Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

MediaTek & Google Suntik Teknologi Machine Learning di Helio P90

Kolaborasi antara MediaTek dan Google diwujudkan dengan memberikan dukungan Google ML kit pada chipset Helio P90. Hal ini akan menghadirkan teknologi machine learning bagi produsen smartphone di berbagai level. MediaTek juga telah selesai menguji dan memberdayakan ARCore dan Google Lens pada Helio P90.

“Dengan ML Kit milik Google, kami menyediakan alat yang tepat bagi pengguna smartphone di segala level untuk menerapkan machine learning pada aplikasi sehari-hari demi memaksimalkan smartphone dan menghadirkan fitur premium baru ke pasar yang lebih luas,” ucap TL Lee, General Manager Unit Bisnis Komunikasi Nirkabel MediaTek.
Baca juga: 3 Kelebihan MediaTek Helio P70 Sebagai Chipset Smartphone yang Powerful

Implementasi Teknologi Machine Learning

Pengembang bisa dengan mudah menghadirkan teknologimachine learning pada aplikasi garapannya, baik Android atau iOS. Mereka cukup mengetik beberapa baris kode atau melalui API Standar pada Google ML Kit untuk menghadirkan machine learning tersebut. Pada kasus penggunaan utama memang ML Kit memberi solusi siap pakai tanpa mengharuskan pengembang mendalami machine learning.

MediaTek Beri Dukungan Machine Learning Pada Helio P90
MediaTek Beri Dukungan Machine Learning Pada Helio P90
Related Posts
1 daripada 314

Chipset Helio P90 memberikan dukungan perangkat lunak, sehingga ML Kit melihat hasil yang positif, termasuk percepatan 9x dibandingkan pengimplementasian CPU. MediaTek memang mengadaptasi model ML Kit demi memastikan dukungan yang benar dengan percepatan pada APU 2.0. Hal ini dilakukan termasuk pada deteksi wajah.

Bersama Android Neural Networks API (NNAPI), kerja perangkat keras MediaTek lancar dengan 80% operasi termasuk seluruh operasi intensif komputasi yang didukung AI. Inovasi pada seluruh ekosistem AI diharapkan akan lebih banyak muncul berkat antarmuka pengembang yang konsisten dari NNAPI ini.

Helio P90 memamerkan dukungan pengalaman AI yang lebih cepat, dinamis dan kompleks melalui ML Kit milik Google. Penerapan tersebut dapat dilihat pada Google Lens, pendeteksian wajah dengan deep learning, beautification secara real-time, augmented reality, identifikasi obyek dan pemandangan, peningkatan foto dan video secara real-time, serta akselerasi mixed reality.

MediaTek bekerjasama dengan tim Google dalam menggarap dukungan pada Helio P90. Hal ini demi memastikan penerapan pada smartphone tersebut bermanfaat, lebih menarik, memberikan solusi yang optimal dan terpersonalisasi.

“Pengembang semakin banyak menggunakan machine learning demi memberi nilai tambah bagi penggunanya. Dengan demikian ML Kit merupakan bagian penting dari alat pengembang seluler,” ujar Brahim Elbouchikhi, Manajer Produk Grup Google untuk AI dan Produk Kamera Google.

MediaTek mendukung ML Kit dari Google tersebut pada Helio P90 sejak kuartal pertama tahun 2019.