OnePlus 9RT Hadir Membawa Cip Snapdragon 888 & Layar Responsif 600Hz

Jakarta, Gizmologi – Masih satu induk perusahaan dengan OPPO, OnePlus punya pendekatan yang berbeda dalam merilis produk smartphone mereka. Tak banyak seri kelas menengah maupun entry-levelnya, alias lebih banyak hadirkan perangkat yang powerful. Salah satunya seperti OnePlus 9RT yang baru saja diresmikan di negara asalnya.

Ya, sepanjang tahun 2021, OnePlus cukup banyak hadirkan varian dari seri OnePlus 9. Kalau varian Pro hadir sebagai yang terbaik, seri “R” menjadi opsi lebih terjangkau, yang mana menjadi pendekatan awal dari merek asal China satu ini. Untuk itu, OnePlus 9RT hadir meneruskan ‘tradisi’ tersebut.

Setup kameranya dibuat efektif, dimensi layar sedikit lebih besar, sisanya masih menganut bahasa desain yang familiar. Smartphone ini juga bakal mengusung sistem operasi yang sama dengan OPPO—keduanya telah menjalin kerja sama untuk gabungkan pengembang dari masing-masing UI/UX, sehingga ColorOS bakal bisa mengimplementasikan keunggulan-keunggulan dari OxygenOS, berlaku pula sebaliknya.

Baca juga: ColorOS 12 Diresmikan, Versi Beta Sudah Bisa Diunduh

Spesifikasi Gaming OnePlus 9RT

OnePlus 9RT

Karena diperkenalkan sebagai smartphone yang cocok untuk main gim, OnePlus 9RT dibekali beberapa fitur menarik terkait kebutuhan tersebut. Pada bagian layar, misalnya, dimensinya sedikit lebih besar mencapai 6,62 inci, plus dilengkapi touch sampling rate hingga 600Hz. Poin penting demi responsivitas pergerakan karakter ketika berada di dalam gim.

Panelnya sendiri gunakan panel Samsung E4 AMOLED full HD+, sudah mendukung HDR10+ dan dilengkapi sensor sidik jari in-display. Visual yang baik juga digabungkan dengan speaker stereo serta vibration motor “4D” untuk pengalaman yang lebih imersif. Sementara di bagian performa, OnePlus 9RT percayakan cip Snapdragon 888 dari Qualcomm. Dipasangkan dengan RAM LPDDR5 plus penyimpanan berjenis UFS 3.1, masing-masing quad-channel & dual-channel.

Meski chipset-nya sama dengan OnePlus 9, sistem pendinginnya disempurnakan dengan menghadirkan “Space Cooling”. Heat sink pada bodi belakang OnePlus 9RT dirancang 59% lebih besar, mampu turunkan panas sampai 20% lebih efektif. Konektivitasnya sendiri juga diperhatikan, di mana disematkan tiga antena Wi-Fi berbeda demi kelancaran bermain.

Gunakan Sensor Sony 50MP, Harga Mulai Rp7 Jutaan

OnePlus 9RT

Fitur-fitur lain yang dibawa oleh OnePlus 9RT tak kalah oke dan sesuai standar flagship 2021. Sebut saja penggunaan sensor Sony IMX766 50MP yang memiliki dimensi fisik sensor besar, teknologi DOL-HDR, serta stabilisasi OIS. Sementara dua sensor lainnya bisa dibilang standar, yaitu ultra wide-angle 16MP dan makro dengan jarak terdekat sampai 4cm.

Meski mendukung resolusi tinggi, perekaman video maksimum hanya mencapai 4K 60fps, alias belum mencapai 8K. Sementara di depan, disematkan sebuah kamera berjenis punch-hole beresolusi 16MP, gunakan sensor Sony IMX471 dan dilengkapi EIS untuk perekaman videonya. OnePlus berikan beragam fitur kamera menarik seperti movie mode, portrait video hingga mode khusus untuk long exposure.

Kapasitas baterai 4,500 mAh pada OnePlus 9RT sudah bisa diisi dengan sangat cepat lewat Warp Charge 65T, mengisi penuh dari nol hanya kisaran waktu 30 menit. Rilis pertama kali di China, smartphone OnePlus terbaru ini bakal menjalankan ColorOS 12 berbasis Android 11. Harganya? Mulai dari CNY3,299 (Rp7,2 jutaan) untuk varian 8/128GB, dan CNY3,799 (Rp8,3 jutaan) untuk opsi tertinggi dengan memori 12/256GB.

Tinggalkan komen