Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Huawei Enjoy 20 Pro 5G Gunakan Chipset MediaTek dengan Tiga Kamera 48MP

0 10.588

Huawei baru saja resmikan smartphone 5G terjangkaunya di China. Sebelumnya, diperkirakan jika smartphone ini bakal hadir lebih lama, namun Huawei memutuskan untuk merilisnya lebih dulu. Huawei Enjoy 20 Pro hadir dengan dukungan konektivitas 5G dari chipset MediaTek. Setup kamera belakangnya miliki tiga lensa, sementara desain layar depannya masih gunakan waterdrop notch.

Jika dilihat dari segi desain dan spesifikasinya secara keseluruhan, Huawei Enjoy 20 Pro bisa dibilang sama dengan Huawei Enjoy Z, yang sudah diperkenalkan sejak Mei lalu. Smartphone tersebut adalah yang pertama gunakan chipset MediaTek Dimensity 800 series. Dikutip dari Gizmochina, seri yang baru diperkenalkan ini akan dijual untuk pasar luring atau offline.

Baca juga: Huawei P40 Pro Plus Mendarat di Indonesia, Mulai Rp18 Jutaan

Spesifikasi Huawei Enjoy 20 Pro

Huawei Enjoy 20 Pro

Tren smartphone menengah dengan layar refresh rate tinggi sudah mulai populer di tahun 2020 ini. Huawei juga mengikuti tren tersebut dengan gunakan layar 90Hz pada Huawei Enjoy 20 Pro. Layar ini gunakan panel IPS, dengan resolusi full HD+ dan rasio 20:9. Selain itu, touch sampling rate-nya juga cukup tinggi di 180Hz, menambah responsivitas layar terhadap sentuhan jari.

Mengingat jenis layarnya yang masih IPS, otomatis sensor sidik jari belum bisa diletakkan di dalam layar. Huawei Enjoy 20 Pro menyatukan tombol power dengan sensor sidik jari demi faktor kepraktisan. Keputusan tersebut juga membuat desain back cover terlihat bersih. Smartphone ini hadir dalam empat pilihan warna menarik; Magic Night Black, Dark Blue dan Galaxy Silver.

Pada notch di bagian depan, terdapat sebuah kamera 16MP f/2.0. Sementara di bodi belakangnya, ada tiga kamera dengan besaran resolusi masing-masing 48MP f/1.8 untuk kamera utama, 8MP f/2.4 kamera ultra wide-angle, dan 2MP yang berfungsi untuk menangkap objek jarak dekat. Ketiganya ditemani LED flash serta kemampuan AI untuk tingkatkan hasil foto melalui olah digital.

Smartphone ini menggunakan chipset MediaTek Dimensity 800 yang sudah mendukung jaringan 5G, miliki CPU delapan inti dengan kecepatan tertinggi 2GHz. Terdapat dua pilihan RAM yaitu 6GB & 8GB, dengan penyimpanan internal 128GB. Masih bisa ditambahkan dengan kartu NM card, alias kartu memori khusus untuk smartphone Huawei.

Huawei Enjoy 20 Pro juga masih memiliki jack audio 3,5mm, serta port USB-C yang mendukung fast charging hingga 22,5 watt. Teknologi tersebut bermanfaat untuk isi daya baterai 4.000 mAh pada smartphone ini. Menjalankan EMUI 10.1 berbasis Android 10, tentunya ini akan menjadi salah satu smartphone baru Huawei tanpa kehadiran dari layanan Google.

Harga Huawei Enjoy 20 Pro

Huawei Enjoy 20 ProHuawei Enjoy 20 Pro dijual secara pre-order di China, sementara penjualan perdananya akan dimulai pada 24 Juni mendatang. Varian RAM 6GB dan 8GB dijual masing-masing seharga 1,999 Yuan (Rp4 jutaan) & 2,299 Yuan (Rp4,5 jutaan). Harganya memang sedikit lebih mahal dari Huawei Enjoy Z yang dibanderol mulai Rp3,5 jutaan.

Wajar saja, mengingat smartphone tersebut dijual khusus secara daring. Dengan hadirnya kedua smartphone ini, sepertinya penjualan smartphone Huawei tetap stabil di negara asalnya, meski tidak gunakan layanan dari Google. Pun begitu, Huawei terus berusaha untuk kembangkan daftar aplikasi lokal yang gunakan Huawei Mobile Services, termasuk aplikasi perbankan dan e-commerce di Indonesia.