Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Black Shark 3 Pro Dirilis dengan Layar Besar dan Kamera Triangular

0 12.978

Tak hanya ponsel flagship yang mengutamakan kemampuan kamera serta multimedia, ponsel khusus gaming juga terus diperbarui selaras dengan bertambahnya mobile gaming enthusiast.  Black Shark yang berafiliasi dengan Xiaomi merilis generasi baru Black Shark 3 dan Black Shark 3 Pro.

Smartphone gaming ini membawa dimensi layar yang lebih besar serta tombol khusus untuk menambah kenyamanan bermain game di ponsel. Keduanya kini mendukung jaringan 5G berkat penggunaan chipset terbaru Qualcomm yaitu Snapdragon 865.

Ponsel anyar Black Shark ini dapat menggunakan jaringan 5G dan Wi-Fi 6 secara bersamaan untuk mengoptimalkan bandwidth, menjamin kelancaraan saat bermain game. Black Shark juga membenamkan magnetic pin baru untuk pengecasan yang lebih mudah.

Baca juga: Black Shark 2 Pro Edisi Lava Orange Hadir di Indonesia

Fitur Baru Black Shark 3 & 3 Pro

black shark 3 pro

Meski masih sama-sama memiliki refresh rate 90Hz, Black Shark 3 series punya dimensi layar yang lebih besar dari generasi lamanya, Black Shark 2 Pro di 6,39 inci. Black Shark 3 biasa punya layar 6,67 inci dengan panel AMOLED dan touch sampling rate tertinggi saat ini, hingga 270Hz. Respon sentuh (touch response) juga dipersingkat menjadi hanya 24ms (& 28ms untuk multi-finger touch), meminimalisir lag saat bermain.

Lain lagi dengan Black Shark 3 Pro. Dimensi layarnya sudah menyentuh ukuran tablet, yaitu 7,1 inci AMOLED dengan resolusi Quad HD+ (3120 x 1440p). Dengan dimensi bodi yang lebih besar, Black Shark 3 Pro memiliki dua tombol mekanikal tambahan di sisi samping kanan bodinya, dengan panjang 21mm dan kedalaman 1,5mm. Black Shark sudah melakukan pengujian untuk kedua tombol ini, diklaim tetap dalam kondisi baik meski setelah digunakan lebih dari 1 juta klik.

Ditambahkan juga sebuah motor linear horizontal untuk menambah respon getar ketika bermain. Dua fitur tersebut absen di varian biasa. Meski begitu, desain keduanya identik. Dengan tema ‘X’ di bodi belakangnya, Black Shark 3 punya desain kamera triangular yang berbeda, dan tetap dibuat simetris.

Ada dua logo baru; 5G serta Tencent Games di segitiga bagian bawah. Bekerja sama dengan Tencent, kedua ponsel akan dilengkapi dengan SolarCore Gaming Acceleration Engine, selain Game Engine bawaan Black Shark sendiri. Di dekat logo, ada magnetic pin baru yang bisa digunakan untuk isi daya sampai 18W, tanpa menganggu grip ponsel ketika sedang digunakan dua tangan.

Spesifikasi lainnya meliputi RAM hingga 12GB LPDDR5, serta opsi penyimpanan sampai 256GB UFS 3.0. Keduanya dilengkapi jack audio 3.5mm dan sistem pendingin khusus yang dinamakan “Sandwich Cooling system”. Ada dua unit pendingin 100mm yang diletakkan di dua sisi motherboard, dengan CPU dan modem 5G diletakkan berjauhan.

Konfigurasi kamera yang dimiliki Black Shark 3 series juga sedikit berbeda. Selain peletakannya, sensor telefoto dihapus dan digantikan oleh lensa ultra wide-angle 13MP plus tambahan kamera depth sensor 5MP. Resolusi kamera utamanya juga ditingkatkan, dari 48MP ke 64MP.

Untuk baterai, Black Shark 3 mempunyai kapasitas 4720 mAh, sedangkan varian Pro lebih besar di 5000 mAh. Lewat charger 65W, keduanya diklaim punya kecepatan isi daya yang sama, terisi penuh dalam waktu 38 menit.

Harga Black Shark 3 & 3 Pro

Varian termurah Black Shark 3 8GB+128GB dijual seharga 3499 yuan (atau setara Rp7,1 jutaan), sedangkan versi Pro 8GB+256GB 4699 yuan (atau Rp9,5 jutaan) . Sebagai catatan, Black Shark 2 Pro dijual resmi di Indonesia seharga Rp8,99 juta. Black Shark 3 akan dijual pertama kali di China mulai tanggal 6 Maret mendatang, sedangkan varian Pro menyusul di 17 Maret. Kabarnya, Black Shark 3 Pro ini juga akan segera diluncurkan di Indonesia. Kita tunggu saja.


Beli smartphone Black Shark di:

JD.ID Blibli.com Shopee.co.id Lazada.co.id