Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Resmi Masuk Indonesia, Ini Fitur Unggulan Smartphone Xiaomi Mi A1

Sejak dua minggu terkahir, linimasa media sosial diriuhkan dengan smartphone terbaru Xiaomi Mi A1. Pengguna setia Xiaomi, yang lebih dikenal dengan sebutan Mi Fans, memang fanatik dan “berisik” di media sosial.

Segala hal yang berbau Xiaomi dengan cepat viral. Ternyata berisiknya pengguna Xiaomi tak hanya di media sosial, para Mi Fans terlihat paling heboh saat produk baru Xiaomi tersebut diluncurkan di Indonesia hari ini, tepatnya di The Hall, Senayan City, Jakarta (20/9/2017).

Sebanyak 350 Mi Fans dari 22 kota meneriakkn yel-yel ala suporter sepak bola, lengkap dengan bendera dan spanduk. Mereka begitu antusias menyambut smartphone pertama Xiaomi yang tidak memakai antarmuka MIUI ini.

Smartphone Mi A1 merupakan produk hasil kerjasama antara Xiaomi dengan Google lewat program Android One. Produk ini diluncurkan secara global pada awal September lalu di India, dan dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama sudah diluncurkan di Indonesia.

Menurut Donovan Sung, Director of Product Management & Marketing, Xiaomi Global, peluncuran ini sekaligus menandakan langkah besar Xiaomi di Indonesia. Karena Xiaomi Mi A1 merupakan perangkat “Mi” pertama yang diproduksi di Indonesia dengan menggandeng pabrik perakitan Sat Nusapersada.

Ponsel ini bisa dibanderol dengan harga yang cukup memikat di kelas mainstream yaitu IDR 3.099.000, sedikit lebih mahal IDR 100.000 dibanding kompetitor utamanya Motorola Moto G5S Plus. Xiaomi Mi A1 bisa diperoleh dengan preorder dimulai dari tanggal 25 hingga 30 September, disusul dengan flash sale yang akan dilakukan selama empat hari mulai dari tanggal 2 hingga 5 Oktober di situs belanja Lazada.

Kabar baik lainnya, untuk pertama kali Xiaomi menawarkan garansi selama 15 bulan untuk perangkat Mi A1. Perbaikan perangkat dapat diselesaikan di hari yang sama jika dilakukan di Exclusive Service Center Xiaomi. Sedangkan untuk perbaikan di service center non-eksklusif yang memakan waktu lebih dari tujuh hari kerja, Xiaomi akan mempersiapkan unit pengganti baru tanpa tambahan biaya. Xiaomi saat ini memiliki 42 pusat layanan purna jual di 34 kota di Indonesia dan berencana membuka 14 pusat layanan tambahan di tahun ini.

Nah, apa yang membuat ponsel ini begitu diminati, setidaknya oleh kalangan Mi Fans di Indonesia? Yuk kita cari tahu di sini.

Fitur Unggulan Xiaomi Mi A1

1. Android One

Mi A1 adalah ponsel Android One pertama yang dibesut Xiaomi. Sebelumnya, proyek Google ini lebih membidik kalangan entry level dengan ponsel low-end seperti yang pernah dibesut oleh Evercoss, Mito, Nexian, dan Infinix pada tahun lalu. Selanjutnya, proyek Android One ditingkatkan levelnya menjadi middle-end setelah melihat tren kebutuhan ponsel di kalangan konsumen.

Penggunaan Android One yang berarti murni berbasis Android ini memicu dilema. Karena ponsel Xiaomi telah identik dengan antarmuka MIUI yang sangat disukai kalangan Mi Fans. Kendati demikian, tak sedikit pula yang tertarik mencoba hal baru. Karena dengan memakai sistem operasi yang murni Android, berarti mereka tidak lagi bisa menikmati pengalaman MIUI.

Di sisi lain, kelebihan penggunaan Android One adalah menawarkan antarmuka yang lebih praktis serta dukungan update sistem operasi yang terus diperbarui sekaligus yang pertama. Pihak Google bahkan telah mengkonfirmasi bahwa Mi A1 ini akan menjadi ponsel pertama yang akan menikmati update Android Oreo di tahun 2017 ini, bahkan Android P yang akan diluncurkan tahun depan. Ponsel ini dijanjikan mendapat dukungan pembaruan OS minimal 2 tahun.

Sebagai ponsel Android One, Xiaomi Mi A1 hadir dengan layanan built-in Google Photos yang menawarkan kapasitas penyimpanan foto tanpa batas, kecuali jika pengguna memilih backup dengan ukuran original.

2. Kamera Ganda

Penggunaan dual camera seolah menjadi kewajiban bagi produsen smartphone jika ingin disebut kekinian. Tak  terkecuali dengan Xiaomi yang menyematkan fitur kamera ganda di Mi A1.

