alexa

Untung-Rugi Install Aplikasi Mod Pengganti WhatsApp

Jakarta, Gizmologi – WhatsApp menjadi aplikasi chatting paling populer di dunia. Namun bagi sebagian pengguna, fitur dan layanan WhatsApp saat ini masih kurang memuaskan sehingga beralih ke aplikasi modifikasi (Mod) dari pengembang pihak ketiga.

Belakangan aplikasi YoWhatsApp jadi populer, lantaran menawarkan sejumlah fitur dan layanan tambahan yang tidak disediakan oleh versi WhatsApp aslinya. Aplikasi yang dikembangkan oleh Yousef Al Basha dan diteruskan Fouad Mokdad ini bahkan telah dipakai oleh 13,8 juta pengguna.

Sebagai aplikasi modifikasi, pengguna tidak akan menemukannya di toko aplikasi resmi semacam Google Play Store ataupun Apple App Store. Pengguna hanya bisa mengunduh YoWhatsApp lewat file APK dari situs pengembangnya saja.

Baca Juga: Cara Pakai Fitur Media Sekali Lihat (View Once) Saat Kirim Foto di WhatsApp

Keunggulan YoWhatsApp

YoWhatsApp

Dikutip dari laman resmi YoWhatsApp (YoWa) menghadirkan beragam fitur unggulan yang berbeda dibanding versi resminya. Selain itu, aplikasi ini hanya berukuran 45,8MB dengan versi terbarunya 8.86 yang sudah dirilis pada 30 April 2021.

Pertama, YoWhatsApp menawarkan YoThemes yang memungkinkan pengguna bisa mengubah tema default hijau di WhatsApp dengan warna lainnya.

Kedua, YoWhatsApp disebut bisa mengirim video hingga 700MB, sementara WhatsApp resmi hanya mengizinkan pengiriman file video dengan ukuran maksimal 100MB.

Ketiga, mereka menawarkan fitur Default Lock bawaan dengan PIN, pola, atau fingerprint untuk mengamankan pesan.

Keempat, fitur Freeze Last Seen yang memungkinkan pengguna menyembunyikan status online. Jika fitur ini diaktifkan, pengguna lain tidak akan tahu apakah kamu sedang online atau tidak.

Kelima, YoWhatsaPP menawarkan Custom Privacy. Misalnya pengguna bisa menyembunyikan tanda dua centang (pesan terkirim) atau dua centang biru bila pesan sudah dibaca.

Keenam, fitur Dual WhatsApp yang memungkinkan pengguna bisa menggunakan dua akun berbeda di satu perangkat.

Baca Juga: Cara Aktifkan Fitur WhatsApp Multi Device, Bisa 4 Perangkat Sekaligus

Ketujuh, aplikasi ini tidak memerlukan rooting pada ponsel. Kebanyakan aplikasi WhatsApp modifikasi mengharuskan proses rooting dilakukan pada ponsel, agar aplikasi bisa berjalan mulus.

Kedelapan, aplikasi alternatif WhatsApp ini disebut memiliki emoji bawaan yang lebih beragam dan pengguna bisa dengan mudah mengunduh paket emoji di situs YoWhatsApp.

Sedangkan fitur-fitur lainnya termasuk bisa mengirim video GIF hingga 30 detik, pin 1.000 chat, sembunyikan nama kontak, fitur anti-delete chat maupun story, dan lainnya, sebagaimana dirangkum dari situs YoWA Yousef.

Kerugian Install WhatsApp Mod

WhatsApp
New york, USA – May 22, 2017: Whatsapp app menu on modern smartphone macro. Man using whatsapp application

Di balik keragaman fiturnya, YoWhatsApp dan aplikasi modifikasi sejenis yang tidak resmi tentu memiliki sederet ancaman keamanan. Sebab pada dasarnya WhatsApp mod dikembangkan oleh pihak ketiga dan melanggar syarat dan ketentuan dari platform pesan singkat milik Facebook itu.

Tech Maish melaporkan resiko dari aplikasi pihak ketiga adalah ada celah keamanan. Aplikasi itu belum tentu menggunakan sistem keamanan yang ada di versi aslinya yakni end-to-end encryption.

Selain itu ancaman malware dan spyware juga mengintai bagi mereka yang mendownloadnya. Ini karena hosting server yang kurang aman dan berpotensi data pengguna dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

“Aplikasi semacam ini melanggar ketentuan layanan kami. WhatsApp tidak mendukung aplikasi pihak ketiga karena kami tidak dapat memvalidasi praktik keamanannya,” tulis WhatsApp dalam laman FAQ.

Pihak WhatsApp juga telah memberikan peringatan bagi pengguna aplikasi modifikasi, baik YoWhatsApp, WhatsApp Plus, atau GBWhatsApp. Perusahaan tidak segan untuk memblokir akun yang menggunakan aplikasi tersebut.

“Jika Anda tidak beralih ke aplikasi resmi setelah diblokir sementara, akun Anda mungkin akan diblokir menggunakan WhatsApp secara permanen.”

Nah, setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan atau untung-rugi, aplikasi YoWhatsApp, apakah kamu akan menginstallnya?

Tinggalkan komen