Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Samsung Galaxy Z Flip, Smartphone Lipat Kaya Inovasi

0 879

Bersamaan dengan dirilisnya lini flagship terbaru, Galaxy S20, Samsung juga memperkenalkan sebuah smartphone yang rumornya sudah cukup ramai diperbincangkan beberapa minggu belakangan. Ya, ponsel lipat terbaru yang dinamakan Samsung Galaxy Z Flip. Smartphone ini dirilis untuk konsumen yang ingin mengekspresikan dirinya melalui teknologi yang paling mutakhir.

Punya desain lipat yang berbeda dengan generasi sebelumnya, Galaxy Fold, Samsung Galaxy Z Flip terlihat lebih stylish dan kompak saat kondisi terlipat. Ketika dibuka, kita akan disambut dengan layar luas dengan bentang 6,7 inci. Desain layar baru tersebut dilengkapi dengan user experience yang dikustomisasi secara khusus, sehingga lebih fleksibel saat digunakan untuk menangkap, berbagi dan menikmati konten dalam berbagai kondisi.

“Dengan desain lipat dan user experience yang unik dari Galaxy Z Flip, kami mendefinisikan ulang seperti apa perangkat seluler itu, dan apa yang bisa dilakukan oleh konsumen dengannya,” kata TM Roh, President and Head of Mobile Communications Business, Samsung Electronics.

Samsung juga menggandeng sebuah merk fashion ternama, Thom Browne, dan merilis Galaxy Z Flip Thom Browne Edition untuk konsumen yang ingin menunjukkan fashion statement mereka dengan lebih kuat. Apa saja yang spesial dari ponsel ini?

Fitur Layar Lipat Samsung Galaxy Z Flip

Samsung Galaxy Z Flip Thom Browne Edition
Samsung Galaxy Z Flip Thom Browne Edition.

Dengan desain lipat baru, Samsung Galaxy Z Flip hanya seukuran dompet ketika terlipat, sehingga sangat mudah untuk masuk kantong maupun tas. Ada tiga warna menarik yang bisa dipilih; Mirror Purple, Mirror Gold serta Mirror Black. Bagian luar hanya diakomodasi oleh dua modul kamera utama, lampu kilat serta sebuah layar kecil 1,1 inci sebagai penunjuk notifikasi.

Begitu dibuka, kamu akan menemukan layar penuh berukuran 6,7 inci dengan resolusi Full HD+, panel Dynamic AMOLED, sertifikasi HDR10+ dan rasio yang cukup unik di 21.9:9. Layar tersebut dilapisi oleh Ultra Thin Glass (UTG), yang diklaim lebih tahan gores dan memberikan pengalaman menyentuh layar yang lebih halus. Mekanisme lipatnya juga dibuat tersembunyi—Samsung menyebutnya “Hideaway Hinge”, presisi namun juga tahan partikel debu serta kotoran.

Masih mengenai teknologi lipat pada Galaxy Z Flip, Samsung membenamkan teknologi “freestop folding” dimana kamu bisa membukanya dalam sudut tertentu, seperti 90 maupun 135 derajat. Ini memungkinkan konsumen untuk memiliki perspektif baru saat akan menggunakan smartphone. Dengan begitu, kamu bisa melakukan panggilan video ataupun swafoto tanpa perlu bantuan tripod. “Flex mode” membuat layar Galaxy Z Flip seolah memiliki dua fungsi; bagian atas menampilkan konten, dan bagian bawah khusus untuk mengontrol bagaimana konten tersebut ditampilkan.

Samsung Galaxy Z Flip

Pada sektor kamera, Samsung Galaxy Z Flip punya sebuah kamera beresolusi 10MP dengan bukaan f/2.4 di bagian atas layar, mengusung desain punch-hole yang terletak di tengah layaknya Galaxy S20 maupun Galaxy A71. Sedangkan dua sensor kamera utamanya sama-sama beresolusi 12MP; satu dilengkapi teknologi Dual Pixel autofocus, OIS dan bukaan f/1.8, sedangkan satu lagi sensor ultra-wide angle f/2.2 dengan field of view 123 derajat. Fitur-fitur tambahan seperti perekaman video 4K 60fps, Super Steady hingga Video Bokeh tak lupa hadir pada smartphone lipat Samsung terbaru ini.

Hanya ada satu varian konfigurasi memori yang tersedia, dengan RAM 8GB serta penyimpanan internal 256GB. Chipset yang digunakan pun tidaklah yang terbaru, melainkan Qualcomm Snapdragon 855+ yang sebenarnya masih sangat layak untuk ponsel rilisan tahun 2020. Galaxy Z Flip belum mendukung jaringan 4G, dan slot kartu SIM-nya hanya satu (plus dukungan tambahan kartu eSIM). Mengusung desain lipat, smartphone ini memiliki dua baterai dengan total kapasitas 3300mAh, yang mendukung pengecasan cepat menggunakan kabel hingga 15W saja.

Harga Samsung Galaxy Z Flip

Tertarik untuk membeli smartphone dengan inovasi terbaik dari Samsung ini? Jika iya, ada informasi yang cukup menarik buat kamu. Selama masa pre-order yang digelar mulai tanggal 15 Februari hingga 25 Februari 2020, pembeli Samsung Galaxy Z Flip dapat melakukan pengambilan unit satu minggu lebih awal dari Galaxy S20 series, yaitu pada 27 Februari 2020.

Harga yang ditawarkan adalah Rp21,888 juta, dan hanya tersedia dalam varian warna Mirror Purple serta Mirror Black, tanpa bonus aksesori seperti Galaxy Buds+. Meski begitu, Samsung Galaxy Z Flip sempat sold out pada hari pertama penjualan pre-order kemarin, hanya dalam kurun waktu 66 menit. Tak lama, Samsung Indonesia menambahkan stok smartphone tersebut agar bisa dibeli oleh lebih banyak konsumen.

Beli Galaxy Z Flip