Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

7 Kelebihan Chipset MediaTek Helio P65 di Smartphone

Pada awal Juli yang lalu, Mediatek merilis chip terbaru untuk smartphone yaitu Helio P65. Chipset Mediatek Helio P65 ini fokus pada dua hal utama yaitu meningkatkan kinerja game mobile dan pengalaman fotografi.

Chipset ini adalah penerus dari Helio P60 yang jika melihat dari angkanya merupakan chipset midrange yang berperforma tinggi. Di atasnya lagi, ada Helio P70 sebagai chipset middle-end dan Helio P90 yang merpakan chipset flagship Mediatek.
Baca juga: MediaTek & Google Suntik Teknologi Machine Learning di Helio P90

Sesuai segmennya pula, Mediatek Helio P65 diperuntukkan bagi smartphone kelas menengah. Jika di produk pesaingnya, chipset ini bisa disandingkan dengan Snapdragon seri 6xx. Nah, Helio P65 ini memiliki 7 kelebihan utama. Apa saja itu? Simak ulasannya berikut ini.

Mediatek Helio P65

1. Cocok Dibawa Bermain Game Di Mana Saja

MediaTek Helio P65 mengandalkan perangkat keras yang menggabungkan CPU ARM Cortex-A75, beroperasi hingga 2GHz, dan GPU ARM kelas G52. Ini cocok bagi pengguna smartphone pada umumnya dan juga pemain game. Kendali sumber daya CorePilot dari MediaTek mempertahankan kinerja secara konsisten dan handal, selagi bermain game.

2. Kinerja AI 2X Lebih Cepat

Dibandingkan MediaTek Helio P30, kinerja AI di Helio P65 mencapai peningkatan hingga 2X, dan menawarkan kinerja hingga 30% lebih cepat dibandingkan pesaing terdekat dalam tugas-tugas kamera AI seperti pengenalan obyek (Google Lens), Smart Photo Album, pengenalan lingkungan, dan segmentasi dengan menghilangkan lata belakang, serta pengambilan gambar Bokeh lewat satu atau dua kamera.

MediaTek NeuroPilot menyediakan kepatuhan penuh dengan Android Neural Networks API (Android NNAPI), memungkinkan para pengembang perangkat lunak dan pembuat perangkat memiliki ekosistem terbaik untuk peningkatan dan pengembangan aplikasi Android, dengan dukungan untuk banyak kerangka kerja AI umum.

Related Posts
1 daripada 94

3. Mediatek Helio P65 Support Kamera 48MP

Pengguna sangat menyukai kamera dengan megapiksel besar, dan kamera 4-sel 48MP tentu menjadi salah satu pilihan. Lewat penggabungan empat piksel, sensor ini menjadi semakin sensitive terhadap cahaya, yang sangat berguna bagi kondisi dengan pencahayaan rendah. Digunakan bersama algoritma dan AI khusus dari MediaTek, foto-foto malam hari terlihat luar biasa.

4. Akselerator Terintegrasi untuk Fotografi

Berdasarkan pengalaman dan keahlian fotografi di beberapa generasi MediaTek Helio, P65 memiliki berbagai akselerator perangkat keras, menyediakan kinerja yang bisa diandalkan dengan hasil sempurna. Termasuk dalam akselerator tersebut adalah sebuah mesin kedalaman yang mengaktifkan efek Bokeh kelas professional; teknologi Electronic Image Stabilization (EIS) dan Rolling Shutter Compensation (RSC) yang secara cerdas mengurangi efek “jelly” ketika mengambil gambar aksi ultra cepat (hingga 240fps). Camera Control Unit (CCU) memungkinkan Instant AE untuk penyesuaian eksposur focus yang lebih cepat ketika kondisi pencahayan berubah tiba-tiba.

5. Rancangan Secure ISP

Rancangan ‘secure ISP’ yang baru memungkinkan aksi pengenalan wajah seperti pembukaan smartphone dari posisi terkunci atau pembayaran menjadi semakin cepat dan handal, tapi juga dilengkapi semakin banyak lapisan keamanan.

6. Posisi Lebih Akurat

P65 dilengkapi mesin posisi dan GNSS yang paling akurat, melakukan kompensasi mesin navigasi inersial ketika berada di dalam ruangan, parkir bawah tanah atau berkendara di dalam terowongan. Dengan kemampuan untuk mawas terhadap orientasi dan arah, P65 bisa ditaruh atau dipegang dalam posisi apapun, memisahkan orientasi dari inersial ketika sinyal posisi tidak tersedia.

7. Voice on Wakeup berdaya rendah

Untuk hal-hal seperti asisten AI, P65 memiliki kemampuan VoW (voice on wakeup) yang dioptimalkan penggunaan dayanya untuk meminimalisasi pengaruh ke batere. P65 juga memisahkan kanal audio antara perintah suara dengan panggilan dari media dan game, memungkinkan kualitas audio yang lebih baik.