Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

LG V60 ThinQ 5G Usung Dua Layar dengan Baterai Lebih Besar

0 980

Seperti Samsung yang biasanya menjadwalkan perilisan Galaxy S series di awal tahun dan Galaxy Note series di akhir tahun, LG juga mengikuti dengan G series dan V series. Ketika semua memperkirakan LG bakalan rilis G9 ThinQ, LG hari ini (27/2) malah langsung merilis LG V60 ThinQ 5G, memperbarui seri sebelumnya yang belum genap berumur satu tahun.

LG V60 ThinQ 5G hadir dengan desain serupa, lengkap dengan sebuah cover yang juga berfungsi sebagai layar sekunder. LG memberikan peningkatan pada teknologi Dual Screen yang dibawa ponsel ini, dikombinasikan dengan dukungan 5G serta kapasitas baterai lebih besar untuk kenyamanan multitasking yang lebih baik. Kamu dapat menjalankan dua aplikasi berbeda, maupun satu aplikasi yang diperbesar lewat dua layar sekaligus.

Fitur LG V60 ThinQ 5G

LG V60 ThinQ 5GLG V60 ThinQ 5G dipersenjatai chipset terbaru Qualcomm saat ini, Snapdragon 865 dengan modem Qualcomm X55 yang mendukung 5G mmWave serta frekuensi sub-6GHz untuk cakupan yang lebih baik. Untuk menemani performa yang tinggi, LG meningkatkan kapasitas baterai ponsel flagshipnya menjadi 5000 mAh. Ini sangat diperlukan, mengingat layar utamanya saja sudah berdimensi 6,8 inci, belum lagi layar sekundernya lewat fitur LG Dual Screen.

Kedua layar yang dimiliki LG V60 ThinQ 5G punya rasio 20,5:9 dengan panel P-OLED dan resolusi Full HD+. Layarnya lebih besar 0,4 inci dari V50 ThinQ, tapi tetap hadir dengan berat yang kurang lebih sama, berkat panel layar yang lebih tipis. Bagian belakang cover LG Dual Screen dibuat dengan tekstur bergaris agar lebih aman digenggam, sedangkan bagian depannya dilengkapi layar 2,1 inci untuk menampilkan notifikasi penting tanpa perlu membuka cover.

Di sektor kamera, LG V60 ThinQ 5G punya dua sensor kamera utama ditambah sebuah sensor time of flight (ToF) untuk efek blur yang natural. Kamera wide-angle beresolusi 64MP f/1.8 dengan pixel binning (16MP), sedangkan ultra-wide angle lens-nya beresolusi 13MP f/1.9. Di sisi depan ada kamera 10MP f/1.9 yang berada dalam notch di sisi tengah atas layar.

Sektor perekaman videonya juga ditingkatkan, dengan dukungan resolusi hingga 8K.  LG juga memberikan empat mikrofon baru untuk kualitas audio yang lebih realistis. Terdapat juga fitur Voice Bokeh yang bisa memisahkan suara subyek yang direkam dengan background noise, supaya kamu dapat membuat video dengan suara yang lebih fokus. LG 3D Sound Engine, teknologi yang biasa dimiliki OLED TV milik LG, juga diturunkan ke ponsel ini, berfungsi mengoptimalkan suara agar lebih sinematik.

LG V60 ThinQ 5G

Menggunakan sistem operasi Android 10 out-of the box, ponsel ini memiliki RAM 8GB dengan opsi penyimpanan internal 128GB dan 256GB, bisa ditingkatkan lewat kartu microSD hingga 2TB. Sensor sidik jari juga sudah dibenamkan di dalam layar, dan tentunya LG masih menyertakan port audio jack 3,5mm seperti flagship-flagship mereka sebelumnya. Untuk memberikan ketahanan prima, ada sertifikasi tahan air & debu (IP68) serta MIL-STD 810G untuk daya tahan yang lebih saat jatuh.

Hadir dalam dua pilihan warna (Classy Blue & Classy White), LG belum menginformasikan harga jual dari V60 ThinQ 5G ini. Namun ponsel ini dipastikan bakal hadir mulai musim panas ini. Dan tentunya, jika kamu menantikan ponsel ini secara resmi di Indonesia, kamu harus gigit jari mengingat LG sudah menghentikan lini ponsel mereka. LG terakhir kali merilis flagship G7 Plus ThinQ seharga Rp11,5 juta, 2018 lalu, sebelum akhirnya memutuskan untuk mundur.