Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Antisipasi Dampak Badai Florence, Amerika Serikat Kembangkan Drone Tanggap Darurat

Kalangan industri drone AS tidak tinggal diam menghadapi badai Florence yang kini melanda negara bagian Utara dan Selatan Carolina. Perusahaan drone bernama CyPhy Works pun telah membuat drone tanggap darurat bernama Persistent Aerial Reconnaissance and Communications/PARC atau platform drone Pengintaian dan Komunikasi Udara Tetap.

Drone tanggap darurat ini menjadi solusi unik untuk ragam kebutuhan bisnis dan keamanan. Drone tanggap darurat ini merupakan drone yang tertambat, menyediakan komunikasi yang aman dan bisa terbang hingga berhari-hari. Ia juga sangat mudah dibawa kemana pun; dengan memakai generator di tanah, sistem dalam drone tanggap darurat ini bisa diluncurkan dimana saja.

Sistem tethering atau penambahan berarti operator bisa berfokus pada data dan misi drone ini, ketimbang terbang. Drone ini juga cocok di medan yang kasar sebab telah sesuai dengan persyaratan militer AS dan bisa berfungsi pada saat angin kencang setelah badai.

Baca juga: Firma Kehutanan Australia Gunakan Drone Pendeteksi Koala Sebelum Pangkas Pohon

Sebelum didengungkan bisa menolong saat badai Florence ini, drone tanggap darurat ini sudah dikenal sebagai alat pelindung saat acara besar, seperti Boston Marathon dan perayaan hari kemerdekaan AS 4 Juli. Akan tetapi melalui ragam kemitraan bareng pemerintah, mitra komunikasi dan Palang Merah, CyPhy Works turut menjadikan drone darurat ini bisa dipakai untuk melayani komunitas usai mengalami bencana terkait cuaca.

Related Posts
1 daripada 14

Laura Major, Direktur Operasional CyPhy Works, mengatakan bagaimana PARC telah dipakai untuk tanggap darurat bencana. “Salah satu fungsi utama (drone tanggap darurat) ini adalah melakukan penilaian,” kata Major. “Setelah terjadi badai, menyalurkan bantuan dan dana secara cepat membutuhkan penilaian yang detil. Sebelumnya hal tersebut dilakukan dari pintu ke pintu,” kata Major kepada dronelife.com.

Cara penilaian tersebut berarti mengerahkan lebih banyak orang di kawasan berbahaya dan membutuhkan proses yang lambat dan sulit. Akan tetapi jika menggunakan drone tanggap darurat berkemampuan pengambilan visual tinggi, penilaian tersebut bisa dilakukan secara lebih cepat dan lebih aman.

“PARC bisa dirangkai hanya dalam waktu beberapa menit saja… dan dengan PARC, kami sanggup melihat dari atas tanpa mengerahkan manusia dalam kondisi berbahaya,” tambahnya.

Selain memberikan lebih banyak data pada situasi terkena bencana, drone tanggap darurat ini juga bisa digunakan untuk menyediakan layanan seluler dimana infrastruktur komunikasi ikut terganggu akibat badai ini. Hal ini akan sangat membantu bagi tim respons dan korban agar tetap bisa memberi kabar tentang kondisi mereka.