Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Leica M10-R, Kamera Sultan untuk yang Hobi Foto Landscape

0 1.156

Produsen kamera serta lensa asal Jerman yang satu ini dikenal dengan produk-produk konsumennya yang punya banderol harga melejit. Tak hanya merilis seri kamera mirrorless full-frame premium, Leica juga banyak dikenal dengan seri kamera rangefinder-nya, yaitu seri Leica M, seperti yang terbaru Leica M10R. Seri ini dirilis untuk kalangan tertentu yang miliki kebutuhan lebih spesifik.

Contohnya saja, seri Leica M10-D yang hadir tanpa layar LCD, atau M10 Monochrom yang, sesuai namanya, memiliki sensor besar 40MP black-and-white alias tidak bisa menangkap warna. Baru-baru ini, Leica umumkan seri yang lebih baru yaitu Leica M10R. Bisa dibilang, seri ini merupakan penyempurnaan dari beberapa seri sebelumnya, dengan sensor terbesar yang ada di seri Leica.

Baca juga: Leica M10-P: Kamera dengan Shutter Senyap, Berlayar Sentuh Pertama

Keunggulan Leica M10R

Leica M10R

Leica M10R sama-sama memiliki sensor beresolusi 40,9MP, yang menjadikannya unggul dalam foto landscape maupun fotografi kota yang membutuhkan detail berlimpah. Sensor tersebut kini dilengkapi dengan bayer filter untuk menangkap warna. Selain itu, kamera ini juga membawa beberapa DNA dari seri M10-P, sebut saja quiet shutter, fungsi layar sentuh pada LCD, serta jenis dial yang ada di bagian atasnya.

Dengan sensor yang lebih besar dari 24MP di beberapa seri M10 lain, Leica M10R diklaim dapat mereduksi noise pada gambar secara signifikan serta meningkatkan dynamic range. Dan meski rentang ISO-nya masih sama (100-50.000), Leica menjamin kemampuan foto pada saat kurang cahaya bisa mendekati seri M10 Monochrom, dengan exposure time hingga 16 menit pada ISO 100.

Quiet shutter yang dibawa dari seri lama membuat Leica M10R bisa beroperasi dengan tenang tanpa mengganggu situasi foto, dan meminimalisir getaran untuk mencegah timbulnya guncangan pada kamera. Layar di bodi belakangnya punya panel TFT 3 inci, serta kamera ini menjalankan Maestro II image processor dengan sistem manual fokus split-screen khas kamera Leica.

Oh ya, kamera ini tidak punya fungsi perekaman video sama sekali ya. Namun untuk pengiriman foto, sudah dilengkapi dengan built-in WiFi agar bisa di-transfer secara nirkabel lewat aplikasi Leica M-App ke smatphone. Dan tentunya, sama seperti seri rangefinder lain, Leica M10R dibuat secara manual dengan para spesialis langsung dari pabrik mereka di Wetzlar.

Ya, itu adalah salah satu justifikasi mengapa kamera Leica bisa dibanderol dengan harga yang sangat mahal. Proses produksinya memastikan jika komponen mekanik seperti rangefinder yang kompleks dapat berfungsi dengan baik dan presisi. Reliabilitas dan durabilitas adalah keutamaan yang diunggulkan dari Leica M termasuk M10R, membuat kameranya cocok sebagai investasi jangka panjang.

Harga Leica M10R

Leica M10R

Kamera ini hadir dalam dua opsi warna yaitu black chrome dan silver chrome. Tersedia mulai 20 Juli 2020 mendatang di Indonesia, harga Leica M10R bakal bervariasi tergantung permintaan dari konsumen.

Namun di luar negeri, kamera ini dibanderol seharga USD8,295 (Rp122 jutaan) untuk bodinya saja. Sementara lensa Summilux-M 50mm f/1.4 yang direkomendasikan dijual seharga Rp65 jutaan—ya, harga yang cukup mahal untuk sebuah lensa. Tapi kembali lagi, kamera ini memang dibuat untuk kalangan yang lebih spesifik.


Cek harga kamera Leica di

iLotte Blibli Tokopedia