Konfigurasi Mi A1 serupa dengan flagship Xiaomi Mi 6 maupun iPhone 7S, walaupun tentu dengan kualitas yang berbeda. Konfigurasinya adalah penggunaan lensa wide angle (bersudut lebar) dan lensa telephoto (lensa tele).

Pada lensa utama, sensor menggunakan piksel besar 1,25µm agar dapat menghasilkan foto yang lebih tajam dan penangkapan cahaya lebik baik. Sedangkan lensa telephoto memiliki fitur 2x optical zoom yang membuat subjek foto agak jauh terlihat jelas, serta fitur 10x digital zoom yang sebenarnya kurang direkomendasikan dalam fotografi.

Related Posts
1 daripada 420

Kedua lensa tersebut memungkinkan Mi A1 untuk memperhitungkan latar depan (foreground) dan latar belakang (background) dari objek, guna menciptakan efek depth-of-field atau lebih dikenal dengan sebutan bokeh. Serta memungkinkan pengguna menghasilkan foto dengan tingkat kejernihan dan ketajaman warna yang lebih baik.

Selain itu, mode Beautify terbaru yang dapat membuat swafoto terlihat lebih natural, kini dapat digunakan baik di kamera depan 5MP maupun kamera ganda belakang 12MP.

3. Desain Istimewa

Xiaomi Mi A1 memiliki desain unibody yang sangat ramping, dengan ketebalan hanya 7,3mm. Body full metal di sekujur tubuh memberikan kesan kokoh sekaligus mewah. Desainnya makin unik dengan garis antena terpisah untuk tampilan yang mulus dan tepian melengkung (rounded edges) untuk genggaman yang lebih nyaman.

Body ponsel yang tersedia dalam tiga pilihan warna Black, Gold, dan Rose Gold ini juga dirancang anti bekas sidik jari agar terlihat tetap bersih.

Bagian depan didominasi oleh layar berukuran diagonal 5,5″ dengan resolusi Full HD serta dilapisi Corning Gorilla Glass untuk melindungi dari goresan. Kacanya menggunakan model lengkung 2,5D yang cocok untuk aktivitas baca, gaming dan nonton video.

Di bagian bawah, terdapat tombol soft key untuk akses menu. Sedangkan di bagian belakang terdapat Dual Camera dan Dual LED Flash, serta sensor sidik jari. Sedangkan di bagian bawah, terdapat port USB Type C.

Tersedia dalam warna Black, Gold, Rose Gold, Mi A1 memiliki desain unibodi dengan material keseluruhan metal yang hanya setebal 7.3mm, serta garis antena terpisah untuk tampilan yang mulus dan tepian melengkung (rounded edges) untuk genggaman yang lebih nyaman. Ponsel ini juga dilengkapi dengan sensor sidik jari di bagian belakangnya.

4. Multimedia Handal

Xiaomi Mi A1 juga menawarkan amplifier daya 10v untuk suara yang lebih tajam dan volume yang lebih tinggi, serta memastikan perangkat ini dapat memberikan pengalaman media yang terbaik. Sebuah amplifier khusus juga memberikan dukungan untuk headphone dengan impedansi tinggi (high-impedance headphones) hingga 600 ohms.

Selain itu, Mi A1 juga memiliki mikrofon di atas dan bawah. Dikombinasikan dengan Fortemedia algoritma pengurang bising, sehingga bisa mendengar dengan jelas bahkan di daerah yang berisik saat menelepon.

Sebagai gimmick, ponsel ini juga dibekali IR (infra red) blaster dengan aplikasi Mi Remote yang bisa menjadi remote control berbagai perangkat elektronik.

5. Dapur Pacu Mumpuni

Ponsel pintar ini didukung oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 625 yang diproduksi melalui proses fabrikasi 14nm. Chipset tersebut diklaim yang terbaik di kelasnya, yang memberikan pengalaman penggunaan lebih mulus dan konsumsi daya lebih efisien. Didukung pula oleh RAM 4GB yang cukup lapang untuk menjalankan berbagai aplikasi dan game sekaligus. Serta memori internal 64GB untuk menyimpan berbagai konten. Xiaomi Mi A1 juga dibekali dengan baterai 3080mAh yang diklaim bisa tahan seharian untuk menjalankan berbagai aktivitas.

Kinerja didukung pula oleh RAM 4GB yang cukup lapang untuk menjalankan berbagai aplikasi dan game sekaligus. Serta memori internal 64GB untuk menyimpan berbagai konten. Xiaomi Mi A1 juga dibekali dengan baterai 3080mAh yang diklaim bisa tahan seharian untuk menjalankan berbagai aktivitas.

