen (Purn.) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, SpRad(K), Alodokter mengembangkan sistem interaksi digital berdasar guideline untuk masyarakat. Layanan mandiri cek risiko Covid-19 Alodokter secara digital ini ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan. Tujuannya untuk memfasilitasi masyarakat Indonesia dengan informasi yang dapat memberikan arahan dan edukasi terkait virus Corona.

Suci Arumsari, Co-Founder dan Director Alodokter mengatakan pihaknya telah mengambil beberapa langkah untuk membantu masyarakat Indonesia dalam penanganan virus Corona. Di antaranya membuat artikel dan video edukasi tentang COVID-19 yang sudah diakses lebih dari 15 juta kali dalam dua minggu terakhir.

Dijelaskan lebih lanjut, saat ini Alodokter juga mendukung program Kemenkes dengan mengembangkan teknologi sistem interaksi digital guna membantu masyarakat Indonesia mendapatkan gambaran jelas mengenai gejala-gejala dasar virus Corona yang mungkin dirasakan, sehingga dapat segera mengambil langkah terbaik.

“Sejak diaktifkan minggu lalu, layanan digital cek risiko Covid-19 Alodokter sudah diakses lebih dari 900.000 masyarakat Indonesia. Alodokter juga terus melakukan pelatihan yang komprehensif terhadap seluruh tim dokter di Alodokter, untuk bersama-sama menghadapi krisis ini,” ujar Suci, dalam siaran pers yang diterima Gizmologi di Jakarta (20/03).
Baca juga: Kominfo dan WhatsApp Luncurkan Hotline Informasi COVID-19

Cara Pakai Layanan Cek Risiko COVID-19 Alodokter

cek risiko covid-19 alodokter kemenkes

Alodokter meluncurkan sebuah layanan digital yang mampu melakukan pengujian mandiri risiko tertular virus Corona. Layanan cek risiko covid-19 Alodokter ini dapat diakses secara gratis bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia, guna mendukung Program KIE (Komunikasi, Informasi, dan Edukasi) dari Kementerian Kesehatan dalam menghadapi virus corona.

Layanan digital cek risiko Covid-19 Alodokter memanfaatkan teknologi chatbot yang mampu melakukan interaksi cepat dalam menjawab pertanyaan seputar virus Corona. Sehingga memberikan kemudahan penyampaian informasi yang akurat dalam pengujian mandiri risiko tertular Coronavirus.

Cara melakukan pengecekan mandiri sangat mudah. Layanan digital untuk cek risiko COVID-19 Alodokter bisa diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia melalui website Alodokter.com Saat mengunjungi laman website ini, pengguna hanya perlu menjawab sejumlah pertanyaan secara jujur terkait kondisi kesehatan dan juga riwayat berpegian.

Masyarakat juga dapat chat langsung dengan dokter umum maupun dokter spesialis di aplikasi Alodokter melalui tautan yang disediakan pada layanan digital tersebut. Terdapat juga fitur Buat Janji dokter, yang memudahkan untuk bertemu dokter ketika diperlukan. Saat ini, Alodokter diakses lebih dari 24 juta pengguna aktif setiap bulannya dan bekerja sama dengan 20 ribu dokter di seluruh Indonesia.