Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Robot Bebek Besutan Nissan Ini Bantu Petani di Sawah

Sejak berabad-abad, petani di Asia menggunakan bebek sebagai pestida alami. Alasannya? Bebek makan serangga yang bisa merusak tanaman, menyingkirkan rumput liar dan kotorannya bisa menjadi tambahan pupuk. Sekarang, para insinyur dari produsen mobil Jepang, Nissan, membuat robot Aigamo yang bisa fungsi yang sama dengan bebek.

Prototype dari robot ini memiliki berat 1,5 kilogram dengan bentuk yang mirip dengan vacum cleaner. Robot ini menggunakan sistem GPS, koneksi WiFi dan tenaga surya. Bagian bawah robot ini memiliki sikat yang berputar yang bisa menyingkirkan rumput liar. Saat ini tengah diuji coba di perfektur Yamagata.

Baca juga: Active Puzzle, Bangun Robot Sambil Latih Kemampuan Logika

Robot bernama Aigamo ini dibuat oleh engineer Nissan, dan saat ini prototipenya masih diuji di prefektur Yamagata, Jepang. Bisa dibilang prototipe ini masih seperti sebuah proyek do it yourself (DIY), tanpa rencana komersialisasi ataupun data yang menunjukkan efektivitasnya. Namun tetap saja robot ini sangat menarik perhatian.

Related Posts
1 daripada 298

Nama Aigimo sendiri adalah nama bebek yang ada di Jepang, bebek persilangan antara bebek liar dan bebek jinak. Di bagian bawahnya ada dua buat kuas berbahan karet yang berfungsi layaknya kaki bebek. Yaitu untuk menghasilkan oksigen di air dengan memutarnya, serta mencabut rumput liar agar akarnya tak mencapai tanah.

Hal yang menarik dari robot ini adalah bagaimana sebuah teknologi masa kini bisa dipakai dengan sistem pertanian yang sudah ada sejak lama. Bahkan bisa saja Aigamo ini bisa menyelamatkan budaya bertani di Jepang yang kini terus tergerus perkembangan zaman.

Penasaran? Lihat saya video ini guys!

Sayangnya, Pihak Nissan belum mengungkapkan keinginannya untuk memproduksi masal bebek robot ini. Kalopun ada, semoga bakal ada di sawah Indonesia juga ya!