Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Meningkatkan Kesiapan Warga Hadapi Bencana dengan Aplikasi AtmaGo

Indonesia adalah negara yang rawan bencana. Sehingga semua pihak perlu untuk senantiasa waspada dan melakukan berbagai upaya penanggulangan. Adalah Atma Connect, lembaga nonprofit berbasis teknologi asal California, yang kemudian meluncurkan AtmaGo di Indonesia. Ini adalah aplikasi media sosial untuk kolaborasi antar warga.

Inisiatif tersebut didukung oleh Qualqomm yang berkolaborasi dalam memperluas jangkauan teknologi nirkabel ke seluruh penjuru Indonesia agar dapat membantu masyarakat. Untuk menjalankan program ini Qualqomm telah berkolaborasi dengan lebih dari 500 ribu partner dan diikuti oleh lebih dari 15 juta orang. Qualqomm berusaha  mendukung pemerintah Indonesia dengan membawa fasilitas nikrabel ke wilayah yang under developed.

Dengan adanya fasilitas nikrabel ini komunikasi jadi lebih mudah dan dapat mempermudah pemerintah dalam memantau daerah tersebut. Teknologi komunikasi dapat berperan besar dalam menanggulangi bencana, jadi jika suatu daerah dilanda bencana pemerintah dapat dengan mudah mengirimkan bala bantuannya.

CEO Atma Connect, Meena Palappian dalam jumpa pers pada 17 Juli 2019 di Jakarta mengatakan bahwa berdasarkan survey Qualcomm dengan melibatkan penguna aplikasi AtmaGo, sebanyak 68% pengguna yang mengikuti survey melaporkan bahwa mereka berbagi informasi menggunakan AtmaGo. Aplikasi ini dapat mempermudah pemerintah dalam melakukan penaggulangan bencana.

Sementara Ahmad Alamsyah Saragih, Anggota Komisi Ombudsman mengatakan bahwa aplikasi Atmago mempunyai potensi pertumbuhan yang sangat tinggi.

Baca juga: Melalui Kompetisi Robot, Siswa Madrasah Ditantang Berikan Solusi Mitigasi Bencana

AtmaGo
Jumpa pers AtmaConnect dan Qualcom

Aplikasi AtmaGo

Atmago adalah aplikasi media sosial yang di buat untuk berbagi informasi, terutama informasi tentang bencana alam. Dengan menggunakan Atmago kita dapat memberi tahukan keadan di tempat bencana atau memberitahukan bencana yang akan datang.

Related Posts
1 daripada 300

Dengan berbagi informasi seperti ini, kita dapat menanggulangi bencana dengan lebih mudah dan juga dapat mencegah jatuhya korban pada saat bencana. Juga dengan peringatan yang diberikan melalui Atmago kita dapat mengurangi kerusakan property yang di sebabkan oleh bencana banjir dan lainya.

Aplikasi Atmago pada awalnya punya ratusan pengguna saja tapi dalam waktu yang sangat dekat penggunanya meningkat menjadi ribuan, puluhan ribuan, sampai ratusan ribuan. Hal ini dikarenakan aplikasi ini sangat membantu warga.

Saat ini pengguna Atmago sudah mencapai 2,5 juta di seluruh Indonesia. Aplikasi ini sangat membantu bagi pemerintah untuk menanggulangi bencana, seperti di Palu  dan Donggala. Bukan cuma membantu pemerintah, aplikasi ini juga membantu korban bencana alam.

Screenshot aplikasi AtmaGo
Screenshot aplikasi AtmaGo

Aplikasi ini didesain agar dapat digunakan untuk ponsel low-end dan internet yang tidak stabil. Karena pada umumnya tempat yang terkena bencana alam mengalami putus koneksi atau komunikasi, sehingga menyebabkan bala bantuan menjadi sulit dalam melakukan pekerjaan mereka.

Dengan desain ini para korban dan pemerintah dapat berkomunikasi satu sama lain agar dapat mempercepat proses penaggulangan bencana. Para korban dapt melaporkan jika ada masalah seperti kekurangan air atau makanan di AtmaGo dan emmerintah akan menaggapi masalah itu dengan mudah karena lancarnya komunikasi.

AtmaGo bukan hanya dapat digunakan di saat bencana tapi juga dapt digunakan oleh masyarakat luas. Kegunaan lainya aplikasi ini yaitu untuk berbagi masalah seperti kemacetan, kerusakan fasilitas umum, dll.

Menariknya, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk menawarkan pekerjaan dan merekomendasikan tempat-tempat yang bagus. Para pengguna AtmaGo itu bermacam macam, ada dari ojek online, petugas kebersihan, sampai aparat pemerintahan pun menggunakannya.

Karena aplikasi yang bisa diunduh gratis di Play Store ini pada dasarnya bersifat universal dan dapat menciptakan simbiosis mutualism ke sesama pengguna maupun pihak terkait. Misalnya saja kamu posting di aplikasi ini, maka  bisa mendapat respon dari intstitusi yang terkait maupun orang lain.