Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Mengenal Hape Online, Ponsel 4G LTE Harga Rp449 Ribu Besutan Indosat dan Advan

1 2.740

Harga ponsel 4G LTE bakal semakin terjangkau. Jika sebelumnya hanya menjadi domain smartphone dengan harga Rp1 juta ke atas, maka dalam waktu dekat merambah ke feature phone. Inisiatif ini dilakukan oleh Indosat Ooredoo yang berkolaborasi dengan Advan meluncurkan Hape Online, ponsel berkemampuan 4G LTE yang dipavsarkan dengan harga hanya Rp449 ribu.

Radhia Bendhifi, Head Retail & Device Management Indosat Ooredoo memberikan alasan mengapa menghadirkan perangkat ini. Menurutnya, saat ini pangsa pasar feature phone cukup stabil dan memiliki banyak peminat. “Indosat ingin mengambil peluang ini untuk mendorong pertumbuhan jumlah pelanggan sekaligus migrasi pelanggan ke 4G,” katanya.

Hal ini juga tak lepas dari perilaku masyarakat di era digital yang semakin suka online, di mana layanan media sosial dan aplikasi pesan instan yang paling diminati. Sehingga mendorong operator penyedia jasa telekomunikasi dan perangkat cerdas deuntuk berinovasi dalam menghadirkan pengalaman yang terbaik bagi penggunanya.

Sementara Hendri Mulya Syam, Chief Sales & Distribution Indosat Ooredoo mengatakan bahwa peluncuran Hape Online tersebut juga merupakan bagian dari perusahaan untuk mendukung pemerataan digital di seluruh Indonesia. “Dengan sistem operasi KaiOS yang memiliki harga hemat serta banyak keunggulan bagi pelanggan, kami harap langkah ini akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat sehingga dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia,” ujar pria yang sebelumnya berkarir di Telkomsel ini.

Baca juga : Internet 101, Upaya Indosat dan Facebook Atasi Kesenjangan Digita

Fitur dan Spesifikasi Hape Online

Hape Online
Ki-Ka: Chief Marketing Officer Indosat Ooredoo, Ritesh Kumar Singh; GM Marketing Advan, Aria Wahyudi
Direktur Operasional Advan, Chandra Tansri
Chief Sales & Distribution Officer Indosat Ooredoo, Hendri Mulya Syam; SVP – Head of Retail & Device Management, Radhia Bendhifi, saat meluncurkan Hape Online di Solo (11/12).

Hape Online adalah sebuah feature phone 4G yang diproduksi oleh produsen ponsel lokal Advan. Ponsel basic ini berbasis sistem operasi KaiOS yang meski sederhana, namun mampu menghadirkan aplikasi populer seperti Facebook, Twitter, Whatsapp, Google Map, dan Asisten Google.

Dilihat dari bodinya, tampak seperti feature phone pada umumnya. Dengan ukuran yang ramping, layar mungil disertai keypad numerik yang memudahkan penggunanya untuk menelepon. Tapi jika pengguna lebih banyak mengetik melalui pesan instan ataupun media sosial, mungkin bakal lebih lama karena keterbatasan tombol.

KaiOS sendiri merupakan OS berbasis Linux, yang dimiliki oleh perusahaan berbasis di AS, KaiOS Technologies.

Perangkat dengan sistem operasi KaiOS juga bisa digunakan untuk mengakses berbagai aplikasi seperti WhatsApp, Google Assistant, Facebook, YouTube, dan Google Maps dan juga dilengkapi KaiStore, yang menyediakan akses ke lebih dari 200 aplikasi sehari-hari dari penyedia konten lokal maupun internasional dan akan terus bertambah.

Saat ini KaiOS menempati urutan ke-tiga sebagai sistem operasi ponsel terbesar di dunia, dan digunakan di lebih dari 100 juta ponsel di Eropa, Afrika, Asia dan Amerika.

Dapur pacunya memakai chipset MediaTek MT6731, yang dipadukan dengan RAM 512MB dan ROM 4GB. Layarnya berukuran 2,4 inci dengan resolusi QVGA. Ponsel ini juga sudah dilengkapi kamera depan dan belakang beresolusi masing-masing 0,3MP dan 2MP. Sangat minim untuk fotografi. Tapi dengan harga segini memang tak bisa berharap banyak.

Untuk jaringan, ponsel ini mendukung jaringan 2G (B3/B8), 3G (B1/B8), dan 4G (B1/B3/B5/B8) dan VoLTE. Ponsel ini juga dilengkapi dengan Bluetooth 4.0 dan dapat difungsikan menjadi mini Wi-Fi.

Harga Hape Online

Selain itu, Hape Online secara otomatis dibundle dengan paket Freedom Combo dari IM3 Ooredoo. Dari segi keuntungan, pelanggan akan mendapatkan kuota internet gratis 1GB/bulan dan gratis nelpon ke sesama pelanggan IM3 Ooredoo yang dapat dinikmati selama 24 jam. Pelanggan cukup melakukan isi ulang pulsa Rp10.000 untuk memastikan masa aktif kartunya, namun pulsa tidak akan terpotong untuk keuntungan tersebut.

Baca juga : Advan Nasa, Smartphone Entry Level Bagi yang Aktif di Media Sosial

Manfaat ini dapat dinikmati selama 12 bulan terhitung dari tanggal pembelian. Saat ini pelanggan bisa mendapatkan Hape Online – 4G Smart Feature Phone dengan paket bundling IM3 Ooredoo ini di Medan, Pekanbaru, Lampung, Jawa Barat, Jawa Timur, Palu, dan Makassar mulai 28 Desember 2019.