Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Mirip Apple HomePod, Huawei Sound X Mengusung Audio Berkualitas Premium

0 273

Bersamaan dengan rilis smartphone flagship Huawei P40 series pada 26 Maret 2020, Huawei juga merilis wireless speaker terbaru. Produk tersebut adalah HUAWEI Sound X yang dikembangkan bareng Devialet. Speaker nirkabel yang konsep dan desainnya mengingatkan pada Apple HomePod ini diklaim mengubah teknologi akustik premium dengan audio merdu yang berkesan.

Sebagai wireless speaker andalan pertama yang dibuat raksasa telekomunikasi Tiongkok, HUAWEI Sound X memadukan estetika premium dengan teknik pembuatan luar biasa. Produk ini meraih “iF Design Award 2020” di Jerman atas tampilannya yang istimewa.

Devialet sendiri termasuk dalam tiga besar merek audio global yang memiliki reputasi atas produk-produk High-Fidelity premium. Perusahaan audio asal Perancis ini telah meraih 76 penghargaan dan 160 paten teknologi, berkat berbagai produk inovatif berdaya besar dan kinerja tinggi dalam ukuran ringkas.
Baca juga: Tips Memilih Perangkat Audio Berkualitas

Kehadiran HUAWEI Sound X diklaim mencerminkan era baru bagi audio premium dan desain speaker dengan ciri khas suara yang menggugah saat mendengarkan musik. Penasaran seperti apa? Simak ulasannya di bawah ini.

Desain Huawei Sound X

Huawei Sound X AudioMeraih penghargaan iF Design, HUAWEI Sound X jelas memiliki tampilan desain yang istimewa. HUAWEI Sound X memiliki desain ramping berwarna hitam, serta menghasilkan audio yang kelihatannya berasal dari sumber suara tanpa dasar. Meski demikian, tak bisa dimungkiri bahwa produk ini ada kemiripan konsep dengan Apple HomePod. Tapi itu sudah biasa, desain Apple memang sering menjadi inspirasi atau benchmark produsen lain.

Dari segi bahan, perangkat audio ini terbuat dari bahan polikarbonat yang lebih tahan-benturan. Ia menawarkan 6 driver lengkap yang memberikan efek suara 360 derajat. Menariknya lagi, Sound X dirancang anti percikan serta anti debu sehingga lebih aman dibawa bepergian.

Bagian utama dibuat berkilauan dan dirancang dengan memanfaatkan proses non-conductive vacuum electroplating yang mutakhir. Hal ini bertujuan untuk menjamin mutu transmisi dan penerimaan sinyal. Lebih lagi, indikator tiga warna RGB bersinar di bagian atas, dan memancarkan cahaya di ruangan sekitar.

Sejumlah merek speaker nirkabel rumahan kerap berupaya menjaga kinerja bas dengan membuat produk besar dan berat. Alih-alih, HUAWEI Sound X menjadi solusi elegan atas dilema tersebut, yakni memakai dual subwoofer yang menghadirkan dentuman bas 60 W. Hasilnya, desain bodi tetap ringkas dan praktis untuk penggunaan setiap hari dan segala fungsi. Unit bas yang inovatif dan kelihatan menciptakan kesan visual yang awet dan cocok dengan resonansi audio.

Teknologi Audio Huawei Sound X

HUAWEI Sound X dilengkapi dengan teknologi signal-processing SAM (Speaker Active Matching) dan struktur simetris Push-Push ikonis buatan Devialet. Perangkat ini memainkan musik sesuai dengan audio aslinya, dan menyajikan detail yang disukai pencinta audio dalam bentuk produk yang tahan guncangan.

SAM memperkenalkan algoritma kompensasi yang efisien, dan mampu menyesuaikan sinyal keluaran sehingga cocok dengan karakteristik speaker tertentu dan mengurangi distorsi suara. Hasilnya, saat kita mendengarkan Sound X, kita terbawa ke suasana yang dimunculkan musik tersebut.

Struktur Push-Push menempatkan dua speaker berdaya besar secara simetris. Dengan demikian, vibrasi back wave yang dihasilkan saling meniadakan. Artinya, posisi produk tetap bergeming bahkan ketika dinding speaker bergetar akibat dentuman nada bas.

Sederet produk tersebut menghambat suara latar hingga ke tingkat yang menakjubkan. Produk-produk ini juga menghasilkan suara tanpa gangguan bahkan ketika volumenya mencapai titik maksimum, dan menghadirkan vibrasi dengan nada rendah yang benar-benar dapat dirasakan pendengar.Harga Huawei Sound X

Konektivitas Huawei Sound X

Huawei Sound X dirancang untuk mempermudah interaksi dengan sejumlah perangkat canggih yang berada di sekitar pendengar. HUAWEI Sound X memainkan audio lewat Wi-Fi, sebuah proses yang mengurangi kompresi data secara drastis dan jeda (lag) yang lebih rendah atau isu latensi ketimbang transmisi Bluetooth. Fitur ini terwujud berkat teknologi yang dikembangkan HUAWEI yaitu Multi-Device Control Panel EMUI 10.1. Lagi-lagi, fitur ini menyerupai Apple Airplay.

EMUI 10.1 sanggup meneruskan audio bermutu tinggi, baik dari sambungan internet atau perangkat lokal yang berasal dari speaker Sound X, ke Ponsel Pintar HUAWEI. Pengguna dapat mengakses menu utama dari ponsel pintar, lalu memilih Sound X untuk memainkan audio lossless mana pun, serta meningkatkan pengalaman mendengarkan musik. Sebagai catatan, fitur ini akan diluncurkan pada musim panas 2020.

Produk speaker ini juga dilengkapi fitur “Huawei Share” untuk menghemat waktu pengguna saat melakukan sambungan nirkabel atau Bluetooth. Sebaliknya, Anda dapat dengan mudah mengetuk menu NFC pada ponsel dan menghadapkannya ke Sound X. Hasilnya, audio yang nyaring bisa dimainkan tanpa jeda. Atau, jika ingin menjawab panggilan telepon pada Sound X, pengguna bisa beralih ke moda telepon dengan ketukan tangan.

Sayangnya, belum ada informasi mengenai harga jual dan kapan perangkat ini tersedia di pasar. Kita tunggu saja ya, Gizmolovers.


Beli smartphone Huawei di:

SHOPEE BLIBLI LAZADA ERASPACE  JD.ID