alexa
Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

OPPO A54 5G Hadir dengan Memori & Warna Berbeda, Harga Rp3 Jutaan

AKarena berhasil mendominasi pasar smartphone di Indonesia, tak heran bila pabrikan smartphone asal Shenzhen, OPPO ikut rilis produk terbarunya secara bersamaan seperti di luar negeri, sampai varian 5G-nya sekalipun. Namun meski begitu, ada yang cukup menarik. Dari peluncuran kemarin, OPPO A54 5G tak ikut hadir.

Sementara di luar negeri seperti regional Eropa dan Australia, OPPO A54 5G justru rilis bersamaan dengan OPPO A74 5G (yang juga hadir di Indonesia—kami pun telah mengulasnya secara singkat). Sementara di sini, smartphone 5G termurah di Tanah Air tersebut hadir dengan OPPO A74 versi 4G, yang juga punya keunggulan tersendiri.

Memang, kondisi pasar tiap negara berbeda. Tak jarang spesifikasi smartphone OPPO di Indonesia dibuat sedikit berbeda secara hardware dibandingkan negara luar, meski namanya sendiri sama. Lantas apa saja bedanya OPPO A54 5G dengan OPPO A74 5G? Singkatnya, seperti membahas perbedaan OPPO A33 dan OPPO A53 saja.

Baca juga: Review Singkat OPPO A74 5G: Menjajal Performa Snapdragon 480

Spesifikasi OPPO A54 5G Kurang Lebih Familiar

OPPO A54 5G

Bila ‘diterjemahkan’ lembar spesifikasinya secara menyeluruh, sejatinya OPPO A54 5G adalah A74 5G versi hemat memori. Sisanya? Sama persis. Perbedaan tampak luar hanyalah opsi varian warnanya saja. Di mana smartphone 5G versi hemat ini hadir dalam opsi Fluid Black serta Fantastic Purple, alias sama seperti sang kakak yaitu OPPO Reno5 F.

Bodi belakangnya terbuat dari plastik dengan finishing glossy, dan back cover yang bisa pantulkan cahaya dengan intensitas berbeda dari berbagai sudut. Sama-sama didesain stylish, dengan lengkungan 3D di berbagai sisinya. Ketebalannya hanya 8,4mm, dengan bobot 190 gram saja. Sementara layar depannya juga dibuat cukup spesial seperti varian lebih mahal.

Tidak dihemat, panel layar 6,5 inci di bodi bagian depan OPPO A54 5G sudah menggunakan kamera punch-hole pada bagian atas kiri. Sementara resolusinya full HD+, berjenis LPTS. Meski bukan AMOLED, teknologi “Hypercolor Screen” membuatnya punya dukungan warna 100% DCI-P3. Dan tentunya, mendukung refresh rate 90Hz. Plus kecerahan sampai 550 nits.

OPPO A54 5G

Kamera punch-hole di bagian depan beresolusi 16MP f/2.0, tentunya sudah didukung oleh AI Beautification untuk efek yang lebih natural. Sementara di belakang, terdapat sebuah kamera beresolusi 48MP f/1.7. Masih ada tiga sensor lain yang menemani, yaitu 8MP f/2.2 ultra wide-angle dengan sudut pandang ekstra lebar 119 derajat, kamera makro 2MP serta kamera mono 2MP.

Fitur seperti AI Color Portrait maupun Dual-View Video masih absen pada seri ini. Namun tetap dibekali dengan AI Scene Enhancement 2.0 yang mampu kenali objek secara otomatis dan tingkatkan saturasi foto. Serta mode ultra clear 108MP untuk yang inginkan ketajaman ekstra, serta filter foto yang bisa dipilih langsung sebelum jepret.

Sisanya sama persis; chipset Snapdragon 480 5G terbaru, baterai 5,000 mAh dengan dukungan fast charging 18 watt, serta telah menjalankan ColorOS 11.1 berbasis Android 11. Yang berbeda hanyalah kapasitas RAM dan penyimpanan internalnya, yakni 4GB/64GB.

Harga OPPO A54 5G Terpaut Jauh dengan A74 5G

OPPO A54 5G

Lantas dengan perbedaan kapasitas RAM serta memori yang dipangkas setengahnya, berapa harga dari OPPO A54 5G? Di Eropa, smartphone 5G terjangkau ini dibanderol 219 Euro, atau sekitar Rp3,7 jutaan.

Lebih mahal dari si kembar yang hadir di Indonesia? Memang sewajarnya, karena banderol Eropa dikenal lebih mahal. Di sana, A74 5G dibanderol 299 Euro atau Rp5,1 jutaan. Dengan kata lain, masyarakat Tanah Air diberi ‘diskon’ yang cukup besar.

Tinggalkan komen