Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Huawei Enjoy Z, Smartphone 5G Murah dengan MediaTek Dimensity 800

1 2.396

Huawei baru saja merilis sebuah smartphone 5G baru di China. Smartphone ini bukanlah kelas flagship, melainkan seri menengah dan bisa dibilang dapat bersaing dengan Oppo A92s, karena gunakan chipset yang sama persis. Ya, Huawei Enjoy Z 5G adalah smartphone Huawei pertama yang gunakan chipset MediaTek Dimensity.

Hadir dalam empat pilihan warna (Dark Blue, Sakura Snow, Clear Sky & Magic Night Black), ini adalah alternatif menarik bagi yang inginkan smartphone 5G dengan harga yang lebih terjangkau.

Huawei memang serius untuk melengkapi lini seri produknya dengan dukungan 5G, setelah sebelumnya juga telah membawa Huawei P40 Pro dan Huawei Mate XS. Keduanya sudah mendukung 5G lewat chipset Kirin yang digunakan, hanya saja terkunci demi regulasi di tanah air.

Spesifikasi Huawei Enjoy Z 5G

Huawei Enjoy Z 5G

Secara desain, tak ada yang spesial dari Huawei Enjoy Z. Menggunakan desain kaca depan belakang, bagian depannya memiliki layar 6,5 inci dengan desain kamera depan waterdrop notch. Resolusinya full HD+ dan sudah mendukung refresh rate 90Hz plus touch sampling rate 180Hz. Miliki rasio layar ke bodi 91,2%, sidik jarinya diletakkan di samping menyatu dengan tombol power, menandakan layarnya belum gunakan panel AMOLED.

Yang menarik, Huawei tak menggunakan chipset besutan mereka sendiri, melainkan memilih rilisan MediaTek, yaitu Dimensity 800. Diperkenalkan pada awal Januari lalu, MediaTek Dimensity 800 cukup bertenaga dengan arsitektur big.LITTLE octa-core hingga 2GHz. Juga sudah dirancang pada fabrikasi 7nm, membuatnya hemat daya.

Tersedia tiga pilihan kombinasi RAM serta penyimpanan internal; 6/64GB, 6/128GB & 8/128GB. Penyimpanan tersebut bisa ditambah hingga 256GB lewat kartu NM atau NanoMemory card, jenis kartu memori baru yang punya dimensi lebih kecil. Huawei Enjoy Z juga sudah mendukung konektivitas Bluetooth 5.1, dual-band Wi-Fi serta USB OTG.

Jumlah kamera Huawei Enjoy Z tidak sebanyak kompetitor pada umumnya. Tiga kamera belakang masing-masing miliki resolusi 48MP f/1.8, 8MP f/2.4 ultra wide-angle, serta 2MP f/2.4 untuk kamera makro dengan jarak terdekat 4cm. Tanpa stabilisasi optik, Huawei berikan fitur EIS untuk hasil video yang lebih stabil. Disiapkan juga mode malam khusus serta pembesaran digital hingga 10 kali. Sementara kamera depannya beresolusi 16MP f/2.0 dan dilengkapi mode beauty.

Baca juga: Huawei: 5G Miliki Peran Signifikan untuk Hadapi “New Normal”

Di dalamnya terdapat baterai berkapasitas 4.000 mAh dengan dukungan fast charging 22.5 watt. Huawei Enjoy Z menjalankan EMUI 10.1 berbasis Android 10, dengan fitur seperti knuckle screenshot, Bluetooth Easy Connect untuk proses pairing Huawei Freebuds 3 yang instan, dan fitur kolase otomatis pada aplikasi galeri foto.

Harga Huawei Enjoy Z 5G

Huawei Enjoy Z 5G

Huawei Enjoy Z dijual secara pre-order di China lewat e-commerce seperti Vmall dan JD.com, sebelum akhirnya dijual secara massal pada bulan Juni mendatang. Varian termurah dengan RAM 6GB dijual seharga 1699 CNY (Rp3,5 jutaan), sementara seri tertinggi dengan memori 8/128GB selisih sekitar Rp1 jutaan.

Harga tersebut terhitung murah untuk ukuran smartphone 5G dengan fitur-fitur menarik. Sebagai perbandingan, OPPO A92s varian termurah dijual sekitar Rp4,8 jutaan, sementara varian 8GB di Rp5,4 jutaan. Meski layarnya lebih unggul dengan refresh rate 120Hz serta kamera dual punch-hole di depan.