Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Resmi Mendarat di Indonesia, Ini Fitur dan Spesifikasi Kamera Nikon Z Series

Setelah hampir dua bulan Nikon Z7 dan Z6 dirilis secara global, akhirnya dua tipe kamera Nikon Z Series ini diperkenalkan di Indonesia. Dua jenis kamera full-frame mirrorless pertama dari Nikon ini diperkenalkan bersamaan dengan menyasar target pengguna yang berbeda.

Baik Nikon Z7 dan Nikon Z6 dihadirkan oleh jajaran Nikon Asia dan Nikon Indonesia di Grand Indonesia, Jakarta Pusat pada Rabu, 24 Oktober 2018. Usai peluncuran dua kamera Nikon Z Series tersebut, pihak Nikon menggelar Nikon Experience Week mulai 24 hingga 28 Oktober 2018.

Mengusung filosofi huruf “Z” yang berarti inovasi Nikon dalam menciptakan performa optik paripurna, dua merk kamera Nikon Z Series ini memberikan pilihan bagi penggemar foto hingga pekerja foto profesional yang membutuhkan kamera mungil tetapi mempunyai fitur mumpuni.

Nikon Z7

Yang pertama dari dua jenis kamera Z Series yang dirilis hari ini adalah Nikon Z7. Menawarkan kekuatan 45,7 MP, Nikon Z7 mendukung rentang sensitivitas standar ISO 64-25600. Dipadukan dengan penggunaan lensa NIKKOR Z, satu dari kamera Z Series ini sanggup menghasilkan gambar dengan tingkat ketajaman dan detil luar biasa, bahkan hingga ke sisi-sisi gambar.

Nikon Z7 mempunyai 493 titik fokus yang memberikan ke pengguna banyak area untuk menjadi konsentrasi bidikan lensa. Tertanam pula sistem AF hibrida yang menggunakan algoritma yang telah dioptimalkan untuk teknologi sensor FX-format. Hal ini mendukung dilakukannya proses pergantian fitur secara sempurna, dari fitur focal-plane phase-detection AF menjadi fitur contrast-detect AF with focusing.

Nikon Z7

Fitur EXPEED melengkapi Nikon Z7 ini. Mesin pemrosesan gambar termutakhir ini membuat pengguna salah satu tipe skamera Nikon Z Series ini bisa menikmati imaji yang tajam dan jernih. Kreativitas mereka pun akan terlihat memukau dan sarat nilai seni.

Pemakaian lensa mount NIKKOR Z dan NIKKOR F dengan kemampuan resolving yang luar biasa dapat membuat hasil render subyek foto menjadi lebih tajam dari sebelumnya.

Sukimin Thio, General Manager PT Nikon Indonesia, mengatakan pada hari ini bahwa Nikon Z7 merupakan kamera resolusi tinggi yang menargetkan pada pengguna profesional dan pemilik lensa NIKKOR F mount.

Nikon Z7 juga cocok bagi kreator multimedia dan mereka yang doyan membuat video, tambah Thio.

Baca juga: Inilah Bocoran 2 Kamera Full Frame Mirrorless Nikon yang Meluncur Akhir Agustus

Related Posts
1 daripada 23

Nikon Z6

Adik dari Z7 atau kamera Nikon Z Series berikutnya yakni Nikon Z6. Kamera bertipe all-rounder ini, menurut Thio, merupakan pilihan yang pas bagi mereka yang baru pertama kali memakai kamera jenis full frame.

Selain itu, Nikon Z6 juga baik bagi para vloggers atau YouTubers serta mereka yang mempunyai hobi fotografi, kata Thio.

Nikon Z6 sendiri mempunyai kekuatan kualitas piksel mencapai 24,5 MP. Kamera all-purpose FX-format ini mendukung rentang sensitivitas standar yang luas dengan ISO 100-51200 (reduksi tambahan bisa mencapai nilai setara ISO 50 dan ekspansi setara ISO 204800).

Nikon Z6

Salah satu kamera Nikon Z Series ini mengandung 273 titik fokus dengan area gambar FX (36×24) dan mode single-point AF diaktifkan. Hal ini berarti pemakai bisa menikmati cakupan area imaji yang lebih luas, yakni mencapai 90% dari keseluruhan area bidikan, baik secara horizontal mau pun vertikal.

Nikon Z6 sudah dilengkapi dengan EXPEED 6 sebagai mesin pemroses imaji terbaru. Fitur electronic viewfinder pada Nikon Z6 menggunakan panel OLED dengan kualitas 3690k-dot dengan frame coverage mencapai 100% dan mode magnification 0,8x serta sudut pandang diagonal sekitar 37,0 derajat. Fitur ini membuat pengguna lebih nyaman dan leluasa dibandingkan model viewfinder jenis optik.

Kedua kamera Nikon Z Series ini sama-sama menyediakan fitur untuk terciptanya konten video beresolusi tinggi. Tak hanya video full-frame berkualitas 4K UHD (3840 x 2160)/30p menggunakan format video berbasis FX, kedua kamera Nikon Z Series ini bisa pula menghasilkan film dengan mutu full-HD/120p.

Fitur Active D-Lightning, electronic vibration reduction dan focus peaking dapat dipakai saat mengambil video berkualitas 4K UHD dan Full-HD. Fitur N-Log asli bawaaan Nikon dapat pula dipakai untuk menghasilkan 10-bit HDMI dengan catatan tidak berlaku bagi perekaman terus-menerus untuk menghasilkan video bermutu 4K UHD dengan output 10-bit ke kartu memori.

Harga Kamera Nikon Z Series

Berbicara mengenai harga, kamera Nikon Z7 dan Z6 jelas dijual dengan nilai berbeda. Untuk kamera Nikon Z7 body only dibanderol Rp56.499.000. Jika paket dengan lensa kit Rp63.499.000, dan mount system Rp66.499.000.

Sedangkan Nikon Z6 untuk body saja dibanderol Rp35.499.000, paket dengan lensa kit Rp42.499.000, dan mount system Rp45.499.000. Untuk memasarkan kamera tersebut, Nikon Indonesia bekerjasama dengan Blibli.com.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.