Cara Melakukan Panggilan Video dan Suara Melalui WhatsApp Desktop

Setelah ditemukan dalam varian WhatsApp beta beberapa pekan lalu, akhirnya solusi untuk melakukan panggilan telepon dan video melalui komputer bakal tersedia untuk seluruh pengguna WhatsApp. Pasalnya, aplikasi WhatsApp Desktop baru saja diperbarui, secara resmi mendukung dua fitur populer yang sudah lama hadir di aplikasi smartphone.

Sebelumnya, baik WhatsApp Desktop maupun WhatsApp Web yang diakses di komputer Windows dan Mac hanya bisa berkirim pesan, dokumen dan lainnya. Pada era di mana komputer mungkin lebih sering digunakan selama work from home, akan terasa jauh lebih mudah apabila panggilan video bisa dilakukan di perangkat yang sama.

Untuk itu, platform berkirim pesan yang sekarang berada di bawah naungan Facebook ini akhirnya lengkapi fitur tersebut untuk perangkat jenis lainnya. Pihak WhatsApp sendiri menyebutkan dalam sebuah rilisnya bila dalam satu tahun terakhir, peningkatan intensitas panggilan telepon naik secara signifikan, terutama untuk obrolan dalam durasi yang lama.

Baca juga: Fitur WhatsApp Web Ditingkatkan dengan Keamanan Berlapis

WhatsApp Desktop Bikin Tetap Tersambung Lewat Komputer

WhatsApp Desktop call
Tampilan panggilan di WhatsApp Desktop versi terbaru. (Sumber: TechWorm)

Wajar, namanya juga usaha untuk tetap tersambung dengan orang-orang tersayang selama pandemi. Salah satu cara termudah agar tetap aman adalah dengan melakukan panggilan suara maupun video dari tempat tinggal masing-masing. “Kami ingin obrolan di WhatsApp terasa lebih dekat, meski berada di wilayah yang berbeda dan dengan teknologi apa pun yang digunakan,” jelas sebuah rilis 4 Maret lalu.

Dengan membawa fitur panggilan video ke WhatsApp Desktop, pengguna dapat berkomunikasi secara visual dari layar yang lebih besar. Dan dengan begitu, tak perlu memegang smartphone alias tangan terbebas untuk melakukan aktivitas lainnya sembari tetap tersambung bersama keluarga.

Untuk kemudahan, setiap panggilan akan muncul dalam window tersendiri, di mana pengguna dapat menggeser, mengganti ukuran sampai membuatnya tetap muncul di atas aplikasi lain yang sedang berjalan. Sehingga tidak bakal mengganggu tampilan aplikasi yang sedang diakses pada waktu yang sama. Mendukung orientasi layar potret maupun landscape.

Cara Video Call Melalui WhatsApp Desktop

Ingin mencoba panggilan video langsung dari komputer kamu? Gizmo friends bisa langsung unduh aplikasi WhatsApp Desktop dari situs resmi WhatsApp. Fitur panggilan suara dan video ini akhirnya hadir sejak aplikasi versi komputer sudah dirilis lima tahun lalu.

Yang perlu diingat, saat ini masih memerlukan aplikasi, alias belum bisa sekadar lewat WhatsApp Web. Dan untuk kehadiran awal, bentuk panggilan yang didukung baru sebatas one-on-one, alias belum mendukung group video call. Pihak WhatsApp menjanjikan kemampuan tersebut akan hadir dalam masa mendatang.

Untuk menjamin keamanan penggunanya, sama seperti teks, seluruh panggilan yang dilakukan lewat platform WhatsApp bakal terenkripsi secara end-to-end. Hingga saat ini, aplikasi kirim pesan populer global tersebut telah digunakan lebih dari 2 milyar pengguna. Dan selama malam tahun baru 2020, telah digunakan untuk membuat sejumlah 1,4 milyar panggilan—puncak lalu lintas data sepanjang tahun lalu.

Sebagai informasi, untuk melakukan panggilan melalui WhatsApp desktop, diperlukan spesifikasi perangkat yaitu Windows 10 64-bit versi 1903 dan yang lebih bar atau macOS 10.13 dan yang lebih baru

Untuk melakukan atau menerima panggilan pada WhatsApp Desktop, Anda perlu:

  • Perangkat keluaran audio dan mikrofon untuk panggilan suara dan video.
  • Kamera untuk panggilan video.
  • Koneksi Internet aktif pada komputer dan telepon Anda. Panggilan tidak akan dilakukan melalui telepon kamu, tetapi telepon harus online agar panggilan dapat dilakukan.
  • Memberikan izin kepada WhatsApp untuk mengakses mikrofon dan kamera komputer Anda. WhatsApp membutuhkan akses ke mikrofon komputer untuk panggilan dan kamera untuk panggilan video.
  • Gunakan headset untuk mendapatkan kualitas audio terbaik. Menggunakan perangkat mikrofon dan speaker eksternal yang terpisah dapat menyebabkan suara bergema.

Cara melakukan panggilan video

  • Buka chat individual dengan kontak yang ingin Anda hubungi.
  • Klik ikon Panggilan video.
  • Selama panggilan video, kamu dapat membisukan atau membunyikan mikrofon dengan mengeklik ikon Mikrofon. Kamu juga dapat mematikan atau mengaktifkan kamera dengan mengeklik ikon Kamera. Untuk mengakhiri panggilan, tekan Akhiri panggilan.

Jika menerima panggilan video masuk, kamu dapat mengeklik:

  • Terima untuk menerima panggilan.
  • Tolak untuk menolak panggilan.
  • Abaikan atau x untuk mengabaikan panggilan.

Saat melakukan panggilan suara dengan kontak, kamu dapat meminta untuk beralih ke panggilan video. Kontak yang sedang berada dalam panggilan suara dapat memilih untuk mengeklik OKE atau Beralih untuk mengalihkan ke panggilan video, atau Batal untuk menolak.

  • Arahkan kursor ke ikon Kamera selama panggilan.
  • Klik ikon Kamera.
  • Panggilan suara akan beralih ke panggilan video jika kontak menerima pengalihan tersebut.
Tinggalkan komen