Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Tablet Huawei MatePad 10.4 Difokuskan untuk Edukasi

1 9.297

Beberapa waktu lalu, Huawei merilis jajaran smartphone kelas menengah, Nova 7 series dengan empat kamera 64MP dan dukungan 5G. Selain itu, Huawei juga memperkenalkan sebuah perangkat tablet baru, Huawei MatePad 10.4. Sama-sama berada di kelas menengah, tablet ini tetap memiliki dukungan stylus dari Huawei.

Sesuai dengan namanya, Huawei MatePad 10.4 adalah versi sederhana dari seri MatePad Pro 5G, diperkenalkan November lalu sebagai tablet flagship dari Huawei. Meski begitu, desainnya masih serupa dengan keempat sudut bezel dibuat cukup ramping, membuat dimensi keseluruhan menjadi lebih kompak.

Baca juga: Huawei MatePad Pro Dirilis Kembali dengan Dukungan 5G

Fitur Edukasi

Huawei MatePad10.4Meski pada dasarnya bersifat  multi fungsi. Namun Huawei lebih memfokuskan untuk keperluan edukasi. Terlebih di kondisi saat ini, di mana mengharuskan para pelajar mulai dari tingkat dasar sampai mahasiswa untuk belajar di rumah.

Difokuskan sebagai perangkat edukasi, tablet ini bisa dimanfaatkan sekolah atau lembaga pendidikan lainnya untuk media pembelajaran. Huawei MatePad 10.4 punya aplikasi pusat edukasi sendiri dengan UI khusus.

Ketika digunakan untuk akses materi belajar, layarnya secara otomatis akan mengurangi sinar cahaya biru dan mengubah warna menjadi monokrom layaknya e-paper. Huawei MatePad juga otomatis memonitor penggunanya, untuk mengetahui jarak pandang mata serta postur tubuh. Dengan fitur multi-window dan dukungan M-Pencil yang tentunya meningkatkan produktivitas pelajar.

Spesifikasi Huawei MatePad 10.4

Huawei MatePad 10.4

Menggunakan material metal unibodi, Huawei MatePad hanya berbobot 450 gram saja, dengan dimensi 245,2 x 154,9 x 7,35mm. Bobot tersebut tergolong ringan untuk sebuah perangkat tablet dengan layar IPS 10,4 inci, beresolusi 2000 x 1200 piksel (2K). Sertifikasi dari TUV Rheinland juga dibawa untuk kesehatan mata selama memandang layar tablet ini.

Untuk keperluan produktivitas, Huawei MatePad juga mendukung stylus dari Huawei dengan akurasi tinggi hingga 4000 levels. Ditenagai prosesor kelas menengah, Kirin 810 octa-core, terdapat dua varian memori serta konektivitas. Varian Wi-Fi only hadir dengan RAM 4GB dan memori internal 64GB, sementara varian LTE membawa RAM 6GB serta memori 128GB. Keduanya dilengkapi slot kartu microSD yang mendukung kapasitas sampai 512GB.

Tablet ini sudah menjalankan EMUI 10.1 berbasis Android 10, serta kapasitas baterai yang cukup besar di 7,250 mAh. Pengisiannya juga sudah mendukung fast charging 18 watt. Untuk konektivitas, Huawei MatePad sudah menggunakan port USB-C, mendukung konektivitas Bluetooth 5.0 serta dual-band Wi-Fi. Sensornya juga cukup lengkap, seperti ambient light sensor, compass, hall & gravity sensor.

Untuk mengabadikan momen, Huawei MatePad dilengkapi dua kamera 8MP dengan autofokus dan LED flash, sementara di sisi depan terdapat sebuah kamera punch-hole beresolusi sama.

Harga Huawei MatePad 10.4

Selain bisa dimanfaatkan untuk keperluan multimedia, empat speaker Harman Kardon dan empat mikrofon pada Huawei MatePad juga bisa membantu pelajar untuk komunikasi lebih mudah saat harus mengakses kelas digital. Huawei MatePad versi Wi-Fi only dijual seharga 1899 CNY (Rp3,999 juta), sementara varian LTE seharga 2,199 CNY (Rp4,6 juta).

Belum ada informasi mengenai ketersediaan Huawei MatePad ini di Indonesia. Namun Huawei indonesia berencana untuk menghadirkan varian tablet tertinggi mereka, Huawei MatePad Pro pada hari Senin, 4 Mei 2020 mendatang. Perilisan daring tersebut sekaligus digunakan Huawei untuk merilis seri laptop, MateBook D14 serta MateBook X Pro.

Huawei Online Launch May 2020


Beli produk Huawei di:

SHOPEE BLIBLI LAZADA ERASPACE  JD.ID