alexa

Google Pixel 5a 5G Punya Baterai Lebih Besar, Harga Lebih Murah

Jakarta, Gizmologi – Google memang tengah mempersiapkan smartphone flagship terbarunya untuk akhir tahun 2021. Tak lagi main aman, mereka bakal luncurkan versi terbaik dengan semua komponen serba premium. Namun secara tidak diduga, Pixel 5a 5G diresmikan beberapa bulan sebelum Pixel 6 bakal hadir secara resmi.

Sesuai namanya, Google Pixel 5a 5G adalah penawaran terjangkau paling baru dari Google tahun ini. Memang dibuat berbeda, pasalnya varian yang dirilis hanya dalam satu ukuran saja, tak seperti tahun lalu di mana Pixel 4a punya ukuran layar kurang dari 6 inci. Meski memang belum didukung oleh jaringan 5G.

Baca juga: Google Beberkan Tampilan Pixel 6 Series, Pakai Cip “Tensor” Bikinan Sendiri

Lewat Pixel 5a 5G, perusahaan multinasional asal Amerika Serikat tersebut ingin berikan penawaran smartphone Android terbaik mereka dengan harga terjangkau, lengkap membawa 5G dan unggulan seri Google Pixel lain seperti kualitas kamera ciamik. Dibandingkan Pixel 4a 5G, ada beberapa peningkatan minor yang dibawa, ditambah kapasitas baterai jauh lebih besar.

Yang Baru di Google Pixel 5a 5G

Google Pixel 5a 5G

Secara tampilan memang sangat identik, di mana Google Pixel 5a 5G mengusung opsi warna Mostly Black yang terlihat sedikit kehijauan. Untuk berikan warna lain, Google bakal sediakan pilihan case agar terlihat lebih personal. Terbuat dari aluminum unibodi dan sudah kantongi sertifikasi IP67, tahan air dan debu.

Meski sedikit tampak jadul dengan sensor sidik jari pada bodi belakang, tampilan depan Pixel 5a 5G sangat modern dengan keempat bezel tipis yang simetris—situasi yang umumnya hanya bisa ditemui pada seri flagship. Dimensi layarnya sedikit membesar di 6,34 inci, gunakan panel OLED, dan sayangnya masih mendukung refresh rate standar 60Hz.

Google Pixel 5a 5G

Tak hanya layarnya yang membesar, kapasitas baterainya pun ikutan diberi peningkatan. Kalau 4a 5G punya baterai 3,885 mAh, Pixel 5a 5G jauh meningkat hingga 4,680 mAh. Mendukung 18W fast charging, Google berani klaim bila smartphone ini bisa menyala sampai dua hari penggunaan menggunakan mode hemat daya.

Google juga mengatakan bila Pixel 5a 5G bakal jadi smartphone terakhir mereka yang masih menyertakan adaptor charger dalam paket penjualan. Ke depannya, aksesori tersebut bakal bersifat terpisah, mengikuti jejak Samsung dan Apple untuk alasan yang sama.

Harga Google Pixel 5a 5G Justru Lebih Murah

Google Pixel 5a 5G

Bagian lain dari Pixel 5a 5G masih tergolong sama dengan seri sebelumnya, dan bukan menjadi hal yang buruk. Chipset Snapdragon 765G masih tergolong kencang dan efisien daya, serta sudah mendukung modem 5G. Kapasitas RAM-nya 6GB, dipasangkan dengan memori internal 128GB yang tak dapat diekspansi.

Untuk setup kameranya sendiri juga sederhana. Tak seperti smartphone lain yang minimal punya empat sensor, Google hanya berikan dua sensor utama saja; 12.2MP dengan OIS dan 16MP untuk ultra wide-angle. Dengan kamera depan 8MP, ketiga sensor bisa hasilkan foto yang maksimal sekelas flagship, berkat dukungan fotografi komputasi dan machine learning Google.

Salah satu benefit tertinggi membeli produk Google adalah dukungan pembaruan perangkat lunak alias software-nya. Pengguna Google Pixel 5a bakal mendapat jaminan software update serta security update sampai 3 tahun. Dengan fitur eksklusif Pixel yang bakal rutin hadir dalam periode tertentu.

Pixel 5a 5G bakal tersedia hanya untuk pasar Amerika Serikat dan Jepang saja. Sudah dijual secara pre-order, harganya lebih murah dari generasi sebelumnya, dibanderol USD449 atau sekitar Rp6,4 jutaan.

Tinggalkan komen