OPPO Reno6 Versi 5G Hadir Lebih Dulu di India, Menyusul di Indonesia

Jakarta, Gizmologi – Sudah sangat umum bila OPPO menghadirkan produk dalam nama yang sama, namun punya spesifikasi bahkan desain yang berbeda. Hal tersebut dilakukan untuk memenuhi permintaan konsumen setiap wilayah yang memang tidak sama. Lain di Indonesia, lain di India, di mana Reno6 5G Series diresmikan dengan cip Dimensity.

Ya, nampaknya OPPO India lebih percaya diri untuk hadirkan varian Reno yang lebih premium. Tak hanya satu, ada dua varian yang diluncurkan secara resmi; Reno6 5G serta varian Pro. Keduanya mengusung desain yang sama seperti yang telah diluncurkan di negara asalnya, China beberapa waktu lalu.

Baca juga: Review OPPO Reno6: Lebih Menawan, Bawa Fitur Video Unggulan

OPPO Reno6 5G tampil menyerupai iPhone 12 Series, terutama pada desain bingkai atau sisi sampingnya, dibuat flat agar lebih mudah untuk digenggam. Hadir dalam opsi warna yang sama seperti Reno5 di Tanah Air, Bobotnya sedikit lebih berat di 182 gram.

Sementara OPPO Reno6 Pro 5G tampil lebih mirip seperti Reno5 Indonesia. Bobotnya pun lebih besar di 177 gram, tetapi justru lebih tipis di 7,6mm saja. Spesifikasi kedua layarnya pun berbeda, meski sama-sama dilindungi oleh Gorilla Glass 5 plus gunakan sensor sidik jari di bawah layar.

Spesifikasi OPPO Reno6 5G & Reno6 Pro 5G

OPPO Reno6 5G
OPPO Reno6 5G

Tampil dengan gaya klasik, layar OPPO Reno6 5G punya dimensi 6,43 inci dengan panel AMOLED full HD+. Spesifikasi lain seperti refresh rate 90Hz dan touch sampling rate 180Hz tentu ikut hadir. Varian Pro dibuat sedikit berbeda, punya lengkungan 3D pada sisi kiri dan kanannya serta sedikit lebih besar di 6,55 inci.

Tak seperti varian 4G di Indonesia, OPPO Reno6 5G series menggunakan cip MediaTek Dimensity 900 & Dimensity 1200, menjadi smartphone pertama di India yang gunakan jenis cip tersebut. Versi standar memiliki kombinasi RAM dan penyimpanan internal 8/128GB, sementara untuk Reno6 Pro 5G lebih besar di 12/256GB. Masih bisa ditambahkan virtual RAM hingga 7GB.

OPPO Reno6 Pro 5G
OPPO Reno6 Pro 5G

Meski tak menggunakan cip dari Qualcomm, OPPO masih bisa memberikan fitur unggulan terbarunya yaitu Bokeh Flare Portrait Video pada dua smartphone terbarunya ini. Versi tampilan antarmukanya pun lebih baru, jalankan ColorOS 11.3 berbasis Android 11. Tak dijabarkan fitur apa saja yang baru, selain System Booster untuk tingkatkan performa serta Private System untuk simpan data pribadi.

Setup kameranya dibuat sama, dengan sensor utama 64MP, ultra wide-angle 8MP, 2MP macro & 2MP mono. Sama seperti Reno5 5G, versi 5G dari Reno6 juga justru punya sensor kamera depan dengan resolusi sedikit lebih rendah di 32MP. Untuk Reno6 5G, sensor 2MP ditiadakan, sehingga andalkan kemampuan software untuk hasilkan foto bokeh.

Kapasitas baterai OPPO Reno6 5G 4,300 mAh, alias lebih kecil 200 mAh dari varian Pro. Namun OPPO mengklaim keduanya dapat terisi hingga penuh hanya dalam waktu 31 menit saja, memanfaatkan teknologi SuperVOOC 2.0 65W. yang menjadi kekurangan, keduanya tak dilengkapi dengan slot kartu microSD dan jack audio 3,5mm.

Harga OPPO Reno6 5G Series di India

OPPO Reno6 Pro - 001

Lantas berapa harga masing-masing smartphone 5G kelas menengah terbaru dari OPPO kali ini? OPPO Reno6 5G dibanderol INR29,990, atau sekitar Rp5,8 jutaan. Sementara varian Pro-nya lebih mahal di INR39,990 (Rp7,8 jutaan). Lebih mahal dari harga awal Reno5 5G ketika pertama kali hadir di Tanah Air.

Bila kamu menantikan kehadiran dua perangkat 5G ini, maka harus sedikit bersabar. Dalam peluncuran OPPO Reno6 4G kemarin (15/7), OPPO Indonesia berikan teaser bila dua varian yang sama persis bakal hadir di masa mendatang. Apakah spesifikasi & harga bakal sama? Kita tunggu saja ya.

Tinggalkan komen