Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Samsung Galaxy Star A9 Siap Tampil dengan Android 8.0 Oreo & Snapdragon 660

0 300

Smartphone bikinan Samsung muncul dalam AnTuTu. Nomor model tersebut adalah SM-G8850. Besar kemungkinan model inilah yang akan menjadi Samsung Galaxy Star A9, versi mini dari Samsung Galaxy A9. Mengingat performa Samsung Galaxy A9 yang oke di pasaran, tak mengherankan Samsung mempersiapkan versi “ringannya” ini.

AnTuTu sendiri adalah penilaian terhadap gawai yang akan dilepas ke pasaran. Dalam laporannya, AnTuTu akan memberi skor atas hasil tes performa sebuah smartphone yang menggunakan Android. Dari hasil skor inilah calon pemakai sudah bisa mendapat gambaran seperti apa kinerja sebuah gawai sebelum membelinya.

Bocoran lain Galaxy Star A9. Foto oleh slashgeaks.com

Sebagaimana ditulis oleh thenerdmag.com, Samsung Galaxy Star A9 kemungkinan membekali diri dengan fitur yang mumpuni. Untuk “dalamannya”, ia mempersenjatai diri dengan chipset Snapdragon 660 bikinan Qualcomm. Untuk urusan grafis, Samsung mempercayakan isinya kepada Andreno 512. Sistem operasionalnya pun sudah mutakhir, yaitu Android 8.0 Oreo.

Layar Samsung Galaxy Star A9 lumayan lega dengan bentang 5,8 inci, display Super AMOLED dengan FHD + resolusi (2220 x 1080 piksel).

Ponsel pintar ini akan mempunyai 4GB RAM dan 64GB sebagai ruang penyimpanannya, sebagaimana diketahui dari pendaftaran ke TENAA (departemen yang mengurus sertifikasi ponsel pintar di Tiongkok). Daya baterainya mencapai 3.000 mAh untuk mengakomodir penggunaan yang sering sehari-harinya.

Bagian kamera ganda belakangnya dilengkapi dengan 12MP sedangkan kamera utamanya berkekuatan 24MP plus sensor tambahan berkekuatan 16 MP pada bagian belakangnya.

Sampai saat ini, Samsung belum secara resmi mengkonfirmasikan tanggal peluncuran Samsung Galaxy Star A9 tetapi diperkirakan ia hanya akan dijual bagi calon konsumen yang tinggal di Tiongkok, tulis gsmarena.com. Varian yang dipersiapkan pun kemungkinan hanya dua, yakni hitam dan putih. Masih ditunggu pula apakah nantinya Samsung Galaxy Star A9 turut tersedia di negara lainnya, termasuk di sini, plus tentu saja harganya.

Baca juga: Rumor: Samsung Galaxy Note 9 Akan Hadirkan Teknologi Bixby 2.0

Sebagai gambaran saja, Samsung Galaxy A9 (2016) mempunyai ukuran layar 6 inci Full HD Super AMOLED display. Ada SIM ganda dengan dapur pacu 1,8 Ghz dan “otak” yang mengandalkan Snapdragon 620 Octa Core. Galaxy A6 mempunyai 3GB RAM dengan 32GB ROM. Kamera depannya berkekuatan 13 MP dengan OIS dan LED flash. Kamera depannya berkekuatan 8MP. Ia sudah dilengkapi dengan penindai sidik jari dengan daya baterai yang gahar, yakni 4.000 mAh. Koneksinya meliputi Bluetooth dan 4G LTE/NFC/WiFi.