Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

iPhone 11 Pro Diluncurkan, Ini Spesifikasi dan Fitur Unggulannya

Sudah menjadi tradisi bagi Apple untuk meluncurkan iPhone terbaru di bulan September. Tadi malam, melanjutkan tradisi tersebut, Apple menghadirkan smartphone generasi 11 iPhone yang terdiri dari iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max.

Ketiganya jelas memiliki perbedaan dari segi spesifikasi dan harga. Dan kini konsep seperti ini juga sudah jamak dipakai oleh produsen smartphone lainnya. Sekarang, kita fokus di pembahasan mengenai iPhone 11 Pro saja.

Peluncuran keluarga iPhone 11 digelar di Steve Jobs Theater, Cupertino, AS (10/9/2019) atau Rabu dini hari WIB, Sesuai dengan embel-embel “Pro” yang disematkan di belakang namanya, perangkat ini mengincar para profesional foto dan video.

“Ini adalah ponsel iPhone terkuat dan terdepan yang pernah kami buat dengan desain baru yang menawan,” ujar CEO Apple Tim Cook saat memperkenalkan iPhone 11 Pro. Apple, sebagaimana kemudian ditiru oleh produsen lainnya memang suka menggunakan kata-kata bombastis yang menyihir. Agar konsumen tertarik untuk membelinya. Walau tetap saja, Steve Jobs tak pernah tergantikan.

Menurut Phil Schiller, senior vice president of Worldwide Marketing Apple, perangkat ini dikemas dengan teknologi canggih yang dapat diandalkan oleh para profesional untuk menyelesaikan pekerjaan mereka, dan bagi siapa pun yang menginginkan perangkat terbaik dibuat, bahkan jika bukan pro.

“iPhone 11 Pro memiliki sistem tiga kamera pertama di iPhone. Ini merupakan kamera terbaik yang pernah kami buat dengan lompatan jauh, memberi pelanggan berbagai kontrol kreatif dan fitur pengeditan foto dan video canggih di iOS 13,” ujar Phill.

Baca juga: iPhone 7 Plus, Masih Layakkah Dibeli di Tahun 2019?

Fitur dan Spesifikasi iPhone 11 Pro

iPhone 11 ProiPhone 11 Pro hadir dalam ukuran layar 5,8 inch menggunakan Super Retina Display (OLED). Bodinya dibalut kaca bertekstur matte mengunakan rangka stainless steel yang hadir dengan pilihan warna midnight green, space gray, silver dan gold. Urusan desain, Apple memang juaranya.

Related Posts
1 daripada 209

Apple memberikan dukungan Dolby Vision dan Dolby Atmos. Mereka menyebutnya Super Retina XDR.

Untuk dapur pacunya, iPhone 11 Pro mengandalkan chipset A13 Bionic. SoC terbaru dari Apple ini diklaim sebagai chip smarphone terkencang di dunia. Tapi tentu menurut klaim mereka sendiri, sehingga masih perlu ada pembuktikan dari pihak ketiga, termasuk para reviewer.

Soal baterai, Apple menjanjikan iPhone 11 Pro lebih lama 4 jam ketimbang iPhone XS. Untuk pertama kalinya bagi ponsel Apple, iPhone 11 Pro mendukung pengisian cepat. Walau mungkin akan dicibir kompetitor. Karena fast charger baru 18 watt. Sementara kompetitor sudah melaju di 25 w. Bahkan Galaxy Note 10 mendukung fast charging 45. Tetapi setidaknya ini adalah peningkatan, karena sebelumnya Apple hanya menyisipkan charger lama dengan keluaran daya 5 watt saja, meski ponselnya sudah mendukung fast charging.

Beralih pada sektor kamera yang menjadi keunggulan ponsel ini. Ada tiga kamera yang disematkan di bagian belakang dengan susunan zig zag. Kamera utamanya 12 MP (wide angle) dengan aperture f/1.8. Lalu ada kamera ultra wide angle 120 derajat berukuran 12 MP (f/2.4) dan telephoto 12 MP (f/2.0).

Apple pun membekali kamera dengan fitur-fitur baru seperti Night Mode, perekaman video dengan subject tracking, hingga fitur Portrait Lighting yang bisa mengatur efek bokeh. Serta rekam video slow motion 120 fps.

Apple memperkenalkan fitur Deep Fusion yang menggunakan machine learning untuk mengambil foto di kondisi low light dengan detail terjaga. Sedangkan untuk kamera selfienya berukuran 12 MP. Bisa digunakan untuk merekam video 4K 60fps.

Harga iPhone 11 Pro

Kabar baiknya Apple tidak menaikan harganya. iPhone 11 Pro dilepas mulai USD 999 atau Rp 14 juta. Ponsel ini bisa dipesan mulai Jumat (13/9/2019). Namun baru tersedia di pasaran mulai 20 September 2019. Kapan Indonesia? Harap bersabar karena belum ada pemberitahuan lebih lanjut.  Indonesia masih belum menjadi pasar prioritas Apple. Jika sudah “ngebet” bisa ke negara tetangga yaitu Singapura.

Di Singapura, iPhone 11 Pro 64 GB harganya SGD 1.649 atau Rp 16,8 juta. Kemudian iPhone 11 Pro 256 GB harganya SGD 1.889 atau Rp 19,2 juta. Terakhir, varian paling tinggi iPhone 11 Pro 512 GB harganya SGD 2.199 atau Rp 22,4 juta. Jadi, kamu pilih yang mana, Gizmolovers?