Bingung Mau Nonton Film Apa di Netflix? Pakai Fitur Baru ‘Play Something’

Jakarta, Gizmologi – Kita semua tentu pernah mengalami hal yang sama: sedang membuka Netflix, lalu menghabiskan waktu belasan hingga puluhan menit, hanya untuk mencari tontonan apa yang sekiranya menarik untuk dinikmati. Fitur ‘Play Something’ penuhi kebingungan para pengguna Netflix, memiliki tugas yang sebenarnya sangat simpel.

Ya, terkadang banyaknya jumlah konten yang ada di platform streaming video satu ini justru bikin bingung, film atau serial mana dulu yang harus ditonton. Atau sekiranya hanya untuk mengisi waktu luang, ketika akhir pekan atau saat bingung harus bagaimana saat layanan WhatsApp down beberapa waktu lalu. Meski saran di media sosial sudah cukup banyak.

Ini adalah satu dari sekian fitur baru dari Netflix yang membantu penggunanya untuk habiskan lebih banyak waktu di dalam platform. Sebelumnya, beragam fitur tambahan telah diberikan, tak sekadar penambahan konten film maupun serial saja. Seperti fitur Downloads for You, alias unduhan otomatis berdasarkan histori tontonan sebelumnya.

Baca juga: Netflix Ujicoba Layanan Gratisan Pertamanya di Kenya

Fitur tersebut bakalan sangat berguna ketika penggunanya lupa untuk mengunduh episode selanjutnya dari tayangan serial yang sedang ditonton, bisa menghemat kuota data seluler saat harus bepergian dan menontonnya di luar rumah. Untuk menggaet lebih banyak jumlah subscriber, Netflix pun meluncurkan paket khusus yang hanya bisa diakses dari smartphone saja.

‘Play Something’ Hadir Lebih Dulu di Smart TV

Netflix Play Something

Sesuai dengan namanya, fitur ‘Play Something’ bisa dimanfaatkan ketika penggunanya benar-benar bingung untuk menentukan apa yang hendak ditonton. Penjelasan sangat simpel dan mudahnya, ini seperti tombol shuffle alias acak pada aplikasi pemutar musik. Netflix sendiri baru meluncurkan fitur ini ke pengguna Android, setelah mengujinya sejak bulan April kemarin.

Kalau beberapa dari Gizmo friends sudah familiar, maka berarti kamu sudah pernah melihat atau menjajalnya di aplikasi Netflix untuk smart TV Android. Karena memang hadir lebih dulu untuk layar besar, baru kemudian tampil ke aplikasi smartphone. Untuk saat ini baru Android dulu, sementara iOS bakal menyusul dalam beberapa bulan mendatang.

Tidak dijelaskan mengapa fitur Play Something bakal hadir jauh lebih terlambat untuk perangkat Apple, mengingat fungsinya yang hanya mengacak konten untuk ditonton. Yah memang, persisnya tidak seperti itu, karena Netflix juga menggunakan algoritma yang ‘dibaca’ dari histori tontonan sebelumnya, dan hal lain agar konten yang ditampilkan relevan oleh setiap pengguna.

Cara Netflix Agar Tal Kalah Saing dengan TikTok

Netflix Telkomsel

Fitur Play Something sendiri dapat diakses lewat tiga cara; sejak awal memilih profil (bagi kamu yang menggunakan akun keluarga alias paket bersama), atau dalam menu navigasi awal, pada kisaran baris ke 10. Alasannya sih logis, karena pada baris tersebut, umumnya pengguna sedang frustasi untuk memilih konten apa yang layak untuk ditonton. Yang terakhir, di smartphone, tombol Play Something dibuat melayang pada sudut kanan bawah layar.

Pihak Netflix sendiri mengatakan bila respon pengguna terhadap fitur Play Something cukup positif, alias dapat membantu mereka untuk mencari tayangan yang layak. Bagi Netflix, ini juga menjadi salah satu cara agar penggunanya tak beralih ke platform video lain. Terutama platform video pendek seperti TikTok maupun Instagram Reels.

Bahkan untuk menyaingi platform jenis tersebut, juga dihadirkan fitur khusus pada aplikasi mobile bernama ‘Fast Laughs’, di mana bakal ditampilkan tampilan (feed) khusus video komedi. Sumbernya? Diambil dari potongan konten-konten yang ada di dalam platform. Bila kedua fitur ini belum hadir, Gizmo friends tunggu saja dalam beberapa waktu ke depan ya.

Tinggalkan komen