Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Firma Kanada Kembangkan Drone Penyedia Keperluan untuk Daerah Terpencil

Selama ini kita mengenal Kanada sebagai salah satu negara maju. Namun bukan berarti negara di Amerika bagian utara ini tidak mempunyai wilayah yang sulit dijangkau. Untuk mengatasi kesenjangan antara bagian negara yang mudah dicapai dengan yang tidak, sebuah operator drone asal Kanada baru-baru ini mengumumkan membuat drone untuk daerah terpencil.

Drone untuk daerah terpencil ini dibuat oleh Drone Delivery Canada, perusahaan drone besar di negara tersebut, dengan bermitra dengan beberapa kota kecil di Kanada, Moosonee dan Moose Factory, Ontario. Dua wilayah ini masuk ke dalam proyek rintisan Beyond Visual Line-of-Sight (BVLOS). Drone untuk daerah terpencil ini akan bisa membawakan layanan jasa dan pekerjaan yang dibutuhkan bagi warga di situ.

“Kami hendak mengerahkan teknologi kami untuk membantu komunitas terpencil di Kanada,” kata Tony Di Benedetto, CEO dari Drone Delivery Canada (DDC), tentang drone untuk daerah terpencil ini.

“DDC telah menciptakan solusi logistik inovatif bagi komunitas terpencil dengan infrastruktur yang minim. Untuk mengatasi hal ini, kami ingin mengirimkan teknologi kami dengan maksud membangun “jalur kereta di udara” yang menghubungkan komunitas tepat waktu sehingga bisa menghemat biaya,” katanya.

Sekitar 1.000 komunitas di Kanada dikategorikan sebagai “terpencil” dan digambarkan menghadapi “tantangan infrastruktur dan logistik yang membuat biaya hidup mereka tinggi,” tulis dronelife.com.

Related Posts
1 daripada 13
Kawasan Moosonee, Kanada. Foto oleh en.wikipedia.org

“Tinggal di utara Kanada menghadapi tantangan. Kami senang mengetahui manfaat solusi drone dari DDC ini di komunitas kami sebagai cara membantu memitigasi tantangan tersebut, meningkatkan logistik, menurunkan biaya dan menciptakan lapangan kerja di kawasan ini,” ungkap Stan Kapashesit, Direktur Pengembangan Ekonomi Moose Cree First Nation.

Proyek perintis BBLOS dari DDC akan segera berlangsung setelah jalur terbang drone untuk daerah terpencil yang menghubungkan komunitas di Moosonee dan Moose Factory disetujui.

Dalam proyek perintis ini, DDC akan mengerahkan drone untuk daerah terpencil yang terdiri dari drone cargo Sparrow X1000 dan sistem manajemen FLYTE, yang nantinya melengkapi kebutuhan untuk sektor transportasi, stok medis, makanan, suku cadang hingga parsel. Transport Canada tengah mengembangkan aturan sedangkan NAV Canada secara aktif mendukung upaya penggunaan drone untuk daerah terpencil ini. Sesi percobaan drone untuk daerah terpencil ini kemungkinan bisa dilakukan akhir Oktober 2018.

Baca juga: Antisipasi Dampak Badai Florence, Amerika Serikat Kembangkan Drone Tanggap Darurat

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.