Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Poco F2 Pro Resmi Meluncur, Gunakan Snapdragon 865 & Kamera Pop-Up

0 1.415

Pada bulan Agustus 2018 yang lalu, Xiaomi mengumumkan sebuah sub-brand yang lepas dari citra perusahaan induknya. Merek baru yang diberi nama Poco ini membawa smartphone flagship terjangkau mereka, Pocophone F1.

Bisa dibilang, Pocophone F1 cukup laris di Indonesia, alternatif termurah untuk mereka yang menginginkan performa gaming terbaik. Meski sudah memakai merek sendiri, tetap saja masih berada di bawah kontrol Xiaomi dan tidak bisa lepas sendiri sampai sekarang. Berbeda dengan realme dari OPPO dan Honor dari Huawei yang relatif lebih mandiri meski dalam beberapa hal masih memanfaatkan perusahaan induknya.

Tak sedikit yang mempertanyakan nasib Poco karena hanya merilis satu produk, kemudian hilang dalamwaktu cukup lama. Selang dua tahun kemudian, Poco tiba-tiba memperkenalkan suksesornya secara global lewat acara daring. Poco F2 Pro hadir dengan desain yang jauh lebih mewah, kamera mekanisme pop-up serta dukungan konektivitas 5G. Apakah harganya tetap semurah versi terdahulu? Berikut informasi lengkapnya.

Baca juga: Harga Poco F2 Pro di Indonesia Bocor! Pakai Snapdragon 865 Mulai Rp6 Jutaan

Spesifikasi Poco F2 Pro

Poco F2 Pro

Kalau Pocophone F1 didesain sederhana dengan warna dominan hitam, Poco F2 Pro terlihat jauh lebih mewah. Namun jika dilihat kembali, kamu mungkin familiar dengan desain kamera utama smartphone flagship terbaru Poco ini. Ya, bisa dibilang, Poco F2 Pro adalah smartphone yang menggunakan basis Redmi K30 Pro.

Mengutamakan performa, smartphone ini diklaim sangat kencang dan tetap dingin, dengan teknologi LiquidCool 2.0 yang dilengkapi tiga lapis pendingin; graphite, graphene serta “Super VC” (vapor chamber). Dimensi pendinginnya diklaim lebih besar dari flagship lain, membuat Poco F2 Pro lebih efisien untuk mendinginkan kinerja prosesor.

Chipset yang digunakan tentu terbaik dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 865 dengan dukungan 5G. Ditemani RAM LPDDR5 serta penyimpanan berjenis UFS 3.1. Tak dilengkapi slot kartu microSD, Poco menyediakan dua kapasitas penyimpanan; 128GB & 256GB.

Meski slot microSD dihilangkan, Poco tetap menyediakan jack audio 3,5mm pada F2 Pro, meski memiliki teknologi yang mereka sebut dengan “Super Bluetooth”, yaitu dukungan Bluetooth 5.1 aptX HD. Kapasitas baterainya juga meningkat dari 4.000 mAh menjadi 4.700 mAh, mendukung pengecasan cepat via kabel hingga 30 watt.

Dengan mekanisme kamera pop-up, ukuran layarnya bisa dimaksimalkan hingga 6,67 inci. Kali ini, Poco F2 Pro menggunakan panel Super AMOLED dengan dukungan HDR+ dan sertifikasi Widevine L1, sehingga penggunanya dapat menonton konten dari Netflix maupun sejenisnya dengan kualitas HD.

Lewat penggunaan panel Super AMOLED, Poco bisa menyematkan sensor sidik jari di bawah layar. Namun sayangnya, refresh rate masih mentok di 60Hz saja, meski touch sampling rate telah ditingkatkan hingga 180Hz untuk responsivitas yang lebih baik. Layarnya juga bisa menyala sangat terang sampai 1200 nits.

Selain layar, kamera adalah fitur dengan kualitas yang masih kurang pada Pocophone F1. Pada seri F2 Pro, Poco benamkan empat kamera belakang dengan sensor utama Sony IMX686, 64MP. Dimensinya cukup besar di 1/1,7”, ditambah teknologi pixel binning, dapat hasilkan foto 16MP dengan detil dan cahaya yang lebih melimpah.

Ada juga kamera ultra wide-angle 13MP dengan sudut pandang 123 derajat, depth sensor 2MP dan telemacro 5MP dengan rentang fokus 3-7cm dan pembesaran hingga 2x zoom. Smartphone ini dapat merekam video 8K 30fps dan 4K 60fps. Sementara di depan, ada kamera pop-up dengan resolusi cukup tinggi, 20MP.

Harga Poco F2 Pro

Poco F2 Pro

Poco F2 Pro akan dijual secara daring melalui AliExpress dan Gearbest. Varian 6GB/128GB dijual seharga 499 Euro (Rp8 jutaan), sementara untuk versi 8GB/256GB seharga 599 Euro (Rp9,6 jutaan). Smartphone yang menjalankan POCO Launcher berbasis MIUI & Android 10 ini dapat dipesan mulai hari ini dengan estimasi pengiriman satu minggu kemudian.

Nantinya smartphone ini akan tersedia pada distributor daring lainnya, mulai dari Amazon, JD, Lazada hingga Shopee dan lainnya. Poco juga menjual F2 Pro lewat situs resmi Poco.net serta toko luringnya. Akankah flagship murah terbaru Poco ini hadir di Indonesia? Kita nantikan bersama-sama ya.