alexa

Xiaomi Mi Notebook Pro & Ultra Tampil Premium, Harga Mulai Rp11 Jutaan

India, Gizmologi – Xiaomi, sebuah vendor yang kini telah merilis produk ekosistem cukup lengkap termasuk di Indonesia, baru saja meresmikan produk berjenis laptop pertamanya untuk konsumen Tanah Air. Hadir dalam kelas entry-level, kini Xiaomi tawarkan opsi yang lebih premium. Dengan diperkenalkannya seri Mi Notebook Pro & Ultra.

Sayangnya, baik Mi Notebook Pro & Mi Notebook Ultra baru diresmikan di India. Ya, nampaknya Xiaomi Indonesia masih belum percaya diri untuk hadirkan penawaran laptop dengan spesifikasi lebih tinggi. Berbeda seperti realme Book yang bermain di harga Rp10 jutaan, atau Infinix mulai Rp5 – Rp10 jutaan dengan INBook X1 series.

Tidak ada salahnya, dan mungkin setelah RedmiBook, Xiaomi Indonesia juga bakal mengikuti langkah serupa seperti di India. Dengan harga yang lebih mahal, baik Mi Notebook Pro & Ultra tampil dalam bodi yang serupa. Sama-sama gunakan material aluminum alloy dan hadir dalam satu warna saja, yaitu grey.

Baca juga: Laptop Xiaomi RedmiBook 15 Rilis Perdana di Indonesia, Harga Rp6 Jutaan

Mi Notebook Pro punya bobot sedikit kurang dari 1,5 kilogram dengan ketebalan 17,3mm, sementara varian Ultra lebih berat di 1,79 kilogram, serta 0,6mm lebih tebal. Hal tersebut dikarenakan spesifikasi internal yang lebih maksimal. Apa saja bedanya?

Perbedaan Mi Notebook Pro & Mi Notebook Ultra

Xiaomi Mi Notebook Pro & Mi Notebook Ultra

Antara Mi Notebook Pro dan Ultra, Xiaomi berikan pilihan panel layar serta kapasitas baterai yang berbeda. Untuk varian Pro, disematkan layar 14 inci beresolusi 2.5K (2560 x 1600 piksel) dengan kerapatan 215ppi, aspek rasio 16:10, serta kecerahan hingga 300 nits.

Layar tersebut sudah mendukung teknologi DC dimming, cakupan warna 100% sRGB, serta sertifikasi dari TUV Rheinland untuk kesehatan mata. Lalu varian Ultra punya layar lebih besar di 15,6 inci, resolusi 3.2K, sampai refresh rate 90Hz. Poin spesifikasi lainnya untuk layar masih sama.

Xiaomi Mi Notebook Pro

Sama-sama mendukung sistem fast charging 65 watt, baterai Mi Notebook Pro punya kapasitas yang sudah cukup besar di 56WHr. Mengingat varian Ultra berdimensi lebih besar, tentu saja kapasitasnya ikut membesar, mencapai 70WHr dan diklaim bisa digunakan sampai 12 jam.

Keduanya dilengkapi dengan keyboard full-size yang punya lampu backlit tiga tingkatan. Sementara untuk bagian konektivitas juga tak ada beda, sama-sama berjumlah 5 buah; USB-C PD, USB-C Thunderbolt 4, USB-A 3.2 Gen 1, USB-A 2.0 dan HDMI. Tentunya ditambah jack audio 3,5mm.

Hadir Hingga Opsi Intel Core i7, Harga Bersaing

Xiaomi Mi Notebook Pro

Xiaomi tak jelaskan teknologi mikrofon dengan spesifik, kecuali speaker stereo 2 watt yang mendukung efek DTS Audio. Untuk faktor keamanan, baik Mi Notebook Pro & Ultra sama-sama punya tombol power yang terpisah dari keyboard, dan berfungsi ganda sebagai sensor sidik jari. Sama seperti realme Book.

Juga sama-sama tersedia dalam opsi Intel Core 11th Gen, baik Core i7-11370H dengan clock speed maksimum 4,8GHz serta Core i5-11300H dengan clock speed 4,4GHz. Meski tak ada opsi GPU tambahan, setidaknya kartu grafis bawaan Intel Xe sudah cukup powerful.

Terdapat opsi RAM 8/16GB 3200MHz, sementara untuk penyimpanannya, digunakan SSD berjenis NVMe dengan satu ukuran kapasitas saja, yaitu 512GB. Baik Mi Notebook Pro maupun Ultra sama-sama dirancang Windows 11 ready, bisa upgrade secara gratis saat tersedia nantinya.

Dengan spesifikasi yang lebih garang termasuk konektivitas Wi-Fi 6, berapa harga laptop premium Xiaomi yang baru saja diresmikan di India ini? Varian termurah Mi Notebook Pro versi i5/8GB dibanderol seharga INR56,999 (Rp11,1 jutaan). Sementara untuk versi yang sama, Mi Notebook Ultra bisa ditebus seharga INR59,999 (Rp11,7 jutaan).

Harga yang cukup bersaing bila bisa ikutan masuk ke Tanah Air, tentunya bakal melawan realme dan Infinix, spesifik untuk Mi Notebook Pro yang sama-sama punya layar 14 inci. Bakalan rilis resmi tidak ya?

Tinggalkan komen