Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Honor 30 Lite, Smartphone 5G Rp3 Jutaan dengan Dimensity 800

0 9.548

Selain meluncurkan sebuah smartphone dengan layar seukuran tablet, Honor juga perkenalkan smartphone 5G murah di China. Ya, di tahun 2020 ini, tak hanya flagship saja, namun produsen smartphone juga berlomba untuk rilis perangkat 5G semurah mungkin, berkat adanya pilihan chipset terjangkau dari Qualcomm maupun MediaTek. Kali ini, Honor perkenalkan seri Honor 30 Lite atau dengan nama lain, Honor 30 Youth.

Memiliki desain yang mirip dengan smartphone Honor rilisan 2020 lainnya, Honor 30 Lite mengunggulkan setup tiga kamera utama serta layarnya yang memiliki refresh rate tinggi. Hadir dalam empat warna menarik, tentunya Honor akan melengkapinya dengan Huawei Mobile Services, sebagai pengganti layanan Google yang tak bisa diberikan ke produk baru Huawei dan Honor.

Baca juga: Honor 9A Hadir Sebagai Smartphone NFC Murah di Eropa

Spesifikasi Honor 30 Lite

Honor 30 Lite

Tak kalah besar, layar Honor 30 Lite miliki dimensi 6,5 inci dengan resolusi full HD+. Refresh rate 90Hz tentu lebih nyaman dipandang jika dibandingkan 60Hz pada Honor X10 Max yang diperkenalkan secara bersamaan. Desain notch di bagian atas masih mengusung jenis waterdrop.

Masih pada segi desain, sensor sidik jarinya menyatu dengan tombol power di sebelah kanan. Sementara pada bagian belakang, Honor gunakan material kaca sembilan lapis pada Honor 30 Lite, hasilkan warna dan kilauan yang menarik. Nama warnanya pun tak biasa; Magic Night Black, Phantom Silver, Summer Rainbow dan Wizard of Oz.

Untuk segi performa, chipset MediaTek Dimensity 800 ditugaskan untuk melibas semua aplikasi maupun gim pada Honor 30 Lite. Cip yang mendukung 5G ini dilengkapi empat CPU Cortex-A76 dan empat Cortex-A55, masing-masing berjalan di 2GHz. Dengan fabrikasi 7nm, tentunya menjadikan smartphone ini kencang namun juga hemat daya.

Ada dua varian memori yang disiapkan, yaitu 6GB+64GB dan 8GB+128GB. Menjalankan Magic UI 3.1 berbasis Android 10, penggunanya harus merasa puas dengan pilihan aplikasi yang ada di Huawei AppGallery. Pasalnya, Honor 30 Lite tak dilengkapi dengan layanan Google sama sekali, termasuk Google Play Store untuk mengunduh aplikasi populer.

Jumlah kamera belakangnya bukan yang paling banyak, hanya yang esensial bagi Honor saja. Lensa utamanya beresolusi 48MP, miliki sensor besar ½ inci dengan bukaan f/1.8. Honor 30 Lite dapat merekam video hingga resolusi 4K dengan EIS, dan didukung fitur Super Night Mode. Lensa ini diapit dengan dua lensa lainnya, yaitu 8MP f/2.4 ultra wide-angle serta 2MP depth sensor.

Membawa Fast Charging, Honor 30 Lite Dijual Rp3,4 Jutaan

Kelengkapan Honor 30 Lite

Sementara pada bagian depan, terdapat sebuah kamera 16MP f/2.0 yang juga bisa dimanfaatkan sebagai metode face unlock. Untuk segi konektivitas, smartphone ini masih membawa jack audio 3,5mm lengkap dengan NFC. Port USB-C di bagian bawahnya juga sudah mendukung fast charging 22,5 watt. Hanya perlu waktu 30 menit untuk isi daya baterai 4.000 mAh pada Honor 30 Lite mencapai 53%.

Varian termurah Honor 30 Lite bakal dijual dengan harga CNY1,699 atau sekitar Rp3,4 jutaan. Jika Huawei berencana untuk rilis seri kelas menengah, Huawei nova baru dengan dukungan 5G, maka tak menutup kemungkinan jika Honor Indonesia bakalan menghadirkan smartphone sekelas Honor 30 Lite kedepannya di tanah air. Apakah Gizmo friends masih menunggu kehadiran smartphone ini meski tanpa layanan Google?