alexa

Nokia G10 Diresmikan, Bawa Tiga Kamera Harga Rp2,099 Juta

Jakarta, Gizmologi – Sampai saat ini, vendor asal Finlandia yang berperan sebagai pemilik lisensi tunggal merek smartphone Nokia, HMD Global masih belum berani untuk rilis flagship hingga saat ini. Di Indonesia, ekspansi seri kelas menengah hingga entry-level terus dilanjutkan, kini hadirkan opsi baru yaitu Nokia G10.

Ya, Nokia G10 adalah smartphone Android Rp2 jutaan terbaru dari HMD Global yang sejatinya tak jauh berbeda dari seri Nokia G20, sudah kami ulas beberapa waktu lalu. Secara garis besar, keunggulan utama yang ditawarkan masih sama. Berikan daya tahan baterai terbaik di kelasnya, serta pembaruan perangkat lunak hingga tiga tahun.

Meski poin pertama sudah banyak dipenuhi oleh kompetitor, tak banyak yang berani janjikan poin kedua terutama pada kelas menengah ke bawah. Stephen Taylor, Chief Marketing Officer HMD Global mengatakan bila hal tersebut tak jarang tidak diperhatikan oleh konsumen.

Baca juga: Review Nokia G20: Unggulkan Stock Android & NFC di Rp2 Jutaan

“Sebuah ponsel Nokia bukan sekadar perangkat yang harus sering-sering diganti, namun alat yang mampu memaksimalkan kehidupan Anda. Dengan daya tahan baterai yang lebih lama, Anda tak perlu menghabiskan waktu untuk mencari tempat pengisi daya dan lebih banyak waktu mengabadikan momen indah,” terang Stephen dalam sebuah rilis yang diterima Gizmologi (13/9).

Keunggulan Utama Nokia G10

Nokia G10

Ya, nilai jual utama Nokia G10 adalah masa pakainya yang diklaim bisa sampai tiga hari, serta jaminan pembaruan perangkat lunak sampai 3 tahun. Yang perlu diingat, hal tersebut berlaku untuk pembaruan keamanan bulanan saja ya.

Sementara untuk versi Android yang digunakan, bakal terus didukung sampai 2 tahun, setidaknya sudah cukup oke untuk kelas smartphone Rp2 jutaan. Klaim baterainya yang sangat awet disokong oleh kapasitas 5,050 mAh, tidak sampai 6,000 mAh atau lebih besar seperti rilisan vendor lain.

HMD nampaknya cukup percaya diri akan hal ini, mengingat smartphone rilisan mereka selalu jalankan stock Android dari Google. Artinya, tak banyak kustomisasi yang diberikan, sehingga tidak terlalu membebani kinerja prosesor. Sayangnya, kapasitas baterai besar masih belum diimbangi dengan fast charging, meski sudah gunakan port USB-C.

Punya Mikrofon Stereo & Tiga Kamera Belakang

Nokia G10

Sisanya, Nokia G10 punya spesifikasi yang kurang lebih serupa dengan Nokia G20. Bahkan termasuk dimensinya yang persis, hanya saja sedikit lebih ringan di 194 gram. Bodi belakangnya sama-sama punya desain modul kamera melingkar, serta sensor sidik jari pada bagian samping kanan bodi.

Begitu pula tampilan layar depannya, dengan desain notch berjenis waterdrop. Gunakan panel IPS, layar 6,52 inci milik Nokia G10 punya resolusi HD+, yang tentu berikan benefit pada penghematan daya. Chipset MediaTek Helio G25 sendiri juga mirip dengan seri Helio G35, hanya dengan clock speed 4 inti CPU lebih rendah di 2GHz (vs 2,3GHz).

Meski bentuk modul kameranya mirip, HMD menghapus satu sensor dari seri G20, yaitu ultra wide-angle. Sementara sensor utamanya turun secara resolusi dari 48MP ke 13MP. Kamera depan 8MP, mode perekaman video 1080p, serta perekaman stereo lewat mikrofon ganda masih hadir di Nokia G10.

Pada bagian konektivitas, salah satu fitur unggulan Nokia G20 tidak dibawa, yaitu sensor NFC yang umumnya digunakan untuk mengecek atau isi saldo kartu e-money.

Harga Nokia G10 di Indonesia

Di Indonesia, HMD Global menggandeng situs e-dagang Tokopedia dan Shopee untuk menjual Nokia G10 secara daring. Hanya ada satu varian memori saja yang hadir dalam penjualan kali ini, yaitu dengan RAM 3GB dan penyimpanan internal 32GB.

Konsumen dapat memilih dua opsi warna menarik, yaitu Night dan Dusk. Harganya cukup terjangkau, hanya Rp2,099 juta saja. Jadi alternatif baru bagi kamu yang menginginkan smartphone Nokia terjangkau dengan desain atraktif serta daya tahan baterai awet.

Tinggalkan komen