Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Kingston DC1000M U.2, SSD Andal untuk Data Center Perusahaan

0 148

Apakah kamu familiar dengan merk Kingston? Kalau kamu besar dengan ponsel Nokia Symbian yang pakai kartu memori tambahan, besar kemungkinan merk memori tersebut adalah yang satu ini. Ya, Kingston dikenal sebagai produsen memori terkemuka di dunia, juga menyediakan solusi teknologi lainnya.

Kali ini Kingston mengumumkan perilisan dari produk pusat data baru mereka, Kingston DC1000M U.2 NVMe PCIe SSD. Produk ini dirancang untuk mendukung kebutuhan beban kerja perusahaan yang memiliki data intensif, diklaim memberikan I/O konsisten serta latensi rendah.

“Servis mission critical dan aplikasi berbasis cloud tidak hanya bergantung pada IOPS dan bandwidth berkecepatan tinggi, tetapi juga pada konsistensi dan prediktabilitas data yang diberikan,” kata Keith Schimmenti, Enterprise SSD Business Manager, Kingston.

Dijelaskan lebih lanjut,  DC1000M mampu berikan stabilitas dan latensi rendah untuk pusat data yang berkembang, sambil memberi daya pada beban kerja yang butuh daya tahan satu drive untuk rekam data per hari atau 1 DWPD.

Keunggulan Kingston DC1000M Enterprise SSD

Kingston DC1000M

Kingston DC1000M mampu mengatasi beban kerja seperti komputasi cloud, hosting web, infrastruktur virtual, kecerdasan buatan dan aplikasi deep learning termasuk komputasi kinerja tinggi (HPC). Produk ini hadir dengan boot drive yang baru saja dirilis, yaitu DC1000B NVMe, serta SSD SATA Vmware Ready untuk memberikan rangkaian solusi penyimpanan data center kelas perusahaan yang paling lengkap di pasaran.

Terdapat SSD seri DC500 yang dibuat khusus untuk membaca data dan beban kerja yang beragam, serta DC450R untuk rangkaian solusi penyimpanan pusat data kelas perusahaan, paling lengkap di pasaran.

Baca juga: ASUS ROG Strix Arion, Enklosur SSD Eksternal Praktis untuk Gamer

Pengguna yang masih menggunakan SATA/SAS SSD akan merasakan kecepatan data yang lebih cepat dengn latensi lebih rendah ketika berpindah menggunakan Kingston DC1000M dengan drive NVMe. Perangkat ini menawarkan antarmuka Gen 3.0 x4 NVMe PCIe dengan performa tinggi, memberikan hingga 540K IOPS untuk kinerja baca random, dan kecepatan data lebih dari 3GB/s. Produk ini juga dirancang dengan persyaratan QoS yang ketat guna memastikan kinerja IO random serta latensi dapat diprediksi pada berbagai beban kerja server.

Harga Kingston DC1000M

Kingston DC1000M 7,68TB

Kingston merilis DC1000M dalam berbagai kapasitas, mulai dari 960GB, 1,92TB, 3,84TB hingga 7,68TB. Untuk kapasitas terkecil, Kingston memasang harga USD 356 atau sekitar Rp5,5 jutaan. Sementara varian dengan kapasitas 7,68TB belum diumumkan banderol harganya. Perangkat ini memakan daya kurang dari 6 watt pada saat idle, hingga rentang 9,8 – 17,9 watt bergantung dari kapasitas yang dipilih.

Terdapat fitur Power Loss Protection (PLP) secara onboard, berfungsi untuk menurunkan kemungkinan hilangnya data ketika aliran daya mengalami gangguan. Untuk layanan purnajual, Kingston memberikan garansi hingga lima tahun, dukungan teknis gratis serta jaminan kualitas produk yang sudah legendaris ini.