Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Fujifilm X-T4 Diresmikan di Indonesia, Berikut Spesifikasi & Harganya

0 3.495

Baru saja diperkenalkan secara global, PT Fujifilm Indonesia langsung turut meresmikan lini kamera digital mirrorless mereka, Fujifilm X-T4, yang bakal menjadi flagship untuk lini Fujifilm X-series. Lewat sebuah acara di sekitaran Kuningan (27/2), Fujifilm secara langsung menunjukkan X-T4 kepada rekan media, sekaligus mengumumkan ketersediaan serta harga resminya di Indonesia.

Secara keseluruhan, Fujifilm menghadirkan tiga fitur baru serta tiga fitur yang ditingkatkan, membuat X-T4 semakin layak dilirik untuk fotografer maupun videografer profesional. Acara dimulai dengan sambutan dari Noriyuki Kawakubo, President Director, Fujifilm Indonesia. Beliau sangat antusias untuk merilis kamera ini untuk pasar Indonesia, dan tak sabar agar konsumen di Indonesia bisa segera mencoba kehebatan dari kamera terbarunya.

IBIS, Shutter Unit & Baterai Baru di Fujifilm X-T4

Fujifilm X-T4
Noriyuki Kawakubo, President Director, Fujifilm Indonesia dan Johannes J. Rampi, General Manager Electronic Imaging & Consumer Printing Division, Fujifilm Indonesia dalam acara peluncuran Kamera Fujifilm X-T4.

Salah satu fitur baru yang dimiliki Fujifilm X-T4 adalah In-Body Image Stabilization atau IBIS. Sebelumnya, fitur ini hanya tersedia di Fujifilm X-H1, dan Fujifilm mampu menyajikannya dalam dimensi yang 30% lebih kecil, namun punya deteksi gerakan yang lebih akurat hingga 8 kali. IBIS pada X-T4 memberikan stabilisasi gambar 5-axis hingga 6,5 stop (ketika digunakan dengan lensa XF/XC tertentu), menggunakan bahan baru untuk bagian dasar, struktur penyerap goncangan rana, serta sensor gyro.

Unit rana (shutter unit) mekanikal yang digunakan oleh Fujifilm X-T4 juga diklaim mampu mengambil gambar secara cepat (burst shot) hingga 15fps, tercepat untuk kamera digital mirrorless APS-C saat ini. Daya tahannya juga ditingkatkan dua kali lipat dengan 300 ribu gerakan, dan suara rana 30% lebih senyap dari generasi sebelumnya, X-T3.

Lalu di sisi baterai, Fujifilm X-T4 menggunakan baterai baru NP-W235 yang punya kapasitas 2200 mAh, lebih besar sekitar 1,5 kali lipat dari X-T3. Baterai tersebut mampu digunakan untuk mengambil hingga 500 foto dalam mode normal (600 untuk mode economy). Dengan pegangan baterai (battery grip) opsional VG-XT4, kamu bisa menambahkan ekstra dua baterai dengan total 1700 frame foto.

Kemampuan autofokus pada Fujifilm X-T4 juga ditingkatkan berkat algoritma PDAF baru, menjadi lebih cepat yaitu 0,02 detik. Kinerja lacak fokusnya juga diklaim dua kali lebih baik dibandingkan dengan X-T3, plus fokus wajah dan mata yang ditingkatkan untuk memudahkan pengambilan foto potret. Fujifilm juga membawa filter baru, ETERNA Bleach Bypass dengan saturasi rendah dan kontras tinggi, cocok untuk perekaman video artistik.

Selain itu, untuk perekaman video slow-motion, X-T4 bisa merekam dengan frame rate lebih tinggi di 240fps pada resolusi Full HD, meningkat dari 120fps. IBIS juga dikombinasikan dengan Digital Image Stabilization (DIS) untuk hasil video yang tetap stabil meski direkam dengan tangan alias handheld. Terdapat pintasan untuk beralih dari mode STILL ke MOVIE pada panel atas, mempercepat perpindahan mode dengan pengaturan yang sudah tersimpan.

Harga Resmi Fujifilm X-T4

“X-T4 dikemas dengan IBIS, unit rana baru dan baterai berkapasitas besar, semuanya ditampung dalam bodi yang ringkas dan ringan, yang merupakan filosofi inti dari semua X-series. Hal ini tentu membuat X-T4 menjadi generasi kamera mirrorless yang sangat powerful,” ujar Anggiawan Pratama, Marketing Manager Electronic Imaging Division, PT Fujifilm Indonesia.

Tak sabar meminang kamera terbaru dari Fujifilm ini? X-T4 akan dibanderol seharga Rp26,999 juta (body only) dan Rp 32,999 juta dengan kit XF 18-55mm f/2.8-4 LM OIS. Tersedia mulai April 2020 mendatang, konsumen dapat melakukan registrasi terlebih dahulu lewat di website Fujifilm.

Beli kamera Fujifilm di

Blibli.com Shopee.co.id