OPPO A16K Rilis di Filipina, Unggulkan Desain Tipis & Layar Besar

Jakarta, Gizmologi – Sebentar lagi, OPPO Indonesia bakal siap untuk meresmikan smartphone OPPO A series termewahnya, dengan beberapa fitur yang diturunkan dari Reno series. Namun lain di Filipina, di mana OPPO baru saja meluncurkan seri termurahnya, OPPO A16K yang bawa pembaruan desain.

Dengan penambahan huruf “K” di belakangnya, OPPO A16K adalah versi yang lebih sederhana lagi dari OPPO A16, dan A16S jadi yang paling mewah dengan adanya sensor NFC. Ya, segmen entry-level memang memiliki potensi tinggi dalam hal jumlah perangkat yang bisa terjual. Sehingga wajar kalau OPPO rilis cukup banyak perangkat di segmen kelas harga tersebut.

Menilik spesifikasinya satu persatu, OPPO A16K juga terasa cocok sebagai suksesor dari OPPO A11K yang cukup laris di Tanah Air, bahkan banyak bagian yang dibuat masih sama. Yang terlihat berbeda tentu ada pada desainnya, di mana modul kamera dari smartphone murah OPPO terbaru ini lebih mirip seperti seri OPPO A15.

Baca juga: Terungkap! OPPO A95 Bakal Jadi Kejutan di Penghujung 2021

OPPO A16K Dilengkapi Dua Sensor Kamera

OPPO A16K

Ciri khas perangkat yang tipis dan ringan masih terus dibawa bahkan ke varian termurahnya. OPPO A16K memiliki ketebalan hanya 7,85mm saja, dan bakal terasa lebih ramping di tangan berkat desain lengkung 3D pada dua sisi bodi belakangnya. Bobotnya juga cukup ringan, hanya 175 gram saja. Sayangnya, sensor sidik jari justru dihilangkan.

Sehingga untuk mengamankan perangkat, hanya bisa menggunakan PIN atau face unlock yang memanfaatkan sensor dari kamera depan. Membawa desain waterdrop notch, dimensi layar OPPO A16K sedikit membesar di 6,52 inci. Sementara spesifikasi lainnya masih sama, beresolusi HD+ 60Hz menggunakan panel IPS dengan 71% NTSC. Dengan kamera depan beresolusi 5MP.

Sementara pada bodi belakangnya, hanya ada satu sensor kamera beresolusi 13MP f/2.2 yang mendukung phase-detection autofocus. Ya, sensornya hanya satu, ditemani dengan logo AI serta sebuah lampu kilat. Kamera OPPO A16K mendukung efek HDR plus mampu tingkatkan tampilan wajah secara natural, memanfaatkan algoritma unggulan dari OPPO.

Sudah Gunakan ColorOS Versi Terbaru

OPPO A16K

Spesifikasi lain dari OPPO A16K tergolong biasa saja. Kapasitas baterai 4,230 mAh yang diusungnya belum mendukung fast charging, serta masih gunakan port micro-USB alih-alih USB-C. Dukungan konektivitasnya sendiri memang cukup lengkap, mulai dari jack audio 3,5mm, Bluetooth 5.0, USB OTG hingga Wi-Fi AC.

Karena sudah menggunakan sistem operasi terbaru yakni ColorOS 11.1, OPPO A16K memiliki beberapa fitur teranyar. Salah satunya seperti optimized night charging yang dapat mencegah overcharge, dengan mengisi daya hingga penuh saat menjelang pagi hari. Dan untuk urusan performa, OPPO percayakan chipset MediaTek Helio G35 yang dikenal sebagai cip gaming entry-level.

Hadir dalam opsi warna hitam dan biru, OPPO A16K mulai dijual di Filipina tanpa proses pre-order. Variannya pun hanya ada satu, dengan RAM 3GB dan penyimpanan internal 32GB, dibanderol PHP6,999 atau sekitar Rp1,99 jutaan. Ya, justru lebih mahal dari OPPO A15 yang dijual resmi di Indonesia.

Tinggalkan komen