alexa

Xiaomi FlipBuds Pro, TWS Sejutaan dengan 3 Mode ANC Canggih

Karena banyaknya permintaan akan perangkat wearables berjenis true wireless stereo (TWS), pabrikan elektronik hingga IoT, Xiaomi akhirnya memperkenalkan sebuah lini terbaru untuk earphone nirkabel mereka, FlipBuds. Produk pertamanya, Xiaomi FlipBuds Pro, hadir sebagai penawaran terbaik alias flagship. Punya desain earphone yang terlihat familiar alias mirip perangkat lainnya.

Ya, apalagi kalau bukan AirPods Pro. Namun rasanya memang wajar, karena bukan Xiaomi saja yang melakukan hal ini. Desainnya pun dibuat sedikit berbeda—Xiaomi gunakan proses pewarnaan khusus dengan lapisan nano NCVM coating. Tampil dengan warna hitam glossy, menjadi satu-satunya opsi warna, setidaknya ketika diluncurkan.

Pembeda lainnya juga ada pada desain charging case yang dibuat lebih pipih dan membulat, memiliki warna senada dengan earphone. Yang diunggulkan Xiaomi pada FlipBuds Pro kali ini adalah konektivitasnya. Fitur active noise cancellation (ANC) dibuat lebih lengkap, punya masa pemakaian total yang cukup lama, serta dukungan untuk tersambung bersamaan dengan unit lain dalam satu smartphone.

Baca juga: Xiaomi Mi 11X Series Bawa Layar 120Hz dan Chipset Snapdragon Seri 800

Keunggulan Xiaomi FlipBuds Pro

Xiaomi FlipBuds Pro

Ditargetkan untuk segmen premium, tentunya kualitas suara perangkat ini juga diunggulkan. Bekerjasama dnegan Qualcomm, Xiaomi FlipBuds Pro memiliki diameter driver sebesar 11mm di tiap earbud-nya, dirancang ‘ultra dinamis’. Cip audio QCC5151 dari Qualcomm hadir secara eksklusif, diklaim sangat hemat daya serta mendukung mode latensi rendah.

Sehingga selain untuk mendengarkan musik dalam kualitas terbaik, FlipBuds Pro juga cocok untuk bermain gim. Mendukung Bluetooth 5.2, perangkat ini punya fitur unik. Selain seamless connection alias bisa tersambung dan berpindah dari dua perangkat secara mudah, terdapat fitur di mana kamu bisa memasangkan satu smartphone ke dua pasang FlipBuds Pro yang sama.

Xiaomi FlipBuds Pro

Masing-masing earbud dilengkapi sensor sentuh dengan pintasan persis seperti AirPods Pro; sentuh dan tahan untuk mengganti mode ANC, sentuh sekali untuk menerima telepon dan memutar lagu, serta menekan bagian stem dengan dua jari untuk skip lagu maupun tutup telepon. Fitur ANC-nya juga dibuat spesial, hadir dalam tiga mode berbeda.

Kalau Galaxy Buds Pro bisa diatur tingkatan transparansinya, Xiaomi FlipBuds Pro hadir dalam tiga mode ANC berbeda; mode sehari-hari (daily), mode kantor (office) dan travel khusus untuk penggunaan di dalam pesawat. Opsi ini akan muncul secara otomatis di smartphone Xiaomi dengan MIUI terbaru. Sementara pengguna Android lain harus menggunakan aplikasi XiaoAI untuk memilihnya.

Juga terdapat tiga mikrofon di tiap earbud yang punya fungsi berbeda; satu untuk menangkap suara pengguna, satu lagi untuk menangkap suara latar dan menghapus/mengisolasinya (bekerja sebagai noise reduction), dan yang terakhir untuk memastikan agar suara pengguna tidak terhalang oleh noise. ANC-nya sendiri diklaim bisa berikan peredaman sampai 40dB—noise dalam sebuah perpustakaan.

Mendukung Fast Charging, FlipBuds Pro Sudah Dijual di China

Xiaomi FlipBuds Pro

Menjadi TWS premium, Xiaomi FlipBuds Pro mendukung pengisian daya lewat kabel USB-C maupun secara nirkabel. Dukungan fast charging diberikan oleh Xiaomi, di mana earphone TWS satu ini bisa digunakan hingga 2 jam dalam waktu pengisian 5 menit saja. Sementara untuk mengisinya hingga penuh, hanya butuh waktu sekitar 35 menit.

Lantas berapa total waktu penggunaannya? Tanpa ANC, bisa bertahan hingga 7 jam non-stop dengan total waktu 28 jam. Sementara bila ANC aktif, durasi masing-masing bakal turun ke 5 jam dan 22 jam. Masih tergolong oke, alias rata-rata TWS yang punya fitur serupa.

Sudah dijual lewat situs resminya di China, Xiaomi FlipBuds Pro saat ini hanya tersedia dalam opsi warna hitam. Meski hadir sebagai flagship, harganya tergolong murah, hanya CNY799 atau sekitar Rp1,7 jutaan. Tak sampai harga AirPods biasa atau pun setengah harga dari AirPods Pro.

Tinggalkan komen