Gizmologi
The Bilingual Tech Media

Aplikasi Media Sosial Video Musik “Tik Tok” Merambah Pasar Indonesia

Dengan lebih dari 130 juta pengguna internet yang berkembang drastis 35% dalam satu tahun, Indonesia merupakan pasar yang menggiurkan bagi pelaku industri teknologi. Salah satunya adalah ByteDance Inc, startup asal Tiongkok yang mencoba mengembangkan sayapnya di Indonesia dengan meluncurkan Tik Tok.

Terdengar seperti suara kentongan, tetapi bukan. Tik Tok adalah aplikasi video musik dan jejaring sosial. Di China sendiri, Tik Tok adalah salah satu aplikasi yang pertumbuhan tergolong cepat dengan komunitas video musik terpopuler, berkat teknologinya yang canggih dan mudah digunakan.

Lebih dari 100 kreator dan selebriti menghadiri acara peluncuran yang digelar di Jakarta pada pekan lalu, termasuk aktris Indonesia Salshabilla Adriani dan aktris sekaligus penyanyi asal Thailand Suppanad Jittaleela. Viv Gong, Head of Marketing Tik Tok, mengatakan Indonesia menduduki peringkat ke-6 terbesar di dunia dalam hal jumlah pengguna internet. Karena itu pihaknya melihat kesempatan yang besar di negara ini. Komunitas Tik Tok di China sendiri tengah  tumbuh dengan cepat dan kini mulai merambah pasar Asia, termasuk Indonesia.

Survei berhadiah

“Kami berencana untuk menghasilkan lebih banyak content creator di Indonesia, dengan generasi muda di berbagai tempat yang sudah memiliki alasan untuk merayakan, menciptakan, berbagi. Karena membuat video musik telah menjadi lebih mudah lebih menyenangkan dengan teknologi canggih,” kata Viv Gong.

Tik Tok menjadikan ponsel pengguna sebagai studio berjalan. Aplikasi ini menghadirkan special effects yang menarik dan mudah digunakan sehingga semua orang bisa menciptakan sebuah video yang keren dengan mudah. Melalui kombinasi kecerdasan buatan dan teknologi penangkap gambar, kreasi video akan disederhanakan dan ditingkatkan, di saat bersamaan performa video pun juga turut ditingkatkan.

Special effectsseperti efek shaking and shivering pada video dengan electronic music, mengubah warna rambut, 3D stickers, dan properti lainnya. Sebagai tambahan, kreator dapat lebih mengembangkan bakatnya lagi dengan memasuki perpustakaan musik lengkap di dalam aplikasi.

Didesain agar menjadi teknologi yang mudah digunakan, Tik Tok memungkinkan pengguna untuk secara cepat dan mudah membuat video-video pendek yang unik untuk kemudian dibagikan ke teman teman dan dunia. Memberdayakan pemikiran yang kreatif sebagai bentuk revolusi konten, menjadikan aplikasi ini sebagai wujud tolak ukur baru dalam berkreasi bagi para online content creator di seluruh dunia,terutama Indonesia.

ByteDance sendiri sebagai pengembangan aplikasi Tik Tok membuat algoritma rekomendasi yang dipersonalisasi dengan memanfaatkan kecerdasan buatan. Sehingga bisa memahami preferensi pengguna dan meningkatkan engagement.  Aplikasi mobile Tik Tok versi berbahasa Inggris kini telah bisa diunduh melalui Google Play Store dan Appp Store.

This post is also available in: enEnglish (English)

%d blogger menyukai ini: