Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

ASUS ROG Cetra, Earphone USB-C dengan Active Noise Cancellation

0 1.149

Lewat Republic of Gamers (ROG), ASUS tak hanya merilis perangkat PC ataupun ponsel yang dibuat khusus untuk gaming, melainkan sebuah ekosistem yang juga meliputi aksesoris, termasuk perangkat audio. Tak hanya headset ROG Theta 7.1, ASUS juga meluncurkan ROG Cetra, sebuah earphone yang didesain untuk penggunaan mobile.

Berjenis earphone, tentunya ROG Cetra jauh lebih praktis untuk dibawa dan dipakai ketika sedang bepergian, menjadi solusi yang lebih baik jika kamu merupakan mobile gamers dengan perangkat portable yang kini kemampuannya sudah mendukung berbagai macam game menarik. Melihat gaming dengan perangkat mobile sudah semakin populer menjadikan alasan ASUS rilis aksesori ini.

Baca juga: ASUS ROG Theta 7.1, Headset Gaming Premium Berteknologi AI

Spesifikasi ASUS ROG Cetra

ASUS ROG Cetra

ROG Cetra adalah earphone berjenis earbud, menyuguhkan kemampuan headphone gaming dalam paket yang lebih mungil. Perangkat ini diklaim juga memiliki suara bass yang kuat serta audio yang dioptimalkan, dengan teknologi ASUS Essence driver 10mm yang membuat setiap detail kecil dalam suara bisa terdengar jelas.

Untuk memastikan penggunaan yang presisi, ASUS menyertakan paket yang sangat lengkap dalam penjualannya. Ada tiga set silicone tip yang bisa dipilih sesuai dengan ukuran telinga, tiga ukuran ear fin agar tidak mudah lepas, plus sepasang foam tip tambahan. Semuanya bisa tersimpan rapih dalam carrying case atau tas eksklusif ROG untuk memudahkan saat dibawa-bawa.

Mengingat beberapa perangkat seperti ponsel flagship sudah tak lagi memiliki jack audio 3,5mm, ASUS memutuskan untuk menggunakan port USB-C pada ROG Cetra, demi kompabilitas yang lebih maksimal. Dengan begitu, kamu dapat menggunakan earbud ini ke ponsel seperti Google Pixel terbaru, Samsung Galaxy S20 series ataupun perangkat konsol portabel seperti Nintendo Switch.

Penggunaan port USB-C juga memungkinkan ASUS ROG Cetra untuk transmisi data serta pengiriman daya yang lebih optimal. Dengan begitu, ROG Cetra bisa menghadirkan fitur seperti Active Noise Cancellation (ANC) dan Ambient Mode, agar pengalaman bermain game minim gangguan ataupun distraksi ketika sedang di tempat umum.

ANC & Ambient Mode di ASUS ROG Cetra

ANC secara khusus menargetkan frekuensi rendah dan menengah yang membantu menghilangkan sebagian besar kebisingan lingkungan, serta suara orang-orang yang berbicara di sekitar. Fitur ini dapat diaktifkan secara mudah melalui sebuah tombol. Sedangkan Ambient Mode bisa diaktifkan ketika pengguna ingin menghilangkan suara kebisingan, tetapi tetap mendapatkan peringatan seperti panggilan jadwal transportasi umum.

Selain tombol untuk mengaktifkan fitur ANC dan Ambient Mode, ada juga tiga tombol khusus untuk play/pause, skip lagu, kontrol volume dan menjawab panggilan telepon. Mikrofon omni-directional pada ASUS ROG Cetra didesain agar pengguna dapat berkomunikasi dengan jelas oleh teman satu tim ketika sedang bermain game. Terdapat juga sebuah lampu LED yang akan menyala atau berkedip ketika salah satu mode sedang digunakan.

ASUS ROG Cetra sudah dijual di pasaran dengan harga ritel Rp1,55 juta. Perangkat ini tentunya kompatibel dengan hampir semua jenis elektronik seperti ponsel, Nintendo Switch, PC maupun perangkat Mac. Dengan panjang kabel 1,25 meter dan bobot ringan 29 gram, ROG Cetra cocok untuk menjadi solusi bagi para mobile gamers.


Beli perangkat ASUS di:

Lazada Blibli Shopee