Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Huawei: 5G Miliki Peran Signifikan untuk Hadapi “New Normal”

0 1.041

Istilah “New Normal” makin sering didengungkan sebagai respon terhadap kebiasaan atau perilaku masyarakat yang berubah semenjak pandemi Covid-19. Tak terkecuali Huawei yang telah mengantisipasi dan menganggap 5G memiliki peran penting untuk menghadapi New Normal.

Huawei luncurkan ASEAN Academy sebagai bentuk komitmennya dalam turut meningkatkan sumber daya manusia dan ekosistem digital.Mereka mendukung dioptimalkannya pemanfaatan teknologi dalam turut memerangi COVID-19. Raksasa teknologi ini kebetulan juga berasal dari China, negara yang merupakan episentrum awal virus Corona.

Di ajang Global Analyst Summit yang digelar di Shenzhen (18-12 Mei), sejumlah eksekutif Huawei turut menyampaikan mengenai bagaimana mempercepat pemulihan ekonomi global akibat terjadinya pandemi global virus corona melalui pendayagunaan teknologi-teknologi terdepan, seperti 5G, Cloud dan Artificial Intelligence.

Menurut pandangan Huawei, penerapan 5G memiliki peran yang signifikan dalam memgakomodasi terlaksananya kondisi “New Normal”. Di mana terjadi perubahan secara besar-besaran dalam setiap aktivitas kehidupan manusia di tengah pandemi ini.
Baca: Huawei Ikut Atasi Pandemi COVID-19 Lewat Layanan Berbasis AI

5G untuk Hadapi New Normal

5G Huawei New NormalMenurut Mohammad Rosidi, ICT Strategy and Business Director, Huawei Indonesia, melihat indikasi serta perubahan perilaku selama era “new normal”, masyarakat butuh selalu terkoneksi secara daring selama pandemi COVID-19.

“Maka penting untuk mendukung terimplementasinya 5G. Ketersediaan spektrum menjadi kunci, kami yakin pemerintah berupaya sedemikian rupa untuk memanajemen alokasi spektrum 5G ini,” ujar Mohammad Rosidi di Jakarta (21/05).

Ia menjelaskan, kawasan Asia Pasifik memandang pentingnya dilakukan percepatan dalam pengembangan 5G. Di negara Thailand contohnya, telah dibentuk Komite 5G Nasional yang terdiri dari 26 anggota dan diketuai sendiri oleh Perdana Menteri Thailand, Prayut Chan-o-cha. Perannya sangat signifikan dalam melakukan koordinasi pengembangan 5G dan mendorong pertumbuhan ekonomi digital di negara tersebut.

Di lain pihak, organisasi-organisasi yang bergerak di bidang industri, seperti GSMA menggarisbawahi bahwa peran teknologi 5G begitu krusial dalam memerangi pandemi ini, sekaligus sebagai “tulang punggung” bagi percepatan upaya pemulihan ekonomi bangsa pasca Covid-19. Sudah menjadi pengetahuan umum di industri bahwa TIK dan ekonomi merupakan dua elemen penting yang akan menjadi pilar dalam mendukung proses kerja manusia usai pandemi nanti.