alexa

OPPO A74 5G & 4G Meluncur dengan Baterai Besar dan Layar Responsif

Setelah OPPO Indonesia resmi menghadirkan smartphone terjangkau barunya, OPPO A54, masih ada seri baru yang dirilis untuk negara lainnya. Diluncurkan dalam dua opsi yang berbeda, OPPO A74 5G & 4G diresmikan dengan spesifikasi yang sedikit berbeda. Namun keduanya punya desain dan dimensi yang sangat identik.

Lini A series menjadi lini yang paling laris, karena harganya yang memang lebih terjangkau. Dengan begitu, lebih banyak konsumen tentu dapat menjangkaunya, belum lagi desainnya yang sekarang dirancang tipis dan ringan seperi OPPO Reno5 series. Hanya berbeda pada desain modul kamera belakangnya saja, dimana OPPO A74 5G punya empat sensor.

Sementara OPPO A74 versi 4G lebih sederhana dengan tiga sensor. Keduanya memiliki opsi warna glossy yang bisa memantulkan cahaya berbeda dari sudut kemiringan tertentu. Khusus varian 4G, OPPO India juga rilis perangkat yang sama persis dengan nama OPPO F19—memang umum terjadi, begitu pula di Indonesia.

Baca juga: 5 Fakta Menarik OPPO A54, Smartphone Stylish Harga Rp2 Jutaan

OPPO A74 5G Usung Snapdragon 480 & Layar 90Hz

OPPO A74 5G

Lewat OPPO A74 5G, OPPO ingin hadirkan sebuah perangkat baru di mana lebih banyak masyarakat bisa menikmati jaringan masa depan ini, meski belum tersedia di semua negara termasuk Indonesia. Hal tersebut dimungkinkan dengan adanya chipset terbaru dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 480 5G. Dipasangkan dengan RAM berkapasitas 6GB dan penyimpanan internal 128GB.

Untuk layarnya, OPPO A74 5G sudah menggunakan desain modern dengan kamera punch-hole. Bentang layarnya punya luas 6,5 inci dengan resolusi full HD+. Panelnya belum AMOLED, namun sudah memiliki refresh rate tinggi mencapai 90Hz, dengan touch sampling rate 180Hz. Sehingga sensor fingerprint-nya disematkan pada tombol power.

Kamera punch-hole di depan beresolusi 16MP, sementara di belakang ada empat sensor kamera dengan sensor utama 48MP. Tiga sensor lainnya ada 8MP ultra wide-angle, dan dua sensor 2MP untuk makro serta depth. Kapasitas baterainya 5,000 mAh, dengan dukungan pengisi daya 18 watt lewat port USB-C.

OPPO A74 Punya Layar AMOLED & Fast Charging 33W

OPPO A74

Selain OPPO A74 5G, varian 4G dari smartphone mid-range OPPO juga punya daya tarik tersendiri. Tampilan layarnya sama, dengan luas 6,43 inci tanpa refresh rate tinggi. Namun sebagai gantinya, panelnya sudah AMOLED lengkap dengan sensor sidik jari yang dibenamkan di dalamnya. Kamera depannya pun sama persis.

Sementara di bodi belakang, setup kameranya sama kecuali sensor ultra wide-angle yang dihapus. Kapasitas RAM dan penyimpanan internal juga sama, kecuali chipset-nya yang jalankan Qualcomm Snapdragon 662 octa-core. Keunggulan lain dari A74 4G dibandingkan dengan OPPO A74 5G adalah dukungan fast charging 33 watt.

Keduanya sama-sama menjalankan ColorOS 11.1 berbasis Android 11, namun belum dilengkapi sensor NFC untuk keperluan pembayaran secara nirkabel. Khusus untuk OPPO A74 4G, mode gaming perlu digunakan agar dapat tingkatkan touch sampling rate dari 135Hz ke 180Hz.

Harga OPPO A74 5G & A74 4G

OPPO A74 5G

OPPO A74 5G dan A74 4G diluncurkan di dua negara berbeda—seri pertama meluncur di Thailand, sementara yang satu lagi diluncurkan di Filipina. Tersedia secara daring di situs e-dagang Shopee dan Lazada, termasuk toko luring alias ritel resmi OPPO.

Untuk OPPO A74 4G, varian paling murahnya dijual seharga PHP12,000 atau Rp3,5 jutaan. Sementara OPPO A74 5G di BH9,000 atau Rp4,1 jutaan. Belum ada informasi apakah kedua smartphone ini bakal hadir di Indonesia atau tidak. Bila iya, posisinya bakal mengisi gap antara OPPO A54 dan OPPO Reno5 F.

Tinggalkan komen