Canggih! Dokter ini Cek Mata Pasien Pakai iPhone 13 Pro Max

Jakarta, Gizmologi – Apple membenamkan fitur kamera makro di iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max. Fitur canggih itu pun dimanfaatkan seorang dokter di San Diego, Amerika Serikat (AS), yang dikabarkan memeriksa mata pasiennya dengan menggunakan mode lensa makro pada iPhone 13 Pro Max.

Dilansir Ubergizmo, Tommy Korn, seorang dokter spesialis mata memanfaatkan fitur kamera makro untuk memeriksa kondisi pasiennya. Lewat hasil foto close-up di iPhone 13 Pro Max, memungkinkan dokter korn untuk mengamati kondisi mata pasiennya usai menjalani transpalansi kornea.

“Telah menggunakan iPhone 13 Pro Max untuk foto mata MAKRO minggu ini. Sungguh mengesankan ini akan jadi inovasi dalam perawatan mata pasien & telemedicine,” tulis dokter korn, Jumat (1/10/2021).

Lewat unggahan foto di LinkedIn, dokter Korn memperlihatkan kondisi mata pasiennya sebelum dan sesudah menjalani perawatan. Menurutnya, fitur makro di iPhone 13 Pro Max bisa menjadi gamechanger dalam mendiagnosis situasi tertentu dengan cepat dan efektif.

Meski begitu, tak sedikit yang meragukan fitur makro di iPhone 13 Pro Max digunakan untuk pemeriksaan mata pasien. Mengingat hasil jepretan foto tersebut telah dioptimalisasi dengan bantuan software, sehingga dikhawatirkan dapat menyebabkan kesalahan diagnosis.

Namun, sejauh hanya memeriksa kondisi pasien dari masa pemulihan operasi, penggunaan mode kamera makro bisa jadi opsi yang sangat berguna. Mengingat dokter, bisa mendapatkan gambaran detail yang cukup untuk diagnosis menyeluruh.

Baca Juga: iPhone 13 Pro Punya Layar ProMotion 120Hz & Setup Kamera Baru

Mode Makro iPhone 13 Pro Max

Foto pemeriksaan mata pasien dengan iPhone 13 Pro Max
Dok foto milik dokter Tommy Korn

Seperti diketahui, Apple iPhone 13 Pro dan 13 Pro Max hadir dengan lensa ultra-wide yang ditingkatkan dengan aperture f/1.8 lebih besar, dan bidang pandang 120 derajat. Alhasil jepretan foto iPhone 13 Pro Max mampu mengambil gambar makro hanya dengan jarak 2 cm.

Pengguna juga dapat menggunakan mode kamera makro dalam pengambilan video termasuk Slo-mo dan Time-lapse. Model iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max juga hadir dengan kamera telefoto 77mm baru, yang memungkinkan pengguna melakukan zoom saat merekam video.

Untuk saat ini, peralihan dari mode standar ke mode makro terjadi secara otomatis ketika ponsel berada sangat dekat dengan subjek. Namun, Apple mengatakan, pengaturan ini akan berubah di masa depan dan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna untuk dapat beralih antar mode secara manual.

 

Tinggalkan komen