Jakarta, Gizmologi – ShopTokopedia umumkan peningkatan pada fitur live shopping mereka. Live shopping telah berkembang menjadi fenomena yang kian melekat dengan gaya hidup masyarakat Indonesia.
Menurut sebuah riset, sebanyak 87% masyarakat Indonesia mengaku pernah menonton live shopping dan 77% di antaranya melakukan transaksi via fitur tersebut. Berdasarkan riset tersebut, Tokopedia dan ShopTokopedia terus memanfaatkan fitur live shopping agar bisa membantu pelaku usaha lokal.
Dalam mengumumkan pencapaian live shopping di kedua platform tersebut, ShopTokopedia juga mengajak pelaku usaha NPURE dan SAFF & Co untuk berbagi cerita dan kiatnya di Media Workshop, di Jakarta Pusat, Senin (19/8/2024). Selain itu, Tokopedia dan ShopTokopedia juga menunjukkan TikTok Creator House di New Batavia Cafe, Jakarta.
Fitur Live Shopping Meningkat 7 Kali Lipat, Banyak Dimanfaatkan UMKM

Pelaku usaha yang melakukan live di ShopTokopedia rata-rata mengalami kenaikan penjualan hampir 7 kali lipat jika dibandingkan dengan penjual lainnya yang tidak melakukan live shopping. Beberapa kategori yang paling laris di live shopping di ShopTokopedia selama semester I 2024, antara lain, kategori Skincare atau Perawatan Kulit, Hijab dan Dessert atau Makanan Manis.
Selain itu, ShopTokopedia juga mencatat bahwa di DKI Jakarta, jumlah pelaku usaha yang melakukan live shopping melonjak hampir 2 kali lipat selama semester I 2024 dibandingkan semester I 2023. ShopTokopedia juga melihat beberapa daerah lainnya, seperti Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah hingga Jawa Timur, mengalami kenaikan jumlah penjual yang melakukan live shopping hingga 1,5 kali lipat.
Kolaborasi antara Tokopedia dan ShopTokopedia dikatakan memiliki dampak yang signifikan. Perusahaan mengatakan saat ini terdapat 21 juta penjual tergabung di kedua platform tersebut.
Dengan banyaknya penjual yang bergabung tentu memungkinkan masyarakat untuk mengakses lebih banyak produk kebutuhan dengan kualitas dan harga yang transparan. Apalagi berbelanja online tak seperti dulu lagi karena terdapat cara yang lebih menarik yaitu memanfaatkan aplikasi TikTok.

Data terbaru mencatat 60% konten promosi di TikTok dukung produk lokal di ShopTokopedia. Hal ini mendorong Tokopedia dan ShopTokopedia terus menggencarkan kampanye Beli Lokal dan Promo Guncang agar produk buatan brand lokal selalu mendapatkan panggung khusus.
“Fitur live shopping di ShopTokopedia, yang tersedia dalam aplikasi TikTok, memberikan strategi pemasaran interaktif yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha termasuk brand lokal dari berbagai kategori,” ujar Communications Senior Lead Tokopedia and ShopTokopedia, Rizky Juanita Azuz.
Hasil survei MetrixLab pada tahun 2024 menyatakan bahwa live shopping penjual di ShopTokopedia membawa dampak signifikan pada calon pembeli, yaitu pengguna 3,4 kali lipat lebih mungkin browsing TikTok untuk mengeksplor produk baru. Lalu survei ini juga mengatakan pengguna 2,5 kali lipat lebih mungkin mempertimbangkan melakukan pembelian setelah menyaksikan live stream penjual.
Dua dari tiga pengguna juga dilaporkan cenderung melakukan pembelian di hari yang sama setelah melakukan pembelian di ShopTokopedia. Serta 64% pembeli akan meninggalkan ulasan setelah melakukan pembelian di platform yang sama.
Pengalaman fitur live dapat mempermudah penjual dalam meningkatkan kunjungan bahkan penjualan, sebab masyarakat bisa memperoleh informasi lebih mendalam tentang produk yang dibutuhkan, lengkap dengan berbagai promosi yang menarik. Kemudahan ini juga tercermin dari berbagai dampak positif yang dicatat Tokopedia dan ShopTokopedia selama semester I 2024 dibandingkan semester I 2023.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.




