alexa

Samsung Galaxy M22 Punya Layar AMOLED 90Hz & Sensor NFC

Jakarta, Gizmologi – Nampaknya perusahaan elektronik raksasa asal Korea Selatan satu ini memang merasa belum cukup untuk hadirkan opsi smartphone terjangkau pada rentang harga Rp2 jutaan. Bagaimana tidak, setelah banyak seri diluncurkan termasuk di Indonesia, kini situs Samsung Jerman diketahui telah memajang Samsung Galaxy M22.

Ya, kehadiran perangkat ini memang telah dinanti-nanti sejak beberapa pekan belakangan. Dan ya, bisa ditebak kalau Galaxy M22 sendiri merupakan wujud lain dari Galaxy F22 di India, maupun Galaxy A22 di Tanah Air. Namun meski begitu, ada sedikit perbedaan atau penyesuaian yang dibuat oleh Samsung, agar lebih cocok pada konsumen dalam regional wilayah berbeda.

Secara keseluruhan, perangkat ini masih mengusung DNA dari kebanyakan seri Galaxy M yang telah diluncurkan sejak awal. Hadir dengan harga terjangkau, punya kapasitas baterai besar serta panel layar yang berkualitas. Meski memang kehadirannya cenderung diam-diam, setidaknya tak dalam acara peluncuran resmi dari Samsung Jerman.

Baca juga: 5 Fitur Killer di TWS Samsung Galaxy Buds2, dari ANC Sampai Fit Test di Kuping

Informasi terkait kemunculan smartphone Samsung terbaru ini muncul dari pembocor informasi ternama di media sosial Twitter, yaitu Roland Quandt. Kalau biasanya ia mengunggah gambar dan spesifikasi yang ia dapatkan sendiri, kali ini Roland hanya sekadar memberitahukan bila ada Galaxy M22 dari situs resminya sendiri, yang belum pernah ada sebelumnya.

Spesifikasi Samsung Galaxy M22

Samsung Galaxy M22

Secara tampilan, memang terlihat bila seri yang satu ini punya desain sama persis seperti dua seri lainnya, lengkap dengan tiga opsi warnanya yang berbeda. Terlihat dalam sebuah foto bila bodi belakangnya memiliki aksen garis vertikal—mengingatkan kepada seri yang lebih premium yaitu Galaxy M62.

Yang membuatnya menarik adalah spesifikasi layar yang diusungnya. Desainnya sendiri memang standar, gunakan notch berbentuk huruf U, sementara resolusinya juga masih HD+. Namun begitu, smartphone yang punya bobot 186 gram dan ketebalan 8,4mm ini sudah pakai panel Super AMOLED berukuran 6,4 inci. Lengkap dengan refresh rate 90Hz.

Sehingga kualitas konten yang bakal dilihat atau dinikmati oleh penggunanya bakal lebih menyenangkan untuk dipandang, cocok juga untuk gaming. Meski begitu, sensor sidik jarinya tetap disematkan di sisi samping bodi, alias menyatu dengan tombol power. Di sektor kamera, ada sedikit perbedaan dari seri Galaxy A22.

Meski sama-sama punya empat sensor dengan sensor utama 48MP, Galaxy M22 belum dilengkapi stabilisasi OIS. Sementara tiga sensor lainnya masih sama; 8MP ultra wide-angle, 2MP makro & 2MP depth sensor. Di sisi depan, kamera 13MP disiapkan untuk kebutuhan swafoto maupun panggilan video daring.

Mendukung Fast Charging 25W Setara Galaxy Z Fold 3

Samsung Galaxy M22

Pada situs resminya, tertulis bila Samsung Galaxy M22 punya chipset dengan arsitektur CPU octa-core 2GHz, diduga MediaTek Helio G80 seperti dua kembaran lainnya. Dipasangkan dengan RAM 4GB, penyimpanan internal 128GB, serta tampilan antarmuka One UI terbaru berbasis Android 11.

Kalau spesifikasi kameranya ada yang dipangkas, Samsung menambahkan sebuah keunggulan tambahan pada sektor konektivitas, yaitu sensor NFC untuk keperluan pembayaran digital. Lengkap dengan baterai 5,000 mAh yang mendukung fast charging 25 watt.

Sayangnya, belum ada informasi terkait harga dari Galaxy M22. Bila ditilik dari spesifikasinya, tentu harusnya berada pada rentang yang mirip seperti saudaranya. Sebagai gambaran, Galaxy F22 di India dibanderol mulai dari Rp2,4 jutaan. Apakah Gizmo friends berminat bila smartphone murah dengan NFC satu ini turut hadir resmi?

Tinggalkan komen