Spesifikasi Xiaomi Mi A1

Klik pada gambar untuk melihat spesifikasi lebih detail

General

  • Device Type
    Smartphone
  • Model / Series
    Xiaomi Mi A1
  • Released
    20 September, 2017
  • Status
    Coming Soon
  • Price
    IDR 3.099.000

Platform

  • Qualcomm Snapdragon 625,14nm FinFET
  • CPU
    Octa-core 2,0GHz
  • GPU
    Adreno 506 grafis 650MHz
  • RAM (Memory)
    4GB RAM
  • Storage
    64GB, support micro SD sampai128GB
  • Operating System
    Android OS v7.1.1 (Nougat), upgradable to Android Oreo
  • User Interface
    Android

Design

  • Dimensions
    155,4 x 75,8 x 7,3 mm
  • Weight
    165 g
  • Design Features
    Color: Black, Gold, Rose Gold
  • Battery
    Non-removable Li-Po 3080mAh(typ) / 3000mAh(min)
    Charging 5V / 2A

Network

  • Network Frequency
    2G GSM, 3G WCDMA, 4G LTE

    4G LTE:
    FDD-LTE: B1, B3, B4, B5, B7, B8, B20
    TDD-LTE: B38, B40
  • SIM
    Dual SIM Hybrid (Nano-SIM/MicroSD)
  • Data Speed
    Downlink up to 300 Mbps

Display

  • Screen Type
    LTPS FHD, 16M colors
  • Size and Resolution
    5,5 inci,1920 x 1080 resolusi, 403 PPI, 450nit
  • Touch Screen
    Yes, Multitouch capacitive touchscreen
  • Features
    1000 : 1 rasio kontras

Camera

  • Rear
    Wide angle: 12MP 1,25μm f/2.2, fokus ekuivalen 26mm; Telephoto: 12MP 1.0 μm, f/2.6; fokus ekuivalen 50mm
  • Front
    5MP 1.12μm, f/2
  • Flash
    dual-LED (dual tone) flash
  • Video
    4K / 1080p / 720p video, 30 fps 720p slow-mo video, 120 fps
  • Camera Features
    - Lensa 5-piece
    -2x optical zoom
    - PDAF phase focus

Connectivity

  • Wi-fi Wi-Fi is a popular wireless networking technology using radio waves to provide high-speed network connections that allows devices to communicate without cords or cables, Wi-Fi is increasingly becoming the preferred mode of internet connectivity all over the world.
    802.11a/b/g/n/ac, support 2.4/5G WiFi / Wi-Fi Direct / Wi-Fi Display
  • Bluetooth Bluetooth is a wireless communications technology for exchanging data between mobile phones, headsets, computers and other network devices over short distances without wires, Bluetooth technology was primarily designed to support simple wireless networking of personal consumer devices.
    Bluetooth 4.2/HID
  • USB
    Type-C 1.0 reversible connector (bisa dibolak-balik)
  • GPS GPS The Global Positioning System is a satellite-based radio navigation system, GPS permits users to determine their position, velocity and the time 24 hours a day, in all weather, anywhere in the world, In order to locate your position, your device or GPS receiver must have a clear view of the sky.
    Yes, with A-GPS, GLONASS, Beidou
  • HDMI HDMI (High-Definition Multimedia Interface) is a compact audio/video interface for transferring uncompressed video data and compressed or uncompressed digital audio data from a HDMI-compliant source device to a compatible computer monitor, video projector, digital television, or digital audio device.
    No
  • NFC NFC (Near field communication) is a set of standards for smartphones and similar devices to establish peer-to-peer radio communications with each other by touching them together or bringing them into proximity, usually no more than a few inches.
  • Infrared Infrared connectivity is an old wireless technology used to connect two electronic devices. It uses a beam of infrared light to transmit information and so requires direct line of sight and operates only at close range.
    Yes

Smartphone Features

  • Multimedia Features
    MP4, M4V, MKV, XVID,
    WAV, AAC/ACC+/eAAC+, MP3, AMR-NB/WB, FLAC, PCM
  • Web Browser Web Browser => a web browser is a software application used to locate, retrieve and display content on the World Wide Web, including Web pages, images, video and other files, The primary function of a web browser is to render HTML, the code used to design or markup webpages.
    HTML 5 with Android Browser, Google Chrome
  • Messaging
    SMS (threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
  • Sensors Sensors are electronic components that detects and responds to some type of input from the physical environment. The specific input could be light, heat, motion, moisture, pressure and location, The output is generally a signal that is converted to use in computing systems, a location sensor, such as a GPS receiver is able to detect current location of your electronic device.
    Infrared, Sensor cahaya ambient, Giroskop, Sensor hall, Accelerometer, Sensor sidik jari, Sensor jarak (Proximity)

This post is also available in: enEnglish (English)