Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Luar Biasa Besarnya Gudang yang Menampung Pesanan Pelanggan Lazada

Menampung 3.500 pekerja dan menyimpan jutaan item di dalamnya.

Sudah belanja barang apa saja di Lazada pas Harbolnas kemarin? Jangan khawatir, pesanan kamu akan sampai dengan selamat kok. Ternyata, e-commerce ini punya factory atau gudang yang sangat besar buat menampung pesanan pembeli secara aman, nyaman, dan cepat.

Ya, bertepatan dengan digelarnya Harbolnas 2017, Selasa (12/12/2017) lalu, saya mewakili Gizmologi diberikan kesempatan untuk menyambangi gudang Lazada. Disebut sebagai Lazada Warehouse 4th Gen, gudang ini berlokasi di Cimanggis, Depok.

Ternyata, tidak sembarangan orang bisa masuk segampang itu lho ke dalam gudang tersebut, karena penjagaannya sangat ketat. Saya sendiri sampai melewati beberapa kali prosedur keamanan. Sialnya, di proses pertama saya malah “tertangkap basah” membawa dompet. Akhirnya dompet tersebut diamankan, karena memang selama berada di dalam gudang tidak diperkenankan membawa barang apa pun, mulai dari jam tangan, smartphone, hingga uang logam.

Setela melewati prosedur keamanan, saya langsung takjub dengan besarnya gudang milik Lazada tersebut. Meskipun dikategorikan sebagai gudang, ternyata di dalamnya sama sekali tidak terkesan seperti gudang pada umumnya. Selain lantainya bersih, penerangan di dalamnya juga sangat baik.

gudang lazada
Di dalam gudang ini setiap barang yang dipesan memakan waktu 2 jam hingga dikirim ke alamat pemesan.

 

Menurut Astrid Puspitasari, PR Manager Lazada Indonesia, Lazada Warehouse 4th Gen memiliki luas bangunan yang mencapai 30.000 meter persegi. Sesuai namanya, gudang ini merupakan gudang keempat dan menjadi yang terbesar setelah sebelumnya berdiri di Halim, Ciracas, dan Cakung.

“Kami telah beroperasi sejak bulan Mei tahun ini. Jadi masih terbilang baru. Dengan gudang yang semakin besar, tentunya akan mudah bagi kami mengakomodir pesanan pelanggan termasuk menyimpan barang reseller,” ujarnya.

Dengan luas sebesar itu, tentu saja nggak heran jika gudang ini mampu menampung sebanyak 3.500 pekerja yang direkrut khusus untuk Harbolnas. Itu pun masih terlihat sangat lega, karena saya melihat beberapa karyawan wara-wiri dengan sepeda. Bahkan, Florian Holm, co-CEO Lazada Indonesia terlihat asyik “berjalan” berdiri di atas Ninebot wheel scooter memantau proses packaging pesanan pelanggan.

Related Posts
1 daripada 19

Holm mengatakan, dengan gudang seluas itu pihaknya bisa menampung sebanyak 5 juta item di dalamnya dan mengapalkan sebanyak 400.000 paket setiap harinya. Untuk prosesnya sendiri berjalan hanya dua jam dari pertama kali order diterima.

“Jadi begitu order kami terima, selanjutnya di-print kemudian jenis barangnya langsung di-packing saat itu juga. Prosesnya rata-rata menghabiskan waktu hingga dua jam hingga siap dikirim ke pelanggan,” ungkapnya.

Senada dengan Holm, Haikal Bekti, Head of Online Marketing Lazada Indonesia mengatakan bahwa besaran ruang Lazada Warehouse 4th Gen memungkinkan pihaknya menambah sebanyak 3.500 pekerja di dalamnya untuk menampung pemesanan selama Harbolnas berlangsung.

“Jumlah ini dua kali lipat dari jumlah pekerja yang terlibat di Harbolnas 2016. Kami mengambil pekerja dari penduduk sekitar. Diharapkan kami bisa memproses sebanyak satu juta item untuk keluar dari gudang ini,” tegasnya.

Selain memproses pesanan pelanggan, ternyata gudang tersebut berperan sebagai Fulfilment by Lazada, di mana reseller bisa menitipkan barang dagangannya secara gratis. Haikal mengklaim ada sebanyak 2.500 seller yang memenuhi syarat untuk menitipkan barang dagangannya di Lazada Warehouse 4th Gen.

“Jadi mereka seperti bos aja, tinggal memantau pesanan yang masuk. Sementara barangnya dititipkan di sini dan kami memprosesnya dari packing hingga pengiriman. Targetnya 30 hari barang yang disimpan di sini harus sudah keluar atau sampai ke tangan pembeli. Jika tidak, maka akan kami kenakan biaya sewa gedung,” tukasnya.

gudang lazada
Florian Holm, co-CEO Lazada Indonesia memamerkan paket yang siap dikirimkan ke pelanggan.

 

Nah, jadi kamu nggak perlu khawatir lagi ya Gizmolovers mengenai nasib barang pesananmu di Lazada, karena gudangnya benar-benar memungkinkan untuk penyimpanan hingga proses pengiriman secara aman dan cepat.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.