Android 12 Siap Dirilis Bulan Oktober

Jakarta, Gizmologi – Google segera menggulirkan pembaruan bagi sistem operasi mobile terbarunya, Android 12. Penerus dari OS Android 11 ini akan dirilis bulan depan, tepatnya pada 4 oktober mendatang.

Melansir XDA Developers, Google telah merilis versi beta publik untuk sejumlah developer dan vendor pihak ketiga. Seperti biasanya, smartphone Google Pixel akan mendapat pembaruan terlebih dulu sebelum akhirnya, OS Android 12 versi stabil digulirkan untuk publik.

“Android 12 membawa perubahan besar selama sejarah Android. Google melakukan diskusi untuk pengalaman dari warna ke bentuk, cahaya serta gerakan,” kata Sameer Samat, VP Product Management Android & Google Play.

Ada sejumlah pembaruan yang akan dihadirkan pada OS Android 12. Perubahan paling mencolok di Android 12, terdapat pada desain antarmuka (UI) secara keseluruhan dengan animasi yang lebih lancar, serta tema warna yang beradaptasi sesuai wallpaper pengguna.

Pengguna juga akan mendapat lebih banyak fitur privasi, termasuk Privacy Dashboard khusus dan Private Compute Core. Fitur ini memungkinkan pengaturan izin baru dan data apa saja yang sedang diakses serta seberapa sering aplikasi digunakan.

Terdapat pula indikator baru di bagian atas kanan dalam status bar, dengan begitu pengguna tahu aplikasi apa saja yang mengakses mikrofon atau kamera. Sehingga pengguna bisa mencabut izin aplikasi dari dashboard.

Baca Juga: Android 12 Tampil Jauh Lebih Personal, Tersedia dalam Versi Beta

Kode nama OS Android 12

Sejak merilis Android 10, Google tak lagi menggunakan nama dessert sebagai kode resminya. Meski begitu, raksasa pencarian internet ini masih menamai sistem operasi mobilenya dengan nama camilan, tak terkecuali Android 12.

Selama proses pengembangan Android 12, Google menyebut sistem operasi ini dengan kodenama Snow Cone (SC). Hal yang sama dilakukan Google pada Android 11 dengan kode RVC atau Red Velvet Cake.

Bahkan saat resmi diumumkan, Google juga merilis patung augmented reality (AR) yang bila dipindai akan menampilkan resep tersembunyi membuat kue red velve. Bagaimana Gizmofans, sudah bersiap untuk mencari easter egg dari Android 12.

Tinggalkan komen