Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Smartphone realme 6 Series Meluncur di India, Bawa Layar 90Hz dengan Harga Terjangkau

0 1.185

Mengawali bulan Maret ini, realme secara resmi merilis realme 6 series, setelah beberapa fitur kunci ponselnya dibocorkan beberapa hari lalu. Kedua ponsel dirilis di India lewat sebuah peluncuran daring (online), akibat wabah coronavirus yang membuat realme harus membatalkan acara luring (offline)-nya.

realme 6 dan realme 6 Pro hadir dengan desain layar baru yang mengusung ‘in display selfie’, tak lagi mini-drop notch seperti para generasi-generasi sebelumnya. Kelasnya juga meningkat, alias tidak menggantikan seri realme 5 dan 5 Pro.

Spesifikasi realme 6 Series

realme 6 pro
realme 6

realme 6 hadir untuk menggantikan seri realme 5 Pro, sedangkan realme 6 Pro menggantikan realme XT. Keduanya punya desain yang mirip, dengan frame aluminium alloy serta plastik polikarbonat untuk bagian belakang bodi. Sensor sidik jari keduanya dijadikan satu dengan tombol power, berada di sisi kanan ponsel. Port seperti USB-C dan jack audio 3.5mm juga tidak lupa hadir, serta keduanya mengusung sistem kartu triple-slot, alias bisa pakai dua kartu SIM plus microSD sekaligus.

Yang spesial adalah teknologi layar pada kedua ponsel, diturunkan langsung dari sang flagship realme X2 Pro dan X50 Pro 5G. Tak lagi standar 60Hz, baik realme 6 maupun 6 Pro mengusung layar 90Hz Ultra Smooth Display, dengan touch sampling rate 120Hz. Panel yang digunakan berjenis IPS, dan sudah dilindungi Gorilla Glass 3 (& Gorilla Glass 5 untuk varian Pro). Resolusinya juga sudah Full HD+ dan punya rasio aspek 20:9.

Tak menggunakan chipset dari Qualcomm, realme 6 pakai chipset yang dibuat khusus untuk gaming dari MediaTek, yaitu Helio G90T (MT6785), dengan kapasitas RAM hingga 8GB (LPDDR4X) dan storage sampai 128GB (UFS 2.1).

Untuk kameranya, realme 6 punya sensor utama yang meningkat resolusinya di 64MP f/1.8, ditemani tiga sensor lain (8MP f/2.3 ultra wide-angle, 2MP f/2.4 macro camera & 2MP f/2.4 mono sensor). Di bagian depannya, ada satu kamera ‘in-display selfie’ dengan resolusi 16MP, mendukung mode potret berbasis software.

realme 6 Pro

Sedangkan realme 6 Pro punya layar yang sedikit lebih besar di 6,6 inci, dan sama-sama mengusung refresh rate 90Hz. Chipset yang digunakan adalah Snapdragon 720G, baru saja dirilis oleh Qualcomm di bulan Januari lalu. Selain itu, kombinasi empat kameranya juga sedikit berbeda.

Tak menggunakan depth sensor, realme 6 Pro punya sensor telefoto 12MP f/2.5, serupa dengan flagship X2 Pro. Tak banyak ponsel kelas menengah yang punya kombinasi lensa telefoto, dan realme menghadirkan kombinasi tersebut lewat penerus dari realme XT ini. Selain itu, perekaman videonya juga sudah dilengkapi dengan UIS Max Video Stabilization, untuk hasil video mulus tanpa bantuan tripod.

Kamera depannya tak hanya satu, melainkan dua seperti X50 Pro 5G. Satu sensor 16MP f/2.2 Sony IMX471, ditemani sensor ultra-wide 8MP f/2.2 dengan sudut lebar 105 derajat. realme 6 Pro hadir dengan opsi warna baru, Lightning Blue dan Lightning Orange dengan pantulan cahaya petir yang menarik.

Harga realme 6 Series di India

Kapasitas baterai keduanya identik di  4300 mAh, dan sudah mendukung pengecasan 30W. realme mengklaim hanya butuh waktu sekitar satu jam untuk mengisi daya hingga penuh. Sudah menjalankan realme UI berbasis Android 10, varian termurah dari realme 6 dijual seharga 12,999 INR (sekitar Rp2,5 jutaan) untuk varian 4GB+64GB. Sedangkan untuk realme 6 Pro, varian 6GB+64GB dibanderol 16,999 INR (Rp3,3 jutaan).

Realme 6 Series mulai dijual di India pada  tanggal 11 dan 13 Maret mendatang, lewat e-commerce Flipkart dan halaman web resmi realme India. Besar kemungkinan jika realme 6 dan 6 Pro bakal hadir secara resmi di Indonesia. Mari kita nantikan kehadirannya dari realme Indonesia ya.


Beli smartphone realme di:

Shopee.co.id Lazada.co.idBlibli.com Eraspace (Erafone)