Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Active Puzzle, Bangun Robot Sambil Latih Kemampuan Logika

Generasi masa kini semakin mudah membuat robot, karena memang sejak dini fasilitas untuk membuat robot sudah tersedia. Belajar membuat robot memang semakin mudah dan menyenangkan, anak usia belia pun bisa membuatnya. Active Puzzle adalah salah satu proyek Kicktarter yang menawarkan solusi membuat robot sambil bermain puzzle. Tidak perlu memprogram, cukup pasangkan blok puzzle untuk membentuk robot

Permainan Active Puzzle ini terdiri dari blok-blok puzzle yang masing-masing blok memiliki fungsi berbeda. Satu blok menyimpan baterai dan memasok robot dengan daya, sementara blok lain memegang sensor agar robot dapat melihat obyek di depannya. Demikian seterusnya.
Robot Active Puzzle tidak memiliki CPU, kerjanya dilakukan secara terdistribusi berdasarkan konsep kendaraan Braitenberg. Blok input akan memicu blok output yang berdekatan dengan nilai elektronik yang dimanipulasi oleh blok logika.

Fitur dan Manfaat Active Puzzle

Setiap manusia memiliki berbagai macam kecerdasan dan pengetahuan. Nah, Active Puzzle ini akan melatih keterampilan logika, pemecahan masalah, pengetahuan spasial, belajar sains dan teknologi, inovasi, dan imajinasi. Belajar pun dilakukan sambil bermain dan juga melatih kerja sama tim. Perangkat ini juga bisa dimainkan dan digunakan siapa saja tanpa ada batasan gender.

Active Puzzle
Active Puzzle

Active Puzzle akan meningkatkan keterampilan ilmu pengetauan, teknologi, dan matematika sambil bermain. Anak akan mengembangkan cara berpikir komputasional, logika dan keterampilan memecahkan masalah. Kemampuan pengatahuan spasial pun akan berkembang, serta mendorong kreativitas dan inovasi. Ini merupakan permainan yang menyenangkan bagi seluruh keluarga.

Penerapan Active Puzzle
Penerapan Active Puzzle

Sifat puzzle yang universal membuat Active Puzzle ini begitu sederhana. Kamu bisa membuat Active Puzzel menjadi berbagai macam robot, seperti lampu lalu lintas, maze runner, alarm, dan kipas pintar. Berikut ini adalah salah satu contoh penerapan berupa robot pengendali kelembapan tanah yang menggunakan sensor kelembapan dihubungkan dengan blok Arduino.

Pemantau Kelembapan Tanah
Pemantau Kelembapan Tanah
Pemantau Kelembapan Tanah
Pemantau Kelembapan Tanah

Robot akan berbunyi ketika tanah dalam pot kering. Nilai sensor yang tinggi menandakan kelembapan tinggi, jadi jika ingin buzzer berbunyi ketika kering, logika NOT akan membalik nilai sensor. Kemudian A2D digunakan untuk memilih tingkat kering yang membuat buzzer berbunyi. Active Puzzle cocok bagi orang yang ingin membuat robot dan mempelajari caranya bekerja.
Perangkat ini bisa digunakan untuk mengajar ilmu pengetahuan, teknologi dan matematika. Game ini sangat intuitif dan mudah dipelajari. Ada banyak konsep ilmu pengatahuan dan teknologi yang dapat diajarkan memakai Active Puzzle.

Paket Active Puzzle

Tersedia tiga pilihan paket Active Puzzle, yaitu Invent, Advanced dan School Lab. Berikut adalah rincian masing-masing paket.

Active Puzzle Invent
Active Puzzle Invent

Invent terdiri dari 16 jenis blok berbeda yang dibagi dalam empat kategori, yaitu input, logika, output dan daya. Blok tersebut terdiri dari LED, motor, buzzer, voltmeter, transmitter IR, sensor cahaya, sensor suhu, sensor proksimiti, potensiometer, IR receiver, logika NOT, logika AND, logika OR, insulator, gelombang dan baterai. Pelengkap lainnya mencakup kabel USB, roda dan baling-baling.

Active Puzzle Advanced
Active Puzzle Advanced

Advanced terdiri dari seluruh blok yang ada di paket Invent dengan enam blok tambahan. Blok tambahan tersebut terdiri dari tiga jenis baru, yaitu Arduino, konduktor dan A2D, dan tiga duplikat, yaitu motor, sensor proksimiti, dan baterai. Pelengkap lainnya mencakup 1 kabel USB, dua roda dan dua baling-baling.

Sementara itu School Lab terdiri dari 10 paket Advanced dan satu paket kurikulum digital bagi pengajar. Nah, bagi yang ingin mendukung proyek ini, bisa langsung ikutan jadi penyandang dana di Kickstarter.